Bauran pemasaran atau yang juga dikenal sebagai marketing mix adalah suatu strategi pemasaran yang mengacu terhadap serangkaian strategi, tindakan atau hal – hal yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk mempromosikan suatu jasa atau produk yang dijual di pasar.
Strategi marketing yang satu ini tidak semuanya benar tapi punya beberapa kekurangan juga. Jadi berikut kami akan bagikan beberapa kelebihan dan kekurangan dari bauran pemasaran itu sendiri. Cek dulu yuk!
Mengenal Bauran Pemasaran Atau Marketing Mix
Bauran pemasaran merupakan perpaduan strategi marketing 4P dengan tambahan sehingga menjadi 7P yang diterapkan untuk menawarkan produk dengan teknik marketing yang tepat.
Jadi mix marketing dari strategi 4P menjadi 7P sebagai berikut :
1. Product
Product adalah barang yang akan dijual atau jasa yang akan ditawarkan kepada customer atau calon customer. Harus bisa dipastikan sebelum dijual, product tersebut harus melalui serangkaian tahap untuk menghasilkan barang yang sempurna dan sesuai dengan harapan target marketnya.
2. Price
Price atau harga adalah suatu elemen di dalam bauran pemasaran yang hadir untuk menentukan berapa harga jual yang akan diluncurkan untuk customer atas produk yang dihadirkan.
Price ini harus ditentukan dengan dasar kualitas dan kemampuan target market untuk membelinya agar dapat membantu dalam penentuan keuntungan dari aktivitas penjualan produk yang dilakukan.
3. Place
Place merupakan tempat dimana Anda akan memasarkan suatu produk entah itu secara online atau pun secara offline. Atau Anda bisa memadukan keduanya yaitu memasarkan produk di tempat offline dan online sekaligus dan impactnya akan semakin besar atas produk yang Anda tawarkan.
4. Promotion
Promotion merupakan sebuah cara yang dilakukan untuk membuat orang tertarik membeli produk yang ditawarkan. Promotion juga menjadi suatu langkah untuk membuat pelanggan merasa butuh atau tertarik untuk menggunakan produk yang ditawarkan. Agar langkah promosi berjalan maksimal, tentu saja strategi promosi yang tepat diperlukan.
Agar promosi jadi lebih maksimal, biasanya perusahaan akan punya tim pemasaran atau tim marketing sendiri. Skill apa yang harus dimiliki untuk bisa menjadi tim pemasaran atau marketing? Baca : Apa itu Marketing? Fungsi, Jobdesk, dan Skill yang Harus Dikuasai
5. People
Elemen yang satu ini mengacu pada orang – orang baik pelanggan atau pun karyawan yang terkait dengan suatu produk atau layanan bisnis secara langsung.
Untuk memahami seperti apa yang diinginkan orang – orang, Anda harus mempelajari target market yang tepat atas jenis produk yang Anda akan tawarkan.
6. Process
Proses dalam menghasilkan suatu produk sampai proses distribusi produk harus diperhatikan untuk meminimalisir terjadinya pembengkakan biaya. Langkah – langkah selama proses berlangsung perlu diperhatikan kemudian identifikasi dan analisis secara tepat.
7. Physical evidence
Physical evidence atau bukti fisik merupakan suatu bukti fisik suatu produk yang dikonsumsi dan dilihat di tangan konsumen harus memiliki mutu dan kualitas yang baik.
Kelebihan Bauran Pemasaran
Strategi marketing mix atau bauran pemasaran yang dilakukan memiliki beberapa kelebihan, di antaranya :
- Kemudahan mengonsep teknik marketing dari proses sampai distribusi
- Mendapatkan hasil yang maksimal
- Alokasi sumber daya secara bijaksana dan sesuai dengan elemen lainnya
- Mengalokasikan tanggung jawab untuk setiap elemen di dalam divisi perusahaan
- Memfasilitasi proses komunikasi antara perusahaan dengan konsumen dengan baik
- Menganalisa keuangan mulai dari arus biaya sampai dengan pendapatan agar sesuai situasi yang terjadi demi meminimalisir terjadinya kerugian atau potensi kerugian dalam pelaksanaan pemasaran.
Kekurangan Bauran Pemasaran
Selain punya kelebihan, dibalik itu juga ada kekurangannya. Apa saja kekurangan strategi marketing bauran pemasaran ini?
Beberapa aspek yang menjadi kekurangan bauran pemasaran di antaranya :
- Berorientasi terhadap internal bisnis sehingga jarang penerapan bauran pemasaran yang mempertimbangkan perilaku konsumen
- Seringkali konsumen tidak memungkinkan melakukan interaksi langsung dengan perusahaan
- Hubungan antara konsumen dengan brand experience menjadi tidak jelas
Itulah sedikit informasi yang kami dapat sampaikan terkait apa yang dimaksud dengan bauran pemasaran dan informasi terkait lainnya. Semoga menjadi informasi yang inspiratif dan membawa manfaat.