Cara Disiplin Agar Tidak Telat Berangkat Kerja

by -315 views
cara disiplin agar tidak telat berangkat kerja

Salah satu aspek yang dinilai dan dipertimbangkan sebuah perusahaan dalam mempertahankan karyawannya selain kinerja adalah kedisiplinan. Oleh karena itu pastikan agar Anda selalu berusaha datang ke kantor tepat waktu. Bagi pegawai baru, cara disiplin agar tidak telat berangkat kerja seperti apa sih?

Di sini kita akan bagikan beberapa tips yang bisa dicoba untuk Anda yang suka telat berangkat ke kantor agar tidak terlambat lagi. Apalagi untuk karyawan atau pegawai baru, jangan sampai Anda dipandang tidak profesional di hari atau bulan pertama kerja karena keseringan terlambat. Cara disiplinnya bagaimana bisa Anda simak dalam informasi berikut ini!

Cara Disiplin Agar Tidak Telat Berangkat Kerja

1. Setting alarm

Hal pertama yang Anda harus lakukan sebagai cara disiplin agar tidak telat berangkat kerja adalah memasang alarm. Apalagi untuk Anda yang susah banget bangun tidur wajib hukumnya memasang alarm.

Jangan hanya memasang satu alarm saja. Anda perlu memasang dua sampai dengan tiga atau empat alarm agar jika alarm pertama sudah terdengar namun Anda tidak bangun, ada alarm kedua sampai keempat yang Anda bisa dengarkan untuk bisa terbangun.

Tidak harus membeli jam dengan alarm khusus kok karena di era digital sekarang ini perangkat smartphone sudah dilengkapi dengan fitur alarm. Jadi Anda bisa memanfaatkan fitur alarm pada smartphone tersebut.

Lakukan pemasangan alarm ini setiap hari sampai kegiatan bangun lebih awal menjadi rutinitas tersendiri bagi diri Anda. Coba lakukan minimal 2 atau 3 bulan dan lihat hasilnya. Lama kelamaan Anda akan bisa bangun sendiri tanpa bantuan alarm. Tapi kalau tetap ada rasa takut tidak bangun sesuai aturan yang sudah dilatih, Anda tetap bisa setting alarm sampai kapanpun.

2. Pastikan tidur lebih awal

Tidur terlalu malam dapat membuat Anda bangun kesiangan di esok harinya. Akhirnya Anda telat berangkat kerja. Oleh karena itu ada baiknya agar di hari kerja Anda berusaha memastikan untuk tidur lebih awal agar keesokan harinya dapat bangun lebih awal juga.

Selain dapat terlambat berangkat kerja, kalau bangun kesiangan juga dapat berpengaruh terhadap menurunnya produktivitas Anda. Biasanya orang yang bangun kesiangan masih lemas dan tidak mengawali hari dengan semangat akibatnya pekerjaan pun terbengkalai karena penurunan produktivitas kerja yang dialami.

Selain akibat tidur terlalu malam yang mengakibatkan bangun jadi kesiangan, ada aspek lain juga yang berpengaruh terhadap penurunan produktivitas kerja seseorang. Apa saja? Baca : 7 Faktor yang Memengaruhi Produktivitas Kerja Seseorang dalam Bekerja

3. Siapkan keperluan kerja di malam harinya

Malam hari sebelum tidur jangan lupa untuk menyiapkan segala keperluan Anda untuk bekerja di esok hari. Pastikan jangan sampai ada yang tertinggal entah itu kotak pensil, notes, laptop atau perangkat pekerjaan lainnya.

Sesuaikan saja bawaan yang harus dibawa bekerja dengan pekerjaan Anda. Karena kalau Anda seorang engineer yang dibawa tentu akan berbeda dengan seorang karyawan administrasi kantor. Jadi sesuaikan saja dengan background pekerjaan Anda.

Yang jelas, semua yang harus dibawa sudah harus Anda siapkan di malam harinya. Jangan sampai ada yang tertinggal.

4. Atur jam keberangkatan Anda

Setiap karyawan tentu memiliki jam keberangkatan yang berbeda – beda karena jarak rumahnya ke kantor juga berbeda. Nah, untuk Anda yang merasa memiliki tempat tinggal atau kos atau kontrakan yang jauh dari kantor, maka Anda bisa mengatur jam keberangkatan lebih awal agar bisa sampai di kantor tepat waktu.

Misalkan kalau transportasinya susah dan letak kantor jauh dari kos atau rumah atau kontrakan, Anda bisa berangkat 1 jam sebelum waktu masuk kantor. Dengan begitu Anda tidak akan terlambat.

Informasi menarik lainnya seputar dunia kerja, baca : 7 Tips Manajemen Waktu di Kantor Agar Produktif

Demikian sedikit informasi yang kami dapat bagikan terkait cara disiplin agar tidak telat berangkat kerja. Semoga informasi yang kami bagikan di atas menjadi ulasan yang membawa manfaat khususnya untuk pegawai kantoran atau karyawan. Jangan sampai terlambat ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *