Apa Itu Staff Kantor ? Berikut Ulasannya

by -305 views

Banyak ahli yang telah memberikan definisi mengenai staff. Salah satunya adalah Drs. Agus Suprijono, M.M, yang menyebutkan bahwa staff adalah sekelompok orang yang bertanggung jawab dalam menjalankan tugas-tugas administratif dan operasional perusahaan.

Menurut Drs. Harsono Harsono dalam bukunya yang berjudul “Manajemen Sumber Daya Manusia,” staff adalah karyawan dengan jabatan yang bersifat operasional, yang bertugas untuk mengatur dan menjalankan tugas-tugas di setiap departemen perusahaan.

Lalu, apa Peran dan Tugas Staff??

Setiap staff memiliki peran dan tugas yang berbeda-beda, tergantung dari departemen di mana mereka bekerja. Namun, secara umum, peran dan tugas dari staff adalah sebagai berikut:

Peran Staff Tugas Staff
Melakukan tugas administratif Membuat laporan keuangan, membuat jadwal rapat, dan tugas-tugas administratif lainnya
Membantu kegiatan operasional perusahaan Membantu staf lain dalam menjalankan tugas-tugas operasional perusahaan, seperti pengiriman barang, pemeliharaan peralatan, dan lain-lain
Menjaga hubungan baik dengan pelanggan Melayani pelanggan dengan baik dan memberikan solusi atas masalah yang dihadapi pelanggan
Membantu dalam rekrutmen dan seleksi karyawan baru Melakukan screening CV, mengundang kandidat untuk interview, dan tugas-tugas lain yang berkaitan dengan rekrutmen karyawan baru
Mempersiapkan data dan informasi yang diperlukan oleh atasan Mempersiapkan data dan informasi yang dibutuhkan oleh atasan dalam pengambilan keputusan
Membantu dalam kegiatan riset dan pengembangan produk Mengumpulkan data dari pelanggan dan pasar, menganalisa data, dan memberikan rekomendasi kepada manajemen
Mengatur dan mengontrol aset perusahaan Melakukan inventarisasi aset perusahaan, seperti peralatan kantor, mesin, dan lain-lain

Apa Saja skill yang Harus Dimiliki Sebagai Seorang Staff Kantor?

Beberapa skill yang harus dimiliki sebagai seorang staff antara lain kemampuan komunikasi, kemampuan organisasi, kemampuan analisis data, kemampuan mengoperasikan komputer, dan kemampuan multitasking.

Lalu, Apa Saja Jenis dari Staff Kantor?

  • Staf Ahli

Staf ahli biasanya memiliki syarat pendidikan tinggi yang sesuai dengan lahan pekerjaannya. Staf ahli kantor juga kadang digunakan sebagai penasihat.

  • Staf Administrasi

Bertugas untuk mengatur masalah administrasi yang ada dalam kantor. Tugas utama staf administrasi diantaranya adalah mengurus segala hal tentang perdokumenan, melakukan pembukuan dan pengarsipan, mengatur agenda, dan lain.

  • Staf Operasional

Staff operasional adalah staff yang bertanggung jawab atas seluruh kegiatan operasional yang ada dalam kantor.

  • Staff Lain-lain

Tidak semua jenis staf yang terdapat dalam suatu perusahaan akan ditemukan di perusahaan lainnya. Ada staf-staf khusus yang hanya ditemui di perusahaan tertentu, sesuai kebutuhan kantor.

Menjadi Staff, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Keuntungan bagi para Staff, yaitu:

  1. Stabilitas pekerjaan, karena posisi staff termasuk dalam pangkat atau jabatan tetap di perusahaan.
  2. Kesempatan untuk belajar dan mengembangkan karir, karena staff dapat mengalami rotasi posisi di berbagai departemen perusahaan.
  3. Terbuka lebar kesempatan untuk meraih jabatan yang lebih tinggi, karena staff memiliki akses pada berbagai informasi dan kesempatan networking.
  4. Memiliki jaminan kesehatan, tunjangan karyawan, dan berbagai fasilitas lainnya.

 Kekurangan Menjadi Staff, yaitu:

Di sisi lain, menjadi staff juga memiliki kekurangan, yaitu:

  1. Peluang untuk naik jabatan yang lambat, karena banyak karyawan di perusahaan yang memiliki posisi serupa.
  2. Tuntutan untuk bekerja keras dan produktif, karena staff biasanya memiliki jadwal yang padat dan deadline yang ketat.
  3. Keterbatasan dalam mempengaruhi keputusan manajemen, karena staff umumnya bukan termasuk dalam level manajerial dan hanya bertanggung jawab dalam menjalankan tugas-tugas operasional.
  4. Beban kerja yang bertambah saat perusahaan mengalami masa-masa sulit atau saat ada proyek besar yang harus dijalankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *