Berbagai Pelatihan Untuk Karyawan Bank Yang Perlu Diketahui

by -2,567 views
contoh pelatihan karyawan bank

Pelatihan dan pengembangan karyawan sangat diperlukan bagi setiap anggota karyawan di perusahaan manapun, termasuk juga dengan karyawan bank. Melalui pelatihan karyawan, kamu dapat menambah pengetahuan, pemahaman, serta meningkatkan kompetensi dalam diri. Dengan begitu kamu dapat bekerja dan bersaing secara baik di dalam perusahaan. Terdapat beberapa contoh pelatihan karyawan bank yang dapat kamu ikuti untuk karyawan bank. Berikut simak ulasannya.

  1. Manajemen Risiko Operasional Bank

Manajemen risiko yang dimiliki perbankan masih sering menjadi persoalan yang mendasar. Setiap bisnis pastilah memiliki risiko yang mengancam, oleh karena itu pentingnya untuk mengolah dan membuat manajemen risiko guna untuk mengurangi risiko yang ada. Risiko yang dimaksud ialah risiko yang dapat timbul dan menyebabkan kerugian di masa mendatang.  Risiko ini dapat muncul dari berbagai faktor, entah itu berasal dari pihak luar maupun pihak dalam.

Pelatihan jenis ini akan membantu kamu untuk paham dan meningkatkan kemampuan praktis dalam menerapkan manajemen risiko untuk operasional bank.

  1. Analisis Laporan Keuangan untuk Kredit

Pengelolaan kredit yang baik dan sehat merupakan hal yang penting, karena hal tersebut merupakan tuntutan untuk kesuksesan dalam operasi bank. Pengelolaan kredit yang sehat, pastinya akan terhindar dari berbagai masalah di masa mendatang.

Fungsi analisis laporan keuangan kredit sendiri bagi bank ialah agar mengetahui dan memahami kondisi keuangan perusahaan. Oleh karena itu, Bank memerlukan SDM yang benar-benar paham akan pengelolaan kredit untuk nasabahnya agar bank dapat memberi keputusan yang tepat dalam pemberian, perpanjangan, dan juga rescheduling kredit.

Contoh pelatihan karyawan ini akan membantu untuk memberikan kamu pemahaman, pengetahuan, serta ketrampilan dalam menganalisis laporan keuangan kredit.

  1. Akuntansi Perbankan

Contoh pelatihan karyawan bank selanjutnya ialah Akuntansi perbankan. Akuntansi perbankan merupakan kegiatan dalam melakukan pencatatan, analisa, dan laporan yang berhubungan dengan transaksi keuangan yang dilakukan oleh bank yang dapat berguna bagi bank itu sendiri ataupun untuk nasabah.

Laporan keuangan akuntansi perbankan tidak dapat dibuat secara asal-asalan, perlu dilakukan yang sesuai pada prinsip kebijakan akuntansi, seperti posting jurnal, cara pembukuannya, dan aktivitas pencatatan segala kegiatan transaksi.

Pelatihan ini tentunya diperlukan agar kamu dapat memahami konsep dasar, meningkatkan keterampilan akuntansi untuk mengolah data, serta paham akan penyajian laporan keuangan. Dengan begitu kamu akan bisa menyusun laporan dengan baik, mengubah laporan keuangan internal yang menjadi laporan bulanan untuk diberikan ke OJK, serta menangani transaksi bank di BPR.

  1. Legal Audit for Bank

Legal audit merupakan kegiatan untuk menilai dan memeriksa segala permasalahan hukum yang tentunya berkaitan dengan bank. Kegiatan ini biasanya dilakukan untuk pemeriksaan dokumen yang masih berkaitan objek audit, pemeriksaan lapangan untuk memastikan kebenarannya, pemeriksaan yang berdasar dari informasi lainnya.

Pelatihan ini akan membantu kamu untuk memahami dalam kegiatan proses legal audit serta aspek-aspek yang berhubungan dengan proses legal audit. Dengan begitu kamu mampu melakukan legal audit dengan baik dan cepat.

Itulah berbagai contoh pelatihan karyawan bank. Semoga artikel ini membantu kamu untuk menemukan pelatihan dan pengembangan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *