3 Hambatan Dalam Pelatihan Karyawan, Jangan Sampai Terjadi pada Perusahaan Kamu

by -448 views
hambatan dalam pelatihan karyawan

Kali ini kita akan membahas mengenai 3 hambatan dalam pelatihan karyawan. Pelatihan karyawan kerap dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan kinerja karyawan sehingga produktivitas perusahaan juga akan ikut meningkat.

Namun bukan berarti kegiatan ini akan berlangsung tanpa hambatan, berikut 3 hambatan dalam pelatihan karyawan yang sering terjadi dan cara untuk mengatasinya.

  1. Perusahaan Hanya Mengikuti Apa yang Dilakukan Perusahaan Lain

Salah satu hal yang kerap terjadi dalam sebuah perusahaan adalah kurangnya pemahaman pihak perusahaan terhadap apa yang sebenarnya karyawan mereka butuhkan.

Hal ini mengakibatkan perusahaan hanya melihat apa yang dilakukan perusahaan lain. Bukan berarti apa yang dilakukan oleh perusahaan lain tersebut buruk, hanya saja jika teman-teman tidak ingin perkembangan karyawan dan perusahaan terhambat, ada baiknya untuk benar-benar mempelajari apa yang perusahaan dan karyawan teman-teman butuhkan.

Salah satu contoh program pelatihan karyawan adalah program pelatihan tim.

  1. Perusahaan Tidak Terlibat Dalam Proses Evaluasi dari Hasil Pelatihan Karyawan

Salah satu hal yang kerap terjadi dalam sebuah perusahaan adalah perusahaan menganggap karyawan yang mengikuti pelatihan bukanlah tanggung jawabnya sehingga tidak melaksanakan proses pengawasan setelah pelatihan terjadi.

Tidak adanya proses pengawasan tersebut berpotensi membuat hilangnya ilmu yang sudah didapat karyawan saat pelatihan.

Disarankan bagi perusahaan yang mengirimkan karyawannya untuk mengikuti pelatihan karyawan juga ikut terlibat dalam proses evaluasi dan monitoring.

  1. Karyawan Yang Tidak Memiliki Semangat Untuk Mengembangkan Diri

Selain berasal dari sisi perusahaan, hambatan dalam pelatihan karyawan juga bisa hadir dari sisi karyawan. Terkadang, ada karyawan yang menganggap kalau pelatihan yang diadakan tidak memberi manfaat apa-apa untuk dirinya.

Pemikiran tersebut tentu menghambat kemajuan diri karyawan tersebut beserta perusahaan karena biasanya karyawan itu tidak akan mengaplikasikan ilmu yang didapatnya

Karyawan ini biasanya sudah merasa nyaman dengan cara lama yang dilakukannya dan sulit menerima pelajaran yang baru didapatnya.

Alangkah baiknya jika karyawan mau membuka diri terhadap perkembangan zaman yang memberikan efek baik bagi dirinya.

  1. Perusahaan Tidak Mendukung Karyawan Untuk Mengaplikasikan Hasil Pelatihan Mereka

Hambatan lainnya yang kerap ditemui adalah perusahaan yang tidak membantu karyawan untuk mengaplikasikan ilmu yang mereka pelajari di masa pelatihan karyawan. Misalnya, mengikutkan karyawan untuk suatu pelatihan yang materinya belum diterapkan di perusahaan, sehingga karyawan tersebut tidak bisa mengaplikasikan ilmunya.

Contoh lain adalah perusahaan tidak memberikan penghargaan ataupun apresiasi terhadap karyawan yang hasil kinerjanya meningkat setelah mengikuti pelatihan.

Sejatinya, perusahaan sebaiknya memberi waktu dan kesempatan bagi karyawannya untuk mengembangkan diri karena dengan semakin meningkatnya kemampuan karyawan, perusahaan juga akan menerima efek baiknya.

Demikian penjelasan 4 hambatan dalam pelatihan karyawan yang sering terjadi, hambatan manakah yang pernah kamu alami?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *