4 QnA Seputar Pelatihan Karyawan

by -1,920 views
pertanyaan tentang pelatihan karyawan

Saat pertama kali masuk kerja, biasanya Anda diwajibkan training atau pelatihan untuk belajar mengenai tugas selama kerja dan hal lain. Namanya juga karyawan baru, wajar jika Anda masih ragu dan takut mengenai pelatihan. Tenang, berikut ini adalah 4 pertanyaan tentang pelatihan karyawan yang paling banyak membuat penasaran, beserta jawaban yang terlengkap.

Pakaian Seperti Apa yang Digunakan untuk Pertama Kali Masuk Kerja?

Penampilan adalah hal yang penting, wajar jika merasa bingung apalagi menyoal pakaian. Sebenarnya, tidak ada ketentuan khusus mengenai pakaian, tapi beberapa perusahaan mengharuskan pegawai baru dan magang menggunakan atasan putih dengan celana atau rok hitam. Gunanya untuk membedakan bahwa Anda adalah pegawai baru dengan pegawai yang lain.

Pakaian untuk pertama kali masuk kerja selain hitam dan putih, bisa juga pakai setelan batik. Pilih yang paling rapi, maka Anda akan mendapatkan kesan yang baik dan cinta tanah air. Jika tidak punya juga batik, kemeja dipadu dengan rok atau celana bahan kain adalah yang paling tepat.

Persiapan Apa yang Perlu Dilakukan Sebelum Pelatihan Karyawan?

Pelatihan dan pengembangan karyawan bertujuan mengenalkan Anda dengan lingkungan kerja yang baru, bersosialisasi dengan karyawan lama, dan mengenali skill lebih dalam. Untuk itu, persiapkan diri Anda dengan baik untuk mendapat kesan pertama yang tidak mengecewakan, termasuk dengan datang tepat waktu atau malah sebelum atasan datang ke kantor.

Ikuti masa pelatihan dengan senyuman dan jangan banyak mengeluh. Diterima kerja dan ikut training kantor bukan berarti Anda tidak bisa dipecat. Jika selama masa orientasi karyawan baru Anda dinilai tidak menyenangkan, malas, dan kinerja buruk, bisa membatalkan keputusan atasan untuk menerima Anda sebagai karyawan di perusahaannya.

Apakah Masa Pelatihan Bisa Digantikan Oleh Orang Lain?

Jangan pernah ajukan pertanyaan tentang pelatihan karyawan ini bisa digantikan oleh orang lain atau tidak, maka jawabannya adalah tidak. Pelatihan akan meningkatkan kualitas dan Anda akan diajari menyoal cara kerjanya, jadi jika digantikan, ilmu pun tidak akan didapatkan langsung.

Jika Anda merasa kesulitan, tidak masalah untuk bertanya pada karyawan senior. Perhatikan bagaimana cara senior menyelesaikan masalah pekerjaan dan dari situ mendapatkan pengalaman baru sekaligus pelajaran baru. Namun sebisa mungkin, selesaikan pekerjaan sendiri dan jangan bebankan kepada orang lain.

Apa yang Tidak Boleh Dilakukan Selama Pelatihan Karyawan?

Hal yang baiknya dihindari atau malah tidak dilakukan selama pelatihan karyawan adalah sibuk dengan diri sendiri. Misalnya terus bermain ponsel, sibuk chatting, main gim di komputer kantor, atau malah berbincang seru di waktu bekerja dengan karyawan lain.

Ini akan membuat citra Anda sebagai karyawan baru tercoreng. Berikan pengertian pada keluarga atau orang terdekat lain bahwa Anda tengah menjalani pelatihan karyawan dan selama beberapa saat untuk tidak menghubungi di jam-jam kerja supaya Anda bisa berfokus.

Itulah 4 pertanyaan yang paling sering dan umum ditanyakan oleh karyawan baru. Pertanyaan tentang pelatihan karyawan di atas juga telah disertai solusi sehingga bisa dijadikan pelajaran. Semoga dengan tanya jawab di atas, bisa menambah pelajaran untuk Anda dalam mempersiapkan diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *