Alasan Mengapa Curriculum Vitae Penting Untuk Melamar Pekerjaan

by -1,485 views
Mengapa curriculum vitae penting

Mengapa curriculum vitae penting? Sebelum kita membahas tentang alasan mengapa curriculum vitae penting untuk melamar pekerjaan, terlebih dahulu kita akan membahas tentang curriculum vitae itu sendiri.

Jadi, curriculum vitae merupakan suatu alat perkenalan diri bagi calon pelamar kepada perusahaan yang dilamar secara ringkas yang menjelaskan tentang data diri, riwayat pendidikan dan pengalaman kerja.

Sebagai alat perkenalan diri singkat, tentu saja curriculum vitae penting untuk melamar kerja. Berikut alasan selengkapnya mengapa curriculum vitae penting dalam melamar pekerjaan. Cek yuk!

Alasan Mengapa Curriculum Vitae Penting Untuk Melamar Pekerjaan

Berikut beberapa alasan mengapa curriculum vitae penting untuk disiapkan bagi pelamar kerja :

1. Curriculum vitae merupakan alat pembangun kesan pertama

CV merupakan hal pertama yang akan dilihat oleh pemberi kerja. Dari sana recruiter akan melihat kepribadian pertama Anda sehingga CV bisa dikatakan sebagai kesan pertama yang akan diperhatikan dari diri pelamar kerja.

2. Memperlihatkan profesionalitas

Meski belum resmi diterima kerja, namun pemberi kerja lewat HRD dan tim recruiternya akan berusaha menyeleksi orang – orang yang profesional. CV juga menjadi salah satu alat pertimbangan penentuan profesional tidaknya seseorang dari sebuah surat lamaran.

Hal tersebut karena di dalam CV tercantum informasi tentang pendidikan sampai dengan pengalaman kerja pelamar.

3. Menarik perhatian

Pastikan bahwa pada curriculum vitae, Anda menulis CV yang menarik. Anda bisa menulis atau mendesain CV dengan menarik namun pastikan tetap terlihat profesional dan mencantumkan informasi diri Anda secara menyeluruh.

4. Menjelaskan data diri secara singkat

Pastikan data diri tertulis secara jelas pada CV namun tidak bertele – tele. Jadi pastikan Anda pahami dulu format CV yang baik seperti apa.

5. Menonjolkan kemampuan

Setiap orang pasti punya kelebihan dan kekurangan. Nah, di CV Anda bisa menuliskan juga beberapa kelebihan yang Anda punya. Prestasi – prestasi beserta informasi pendidikan juga perlu Anda tulis atau cantumkan di CV ini.

Cara membuat curriculum vitae yang baik seperti apa? Cara membuat curriculum vitae cukup mudah. Agar lebih jelas, Anda bisa cek contohnya terlebih dahulu. Baca : Contoh Curriculum Vitae (CV) Untuk Melamar Kerja

Hal Penting yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Curriculum Vitae

Dalam pembuatan curriculum vitae, ada beberapa hal yang penting jadi perhatian di antaranya :

1. Pemilihan font

Gunakan font standar layaknya karya ilmiah supaya tulisan Anda mudah dibaca pihak perekrut. Sebagai contoh misal font Arial, Times New Roman atau Helvetica dengan ukuran font 11 sampai dengan 12.

Hindari menggunakan font yang terlalu banyak gaya sehingga sulit terbaca atau sulit dimengerti meski CV sudah ditulis dengan menggunakan komputer.

2. Pemilihan warna

Warna mencolok perlu dihindari dalam pembuatan CV. Anda harus tetap berpegang pada format penulisan karya ilmiah dengan font berwarna hitam.

3. Perhatikan spasi

Spasi atau jarak penulisan cukup penting diperhatikan pada CV. Hal tersebut karena spasi akan sangat berpengaruh terhadap perekrut dalam membaca CV. Jadi pastikan agar tulisan pada CV tidak terkesan penuh sehingga tak ada informasi apapun yang terlewat.

4. Typo

Typo atau salah ketik memang suatu hal yang umum dilakukan orang ketika mengetik atau menulis. Namun dalam pembuatan surat lamaran kerja atau pun curriculum vitae pastikan jangan sampai ada kesalahan tulis atau typo tersebut.

Buat CV dan surat lamaran kerja sebaik mungkin. Jika perlu ulangi dibaca berkali – kali sampai bisa dipastikan tak ada sedikit typo pun pada surat yang Anda buat. Pastikan buat surat dan CV seprofesional mungkin.

CV atau surat lamaran kerja dengan typo meski sedikit akan dipertimbangkan sebagai suatu hal yang mengurangi rasa percaya pihak tim recruiter pada diri calon pelamar karena mereka menganggap bahwa pelamar kurang disiplin, kurang menelaah kesalahan diri sendiri dan malas untuk mengoreksi. Sementara perusahaan pasti butuh tenaga kerja yang rajin dan disiplin.

Baca juga : Syarat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Cek Di Sini Dulu!

Demikian sedikit informasi yang kami dapat bagikan terkait curriculum vitae. Jadi sudah tahu bukan sekarang alasan mengapa curriculum vitae penting dalam melamar kerja? Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan menambah wawasan ya!

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *