4 Cara Meningkatkan Kompetensi Karyawan

by -222 views
cara meningkatkan kompetensi karyawan

Meningkatkan kompetensi dalam diri merupakan hal yang penting. Selain hal itu berguna bagi perusahaan, tentunya kompetensi yang kamu miliki dapat berguna untuk diri sendiri. Pemahaman dan skill yang baik pastinya akan membantu kamu untuk menyelesaikan pekerjaan dengan benar dan cepat. Dengan begitu, kemungkinan kamu untuk naik jabatan, bahkan mungkin lebih tinggi.

Biasanya dalam meningkatkan kompetensi ini menjadi fasilitas yang telah disediakan dari perusahaan ataupun kamu dapat melakukannya secara mandiri. Namun, umumnya hanya karyawan-karyawan tertentu saja yang bisa mendapatkan fasilitas meningkatkan kompetensi karyawan ini. Kamu dapat menunjukkan ke perusahaan jika kamu memanglah orang yang tepat untuk mendapatkan fasilitas tersebut.

Terdapat beberapa cara meningkatkan kompetensi karyawan, berikut simak ulasannya.

  1. Pelatihan

Pelatihan dan pengembangan karyawan sangat penting. Pelatihan bermanfaat untuk meningkatkan serta mengembangkan skill atau kompetensi bagi tenaga kerja. Saat ini banyak sekali jenis pelatihan yang sesuai dengan bidang yang diinginkan. Pelatihan ini dapat dilakukan secara offline ataupun online. Biasanya bentuk dari pelatihannya sendiri bisa dari luar perusahan (external training) atau di dalam perusahaan (internal training)

Internal training biasanya dapat menggunakan pelatih dari dalam atau dari luar perusahaan. External training dilakukan dengan mengirimkan ke lembaga atau instansi pelatihan tertentu, baik swasta maupun pemerintah.

  1. Pendidikan

Pendidikan yang bersifat khusus bisa menjadi cara meningkatkan kompetensi karyawan. Umumnya, pendidikan ini diberikan untuk karyawan terbaik yang pendidikan sebelumnya belum cukup sehingga  diperlukan guna menambah atau mengembangkan pendidikannya lebih lanjut. Biasanya tempat pendidikannya yang akan ditentukan oleh kebijakan dari perusahaan.

Misalnya saja, seorang karyawan yang lulusan SMA, diberikan tugas kuliah D3 guna meningkatkan pengetahuan, pemahaman, serta keterampilannya.

  1. Job enrichment

Job Enrichment merupakan kegiatan dalam penambahan tugas serta tanggung jawab pada posisi yang sama. Biasanya, karyawan yang mendapatkan job enrichment ini merupakan karyawan yang lebih unggul atau menonjol dibandingkan karyawan lainnya. Namun, terdapat kesempatan juga karyawan dapat merasakan job enrichment ini pada tingkat yang sama guna memeratakan kesempatan untuk berkembang.

Pentingnya kompetensi karyawan dari dari job enrichment ini tentunya guna meningkatkan skil atau komptinsi dalam diri karyawan. Karyawan dapat merasakan pengalaman dan terjun langsung dari jobdesk yang berbeda dari biasanya. Misalnya saja, seperti karyawan yang diberikan tugas untuk menggantikan atasan yang sedang cuti, mendapatkan project khusus, dan lain sebagainya.

  1. Online Learning

Online learning merupakan pembelajaran yang menjadikan internet dan elektronik sebagai media belajar. Zaman dunia digital saat ini, tentu saja online learning memberikan banyak kemudahan bagi para karyawan yang ingin meningkatkan kompetensi. Pasalnya online learning ini cakupannya luas dan fleksibel untuk dilakukan kapan dan dimana saja. Selain itu, kamu bisa memilih sesuka hati online learning yang pas dan sesuai yang dibutuhkan.

Misalnya saja, seperti menonton youtube dengan topik menjadi penulis handal guna meningkatkan pengetahuan dan skill menulis. Bisa juga dalam bentuk kursus online yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan bukti kompetensi berupa sertifikat.

Itulah 4 cara meningkatkan kompetensi karyawan, semoga artikel ini membantu kamu guna meningkatkan kompetensi karyawan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *