5 Contoh Pelatihan dan Pengembangan Karyawan, Apakah Kamu Sudah Pernah Mengikutinya

by -376 views
contoh pelatihan dan pengembangan karyawan

Banyak cara yang akan dilakukan oleh perusahaan untuk memajukan bisnisnya. Salah satu dari cara untuk memajukan bisnisnya adalah mengirim karyawan untuk mengikuti pelatihan baik yang diadakan di luar maupun dalam perusahaan.

Kali ini, kita akan membahas lima contoh pelatihan dan pengembangan karyawan yang sering dilakukan oleh perusahaan untuk para karyawannya demi kemajuan perusahaan.

  1. Pendidikan

Contoh pelatihan dan pengembangan karyawan yang pertama adalah program pendidikan. Program pendidikan ini biasanya diberikan oleh perusahaan kepada karyawan yang memiliki kinerja baik namun dianggap masih perlu meningkatkan pendidikannya.

Salah satu contoh dari pelaksanaan program pelatihan karyawan ini adalah memberikan beasiswa kuliah s1 untuk seorang karyawan yang pendidikannya masih D3.

Beasiswa itu diberikan dengan tujuan karyawan itu bisa meningkatkan keterampilan serta pengetahuan yang telah dimilikinya.

  1. Magang

Umumnya, program magang ini terbagi atas dua jenis yaitu program magang internal dan program magang eksternal.

Dalam suatu perusahaan, program magang internal biasanya terjadi antar divisi. Bisa saja seseorang dari bagian marketing, ditempatkan di bagian administrasi begitu juga sebaliknya.

Durasi dilakukannya program ini umumnya adalah antara satu sampai tiga bulan.

Program magang kerja internal ini memiliki tujuan agar karyawan dapat meningkatkan pengetahuan serta keterampilan antar divisi yang berbeda dalam suatu perusahaan.

Sementara program magang eksternal biasanya dilakukan dengan bantuan dari perusahaan induk

Contoh dilaksanakannya program magang eksternal ini adalah ketika teman-teman mendapat kesempatan bekerja di luar negeri dari perusahaan tempat teman-teman bekerja.

  1. Program Pelatihan Teknologi

Tidak akan ada yang bisa memungkiri kalau perkembangan teknologi sekarang ini bisa dikatakan cukup pesat.

Teknologi yang tidak pernah berhenti berinovasi ini tentu perlu terus diikuti oleh perusahaan jika ingin terus berkembang.

Karena itu, ada baiknya jika perusahaan memberikan program pelatihan teknologi agar karyawannya tetap bisa bekerja dengan produktif dan kreatif serta melakukan penyesuaian dengan perkembangan zaman.

  1. Program Pelatihan Bahasa

Meskipun kemajuan zaman bisa memberikan kemudahan bagi kehidupan manusia, kemampuan berbahasa asing tentu tidak bisa menjadi hal yang dikesampingkan.

Hal ini disebabkan oleh makin meningkatnya kesempatan untuk bekerja sama dengan perusahaan yang ada di luar negeri.

Oleh karena itu, perusahaan perlu tetap mengadakan pelatihan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa asing jika ingin terus berkembang.

  1. Creativity Training

Creativity training atau pelatihan kreativitas adalah program yang memberikan kesempatan kepada pegawai perusahaan agar dapat menyampaikan ide.

Ide tersebut nantinya akan dikembangkan untuk kemajuan perusahaan di masa depan.

Lima contoh pelatihan dan pengembangan karyawan di atas yang sering diadakan oleh perusahaan. Apakah Kamu sudah pernah mengikuti salah satu pelatihan tersebut? Pelatihan apa yang menurut Kamu menarik?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *