4 Metode Pengembangan Karyawan Terefektif

by -172 views
pengembangan tenaga kerja adalah

Bagi pemilik usaha, karyawan tidak sekadar pekerja yang bertanggung jawab atas desk masing-masing, tapi juga bagian dari perusahaan. Untuk itu, perusahaan juga sebisa mungkin menjaga dan meningkatkan kualitas pekerjanya. Pengembangan tenaga kerja adalah salah satu usaha yang bisa ditempuh perusahaan. Berikut 4 contoh metode pengembangan karyawan yang efektif.

Training

Pelatihan dan pengembangan karyawan sangat beragam caranya, bisa melalui pertemuan langsung, melalui tontonan video, podcast, atau tugas yang berbasis individu dan kelompok. Jika memilih pertemuan langsung, training bisa mendatangkan mentor terkenal atau kepala karyawan yang jelas sudah berpengalaman.

Jenis training dipilih sesuai usahanya. Jika berupa jual beli, pelatihan langsung akan lebih mudah dipahami dan bisa diterapkan sambil belajar. Sementara pelatihan untuk karyawan yang bertugas dibidang IT, bisa diberi dengan tayangan di YouTube. Training biasanya ada yang gratis karena diadakan perusahaan, ada juga yang berbayar karena dari luar perusahaan dan cakupannya luas.

Rotasi Tugas atau Lokasi Kerja

Selama ini rotasi baik tugas atau lokasi terdengar menyebalkan bagi karyawan karena mereka harus meluar dari zona nyamannya. Padahal, keuntungan rotasi tugas untuk karyawan sangat banyak, mulai dari belajar tugas baru, sampai menambah pengalaman yang tidak bisa dirasakan semua karyawan.

Perusahaan bisa lebih dahulu menawarkan rotasi tugas atau lokasi kepada karyawan sebelum menunjuk. Dengan begitu, atasan sekaligus bisa melihat mana karyawan yang memiliki keinginan untuk berkembang secara sadar.

Mentoring

Pengembangan tenaga kerja adalah kegiatan yang bertujuan meningkatkan kemampuan karyawan baik secara teknik dan teori. Dan ini bisa dilakukan dengan metode pengembangan karyawan berbasis mentoring. Mentoring adalah pelatihan secara langsung yang dilakukan atasan atau karyawan senior kepada karyawan lain.

Biasanya mereka yang dipilih untuk mentoring adalah yang dinilai kurang maksimal secara pekerjaan. Jadi dengan begitu, perusahaan berperan dalam membantu mengembangkan keterampilan penting yang mungkin kurang dimiliki oleh seorang karyawan sehingga bisa dapatkan bimbingan.

Lokakarya

Kedekatan antara satu karyawan dengan karyawan lain sangat penting. Kekompakan ini tidak datang begitu saja, tapi juga perlu dibangun dan didukung dari pihak perusahaan. Metode yang bisa mendukung kedekatan antar karyawan seperti mengadakan lokakarya atau workshop.

Karyawan yang semula hanya pernah saling dengar nama, kemudian bisa bertemu dan malah, bertukar pengalaman. Selain itu, karyawan juga dapat berbagi tips dalam bekerja dan problem solving. Manfaat dari lokakarya tidak hanya kekompakan, tapi juga mendorong antar karyawan memiliki komunikasi dua arah yang lebih baik.

Berikut 4 contoh pengembangan karyawan yang bisa coba dilakukan oleh pihak perusahaan. Pengembangan tenaga kerja adalah solusi dalam meningkatkan sumber daya manusia sehingga para karyawan tidak hanya mampu bekerja sesuai perintah, tapi juga mau meningkatkan skill, sekaligus mampu berkomunikasi dengan atasan dan sesama karyawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *