Apa itu Helper? Peran dan Tanggung Jawab Pekerjaan

by -1,643 views
apa itu helper

Sebelum kita bahas peran dan tanggung jawab pekerjaan seorang helper, Anda perlu tahu dulu tentang apa itu helper?

Jadi, helper adalah seseorang yang bertugas membantu mengerjakan pekerjaan tugas karyawan lain ketika karyawan tersebut berhalangan hadir atau tidak mampu menyelesaikan tanggung jawab dan tugas kerjanya.

Jadi bisa dibilang bahwa helper merupakan tenaga kerja cadangan suatu perusahaan. Peran dan tanggung jawab pekerjaannya apa saja? Di sini kita akan membahasnya!

Apa Itu Helper? Ini Peran dan Tanggung Jawab Pekerjaannya

Ada beberapa peran dan tanggung jawab pekerjaan yang harus dikerjakan oleh helper. Secara umum, peran dan tanggung jawab pekerjaan seorang helper adalah membantu pekerjaan suatu orang di posisi tertentu sesuai jenis helpernya.

Jenis helper sendiri cukup banyak. Banyak perusahaan yang membutuhkan helper utamanya perusahaan manufaktur dan perusahaan konstruksi. Apa saja jenis – jenis helper?

Jenis – Jenis Helper

Seringkali yang kita dengar tentang helper adalah helper Gudang. Apa itu helper Gudang? Jadi helper Gudang merupakan seorang dengan tanggung jawab sebagai karyawan cadangan yang memiliki tugas vital mengurus keperluan pasokan, sampai dengan alat produksi yang ada di Gudang.

Selain helper Gudang, ada jenis helper lainnya yaitu :

1. Helper operator

Tugas helper operator adalah membantu operator dalam mempersiapkan barang produksi. Durasi kerja jenis helper ini sekitar 8 jam dan harus selalu stand by di depan mesin untuk melakukan pemantauan maksimal terhadap persiapan mesin dan barang produksi.

2. Helper welder

Helper ini merupakan seorang helper yang tugasnya membantu melakukan pengelasan peralatan perusahaan atau dari client. Barang – barang yang dilas biasanya berupa tabung gas atau pun peralatan berat sesuai dengan yang dimiliki perusahaan atau pun yang diminta oleh client.

3. Helper gudang

Helper Gudang merupakan jenis helper yang memiliki peran dan tanggung jawab sebagaimana yang sudah kami sebutkan di awal.

Secara terperinci, berikut beberapa peran dan tanggung jawab pekerjaan helper gudang :

  • Membantu membongkar muatan barang untuk dimasukkan ke dalam tempat penyimpanan perusahaan.
  • Memastikan barang di tempat penyimpanan sesuai dengan data yang ada.
  • Melakukan pengelompokan barang
  • Melakukan pencatatan barang keluar dan masuk
  • Menangani struk belanja
  • Menangani barang produksi dan stok
  • Membuat laporan tentang semua barang di Gudang atau tempat penyimpanan
  • Menjaga kebersihan tempat penyimpanan sehingga barang tak akan rusak atau terkontaminasi

4. Helper painting

Apa itu helper painting? Jadi helper painting merupakan helper yang bertugas melakukan pembersihan karat di badan kapal sebelum dilakukan pengecatan atau pengecatan ulang agar hasil catnya tidak mudah terkelupas.

5. Helper driver atau kurir

Biasanya helper driver atau kurir ini bekerja di perusahaan jasa, restoran, pengiriman paket atau ekspedisi dan sejenisnya. Beberapa tugas, peran dan tanggung jawab pekerjaan yang penting dilakukan helper driver atau kurir secara umum di antaranya :

  • Melakukan pengantaran barang
  • Menjadi sopir cadangan

6. Helper administrasi

Tugas secara umum helper administrasi adalah melakukan penyusunan dan pengecekan administrasi seperti halnya mengecek faktur dan struk barang, memeriksa invoice sampai dengan mengambil rekening koran di bank untuk dijadikan dasar pelaporan keuangan bagian akuntansi.

7. Helper medical

Tugas helper medical adalah melakukan input data pasien di klinik rumah sakit. Helper medical juga biasanya bertugas merapikan alat kerja dokter, membersihkan area rumah sakit, merapikan laboratorium dan kamar rawat serta mengecek suhu.

Syarat Menjadi Helper

Tidak ada syarat yang terlalu berat yang dipersyaratkan suatu instansi atau perusahaan sebagai helper. Namun secara umum, mereka yang terpilih sebagai helper adalah mereka yang memenuhi kualifikasi berikut :

  • Pendidikan minimal SMA atau sederajad
  • Memiliki fisik yang kuat
  • Memiliki SIM
  • Memiliki kemampuan administrasi yang baik
  • Disiplin
  • Taat terhadap perintah dan aturan
  • Loyal
  • Teliti, fokus dan detail oriented
  • Memiliki manajemen emosi yang baik, dan beberapa persyaratan tambahan lainnya.

Gaji Helper

Dengan semua tanggung jawab yang dimiliki, berapa sih gaji seorang helper? Rata – rata helper di Indonesia digaji sekitar 1,5 juta sampai 2,5 juta rupiah. Namun memang di beberapa kota ada yang gajinya di angka 3 juta rupiah namun sangat jarang perusahaan memberikan gaji helper sebesar 3 juta rupiah.

Atau menurut Anda gaji helper terlalu kecil dan ingin mencari pekerjaan dengan gaji yang lebih tinggi? Baca : Inilah 5 Daftar Pekerjaan yang Sederhana dan Bergaji Tinggi

Baca juga : Tips Agar Kamu Cepat Naik Gaji Dengan Melakukan Proaktif

Demikian sedikit informasi yang kami dapat berikan terkait apa itu helper, bagaimana peran dan tanggung jawabnya serta informasi lain terkait helper. Semoga apa yang kami sampaikan di atas menjadi informasi yang inspiratif dan membawa manfaat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *