Bekerja di Perusahaan Startup, Apa Saja Plus Minusnya?

by -158 views
bekerja di perusahan startup

Kalau bicara tentang perusahaan startup, banyak orang yang hanya akan memandang elit dan elegan perusahaan startup. Bahkan banyak banget sekarang ini fresh graduate yang punya cita – cita bekerja di perusahan startup.

Hal tersebut sebenarnya bukan menjadi suatu masalah. Gaji yang ditawarkan memang tinggi. Namun dibalik itu semua, plus minusnya juga ada. Apa sajakah plus minus bekerja di perusahaan startup? Di sini kita akan membahasnya!

Kelebihan (Plus) Bekerja di Perusahaan Startup

Pertama, kita akan membahas apa saja hal positif yang bisa ditemukan atau didapatkan dengan bekerja di perusahaan startup. Hal positif atau kelebihan atau plusnya bekerja di perusahaan startup di antaranya :

1. Lingkungan kerja yang nyaman

Berbeda dengan sistem kerja korporat, startup mengusung mekanisme kerja yang nyaman dan tidak terlalu tegang.

Pakaiannya pun bisa lebih santai dan bebas asal rapi dan sopan. Dengan begitu suasana kerjanya tidak terlalu tegang. Rekan kerjanya pun umurnya tidak jauh berbeda karena banyak pegawai atau karyawan startup yang mengambil anak muda sebagai karyawannya.

2. Jam kerja fleksibel

Banyak perusahaan startup yang membebaskan karyawannya datang bekerja jam berapa pun asalkan mereka bisa dan mampu mengerjakan target kerjanya dengan baik dan tidak ada yang terbengkalai.

3. Mendapatkan koneksi yang luas

Karena iklim kerja yang mendukung, Anda juga bisa mendapatkan koneksi yang luas ketika bekerja di sebuah perusahaan startup. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan teman lebih banyak, pengetahuan lebih banyak dan kesempatan mengembangkan karir semakin tinggi dengan koneksi luas yang Anda punya tersebut.

4. Belajar banyak pengetahuan baru

Kalau Anda termasuk orang yang suka tantangan baru dan hal baru, perusahaan startup menjadi sebuah tempat yang sangat pas menjadi lingkungan kerja Anda.

Di sana Anda akan dapat belajar banyak hal baru dan menemukan banyak pengetahuan baru yang bahkan mungkin tidak Anda dapatkan ketika Anda duduk di bangku kuliah.

5. Kontribusi Anda akan sangat dihargai

Perusahaan startup biasanya sangat mengapresiasi kinerja karyawannya. Ada sistem reward yang diberikan dengan jumlah yang tidak kecil oleh perusahaan startup.

Kekurangan (Minus) Bekerja di Perusahaan Startup

Namun tentu saja bukan berarti bekerja di perusahaan startup tidak ada kekurangan atau minusnya. Beberapa kekurangan atau minus bekerja di sebuah perusahaan startup di antaranya :

1. Dituntut agar bisa multitasking

Tak hanya harus bekerja terhadap satu tugas saja, Anda juga dituntut untuk bekerja secara multitasking di sebuah perusahaan startup. Kalau tidak mampu, Anda tidak akan bisa bertahan lama bekerja di perusahaan ini.

Hanya saja karena tuntutan untuk bekerja multitasking, seringkali pekerjaan Anda memakan waktu istirahat dan berbagai hal pribadi lainnya. Semua hal yang berkaitan dengan pekerjaan dapat mengurangi waktu Anda beristirahat dan melakukan berbagai hal lain.

2. Keuangan belum stabil

Kebanyakan bisnis startup mencari investor dengan cara pitching business. Karena mereka mencari investor dengan cara tersebut, perusahaan startup cenderung belum stabil terkait kondisi finansialnya.

Jadi Anda yang bekerja di bawah naungan perusahaan startup bisa saja di PHK sewaktu – waktu sehingga pastikan untuk tidak menghabiskan seluruh gaji Anda. Sisihkan sebagian sebagai dana darurat dan untuk diputar menjadi modal usaha.

3. Harus mampu beradaptasi

Baik dari struktur perusahaan atau model bisnis, startup selalu mengalami perubahan. Hal tersebut bisa terjadi lantaran perusahaan startup biasanya masih menerka – nerka model usaha yang dapat membuat bisnis mereka berkembang dan bertahan lama seperti apa.

Oleh karena itu kemampuan beradaptasi akan sangat dibutuhkan karyawan startup dengan semua potensi perubahan yang akan terjadi selama Anda bekerja.

Meski sudah tahu plus minusnya, banyak orang yang masih bercita – cita bekerja di perusahaan startup. Lantas, skill apa saja yang harus dimiliki untuk bekerja di perusahaan startup? Baca : Skill yang Harus Dimiliki Untuk Bekerja di Perusahaan Startup

Demikian sedikit ulasan tentang bagaimana plus minus atau lebih dan kurangnya bekerja di perusahaan startup. Sudah siapkah Anda untuk menjadi bagian dari perusahaan startup?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *