7 Faktor yang Memengaruhi Produktivitas Kerja Seseorang dalam Bekerja

by -193 views
faktor yang memengaruhi produktivitas kerja

Sebelum kita membahas tentang faktor yang memengaruhi produktivitas kerja, terlebih dahulu kita akan membahas tentang produktivitas kerja itu sendiri. Jadi apa sih yang dimaksud dengan produktivitas kerja?

Produktivitas kerja adalah ukuran perbandingan kualitas dan kuantitas seorang tenaga kerja atau karyawan yang dihitung dalam satuan waktu untuk mencapai hasil atau target yang telah ditentukan perusahaan.

Produktivitas kerja karyawan dipengaruhi berbagai macam faktor. Apa saja faktor yang memengaruhi produktivitas kerja seorang karyawan dalam bekerja?

7 Faktor yang Memengaruhi Produktivitas Kerja Seseorang

1. Lingkungan kerja

Lingkungan kerja sangat berkontribusi terhadap produktivitas atau tidaknya seseorang dalam menyelesaikan pekerjaannya. Lingkungan kerja yang crowded, bising, dekat dengan keramaian cukup mengganggu konsentrasi.

Sementara lingkungan kerja yang nyaman, aman dan kondusif berperan sangat besar terhadap peningkatan produktivitas karyawan. Jadi ciptakan ruang kerja atau iklim kerja yang sekondusif mungkin.

2. Hubungan antar pekerja

Konflik atau kesenjangan yang terjadi antar karyawan dapat mengakibatkan terjadinya rasa ketidaknyamanan antar karyawan. Rasa ketidaknyamanan antar karyawan tersebut berkontribusi besar terhadap produktivitas kerja yang menurun.

Jadi jika Anda ingin semua karyawan di perusahaan produktif, bangun suasana kekeluargaan sebagai bagian dari budaya perusahaan yang sehat. Persaingan pun harus diciptakan secara sehat. Sistem reward dan punishment harus digalakkan tanpa pandang bulu.

Perusahaan utamanya orang – orang yang bertugas mengurus karyawan harus mampu membangkitkan semangat kekeluargaan dan semangat kedisiplinan terhadap karyawan. Mengenai cara meningkatkan kedisiplinan karyawan, baca : Cara Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan di Perusahaan

3. Sikap atasan

Selain rekan kerja, sikap atasan juga dapat memengaruhi produktivitas kerja karyawan. Atasan yang bertindak otoriter dan sewenang – wenang mengakibatkan karyawan menjadi stress dan karyawan yang mengalami stress dapat mengurangi produktivitas yang dimilikinya.

4. Pelatihan

Pelatihan karyawan memainkan peran besar dalam melakukan pekerjaan. Semakin banyak pelatihan yang diberikan, maka karyawan juga akan semakin siap dalam menjalankan tugas di dalam pekerjaannya.

Program pelatihan karyawan yang harus diselenggarakan perusahaan untuk karyawan pun banyak jenisnya. Beberapa program yang bisa dijalankan, baca : Mengenal Contoh Program Pelatihan Karyawan Yang Paling Diperlukan

Baca juga : Supaya Tidak Bingung, Ada 4 Jenis Program Pelatihan dan Pengembangan Karyawan

5. Gizi dan kesehatan

Gizi dan makanan yang dikonsumsi dapat berpengaruh terhadap daya tahan tubuh seseorang. Oleh karena itu perusahaan harus memastikan karyawannya mendapatkan gizi yang cukup dan memastikan karyawannya memiliki asuransi kesehatan yang sesuai.

Semakin bagus gizi dan kesehatan karyawan tentu produktivitas karyawan akan semakin meningkat pesat.

6. Tujuan dan target yang ditetapkan

Target kerja yang melebihi kemampuan karyawan melakukan pekerjaannya dapat mengakibatkan karyawan menjadi tertekan dan stress. Akibatnya produktivitasnya pun akan berkurang. Oleh karena itu tetapkan target dan tujuan yang realistis terhadap karyawan.

Jika memang memungkinkan, berikan reward bagi karyawan yang mampu mencapai target dan memiliki prestasi serta kontribusi yang bagus untuk perusahaan.

7. Tingkatkan penghasilan

Gaji yang diberikan dan tidak sesuai dapat mengakibatkan karyawan menjadi malas atau tidak semangat dalam bekerja. Karena itu sangat penting berusaha meningkatkan penghasilan karyawan agar mereka mampu memenuhi kebutuhan hidupnya dengan baik dan lebih semangat dalam bekerja.

Produktivitas kerja pun sebenarnya bisa ditingkatkan tergantung individunya masing – masing. Untuk Anda yang bekerja di kantor, cara meningkatkan produktivitas kerjanya baca : 7 Tips Manajemen Waktu di Kantor Agar Produktif

Sementara cara peningkatan produktivitas kerja di rumah, baca : Tips Kerja di Rumah Agar Produktif

Demikian sedikit informasi yang kami dapat bagikan terkait 7 faktor yang memengaruhi produktivitas kerja seseorang. Semoga menjadi informasi yang membawa manfaat dan perubahan ke arah yang lebih positif.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *