10 Poin Pentingnya Pelatihan dan Pengembangan SDM Agar Perusahaan Lebih Maju

by -1,029 views
pentingnya pelatihan dan pengembangan SDM
Skill levels vector knob button or switch. Education and proficiency, test expertise illustration

Sumber daya manusia merupakan komponen terpenting sebuah perusahaan. Semakin banyaknya kompetitor bisnis, maka semakin harus ditingkatkan pula komponen sumber daya manusia dalam perusahaan. Oleh karena itu, teman-teman harus memahami pentingnya pelatihan dan pengembangan SDM dalam sebuah perusahaan. Hal ini tentunya tidak lepas demi kemaslahatan bersama baik karyawan ataupun perusahaan.

Banyak sekali pertanyaan tentang pelatihan dan pengembangan SDM, lalu apa sih pentingnya pelatihan dan pengembangan ini? Berikut adalah rangkumannya.

1. Peningkatan Produktivitas Kerja

Produktivitas selalu menjadi tolok ukur untuk menilai kinerja perusahaan. Adanya pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia tentunya akan meningkatkan produktivitas dari segi kualitas ataupun kuantitas produk perusahaan. Hal ini dikarenakan, teman-teman akan diajarkan berbagai keterampilan seperti teknik, individu, dan juga manajerial.

2. Menghindari Kerusakan

Program pelatihan dan pengembangan akan mengasah kemampuan karyawan agar lebih ahli dan terampil dalam melaksanakan tanggung jawabnya. Tentunya ini akan menurunkan resiko kerusakan aset ataupun barang produksi yang dimiliki perusahaan.

3. Meningkatkan Efisiensi

Adanya program ini tentunya juga dapat meningkatkan efisiensi waktu, tenaga, bahan baku, bahkan dapat mengurangi ausnya mesin-mesin. Sehingga akan mengurangi pemborosan, memperkecil biaya produksi, serta meningkatkan daya saing perusahaan.

4. Meningkatkan Pelayanan

Bagi sebuah perusahaan, pelayanan menjadi salah satu kunci penting untuk menjalin komunikasi. Tidak hanya komunikasi dengan konsumen, melainkan juga sesama rekan perusahaan bahkan atasan. Pentingnya pelatihan dan pengembangan SDM ini akan memberikan dampak yang baik dengan situasi lingkungan kerja.

5. Menghindari Kecelakaan Kerja

Setiap orang tentunya ingin terhindar dari kecelakaan dan tidak terkecuali dalam lingkungan perusahaan. Tidak hanya berdampak kerugian individu, terjadinya kecelakaan kerja juga berdampak akan reputasi perusahaan. Adanya pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia akan mengurangi risiko kecelakaan kerja.

6. Kepercayaan Diri Meningkat

Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia tidak hanya berdampak baik bagi perusahaan, tetapi juga bagi teman-teman karyawan. Karyawan akan lebih merasa percaya diri dengan kemampuan, keahlian, dan juga keterampilannya. Hal ini akan mempengaruhi semangat dan antusias dalam menyelesaikan pekerjaan.

7. Leadership

Adanya program pengembangan ini, seorang manajer akan lebih terasah kemampuan kepemimpinannya. Mereka akan lebih pandai berkomunikasi dan memiliki motivasi yang kuat sehingga dapat menjaga hubungan kerja sama baik sesama rekan kerja, karyawan yang bekerja dinaungi, dan juga kepada jajaran atasan di perusahaan.

8. Jenjang Karier Karyawan

Dengan program ini, karyawan memiliki kesempatan untuk meningkatkan jenjang karier karena keberhasilannya dalam menekuni pekerjaannya. Sehingga dapat membuka peluang promosi jabatan ke depannya yang didasarkan pada loyalitas, keahlian, dan tentunya produktivitas kerja.

9. Mendapatkan Bonus

Keberhasilan dari program pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia dapat mengantarkan kamu mendapatkan bonus apabila adanya peningkatan produktivitas kerja.

10. Kepuasan Pelanggan

Keberhasilan program pelatihan dan pengembangan tidak hanya dapat dirasakan oleh perusahaan dan karyawan melainkan juga pelanggan. Mereka juga akan merasakan peningkatan dari segi kualitas, kuantitas, dan juga pelayanan yang ada.

Itulah sepuluh poin pentingnya pelatihan dan pengembangan SDM agar perusahaan kian maju dan karyawan sejahtera. Tentunya program ini sangat bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *