7 Metode Pelatihan dan Pengembangan SDM yang Banyak Digunakan di Perusahaan

by -617 views
proses pelatihan dan pengembangan sdm

Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) sudah hal yang sangat umum dilakukan oleh setiap perusahaan untuk mengasah kemampuan para karyawannya. Beberapa proses pelatihan dan pengembangan SDM memerlukan metode yang tepat agar materi yang disampaikan bisa dipahami dengan mudah oleh para peserta pelatihan.

Pada pembahasan kali ini, teman-teman tentunya perlu memahami apa saja metode yang biasa dilakukan saat melakukan pelatihan dan pengembangan SDM. Terlebih lagi jika kamu akan menjadi seorang trainer yang akan mementori para pegawai baru yang akan mengisi posisi jabatan tertentu. Berikut 7 metode pelatihan dan pengembangan terhadap karyawan yang perlu kamu ketahui.

On The Job

Metode On The Job merupakan prosedur secara informal yang dilakukan dengan cara observasi sederhana dan mudah. Contoh proses pelatihan dan pengembangan SDM ini kerap dilakukan seperti pegawai mempelajari suatu pekerjaan dengan mengamati perilaku pekerja lain yang sedang mengerjakan pekerjaan tersebut.

Fungsi metode On The Job ini menuntut Supervisor untuk mampu menarik para pegawai baru agar terlatih sesuai standar perusahaan. Manfaat dari metode ini juga bisa memberikan perlengkapan bekerja di lingkungan kerja yang jelas kepada para peserta pelatihan.

Vestibule

Vestibule adalah sebuah ruangan terpisah yang digunakan untuk tempat pelatihan bagi pegawai baru yang akan bertanggung jawab dalam suatu pekerjaan. Metode ini kerap digunakan jika terdapat banyak peserta pelatihan yang akan dilatih dalam satu waktu dengan pekerjaan yang sama. Pelaksanaan metode Vestibule biasanya akan berlangsung beberapa waktu yang memerlukan pengawasan dari instruktur perusahaan.

Demonstrasi

Demonstrasi umumnya dilakukan dengan menunjukkan atau memperagakan bagaimana suatu pekerjaan itu dikerjakan. Metode serta contoh program pelatihan karyawan ini sangat efektif dilakukan agar para peserta lebih mudah memahami baik dari segi teori maupun praktik.

Simulasi

Simulasi bisa memanfaatkan suatu situasi atau peristiwa dengan menciptakan bentuk yang realitas maupun imitasi. Meski metode ini dinilai sangat mahal bagi pegawai baru, namun hasilnya akan bermanfaat dan sangat diperlukan ketika terjun dalam praktik kerja yang sebenarnya.

Apprenticeship

Apprenticeship merupakan salah satu metode dengan menggunakan cara mengembangkan keterampilan para peserta yang nantinya akan bekerja sebagai pengrajin ataupun pertukangan pada suatu proyek. Metode ini juga merupakan perpaduan dengan metode On The Job dimana mentor akan memberi petunjuk cara pengerjaannya.

Ruang Kelas

Berbeda jauh dengan metode On The Job, metode training satu ini dilakukan di dalam kelas. Metode ini juga memiliki beberapa bagian lagi di antaranya konferensi, pengajaran, studi kasus dan lain-lain. Metode ruang kelas umumnya digunakan dalam pelatihan kerja seperti pelatihan diskusi memecahkan masalah, teori-teori dan aspek-aspek lainnya.

Understudies

Metode Understudies merupakan proses pelatihan dan pengembangan SDM yang memiliki teknik serupa dengan On The Job. Hanya saja metode ini digunakan oleh peserta yang akan melaksanakan pekerjaan atau mengisi suatu posisi jabatan tertentu yang lebih tinggi seperti menjadi manajer atau jabatan lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *