Cara Mengatur Waktu Kerja Work From Home

by -249 views
cara mengatur waktu kerja work from home

Sejak pandemi covid-19 2020 lalu terjadi, banyak perusahaan yang memiliki aturan kerja WFH atau Work from home yang kemudian bahkan masih diterapkan sampai hari ini. Ya, meski aturan kerja dari kantor sudah diperbolehkan seiring dengan penurunan angka covid, namun nyatanya banyak perusahaan yang masih menerapkan sistem kerja work from home.

Yang kemudian banyak dipertanyakan oleh mereka yang tidak terbiasa untuk bekerja dari rumah adalah cara mengatur waktu kerja work from home bagaimana? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasinya untuk Anda terkait cara mengatur waktu kerja work from home yang ideal dan bisa diterapkan!

Cara Mengatur Waktu Kerja Work From Home

1. Buatlah jadwal kerja untuk mendisiplinkan diri setiap hari

Cara mengatur waktu kerja work from home yang pertama harus dilakukan adalah mengatur waktu atau jadwal kerja terlebih dahulu. Jadwal yang diatur secara teratur dapat membantu Anda terbiasa dengan waktu yang telah ditentukan tersebut.

Anda juga bisa lebih mudah membedakan kapan waktu bekerja dan kapan waktu Anda harus mengurus kegiatan lain seperti misalkan membersihkan rumah, olahraga atau lainnya.

2. Miliki skala prioritas dalam penuntasan pekerjaan

Semenumpuk apapun pekerjaan yang Anda harus selesaikan, tetap milikilah skala prioritas. Tetapkan mana pekerjaan yang harus Anda selesaikan lebih dahulu dan mana yang bisa ditunda dikerjakan esok harinya atau dikerjakan setelah tugas pentingnya selesai.

Dengan memiliki skala prioritas ini tentu akan sangat membantu Anda dalam menentukan kegiatan atau tugas atau pekerjaan apa yang Anda harus selesaikan terlebih dahulu sebelum menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang lainnya.

Untuk meningkatkan produktivitas meski bekerja di rumah, baca : Tips Kerja di Rumah Agar Produktif

3. Jauhkan diri Anda dari distraksi

Tak dapat dipungkiri bahwa bekerja di rumah memunculkan banyak distraksi yang harus dihadapi. Mulai dari panggilan mama atau papa yang meminta bantuan, suara televisi yang terkadang mengganggu, atau faktor – faktor lain.

Nah, kenali apa yang membuat Anda terganggu dan hindari distraksi tersebut selama Anda menyelesaikan pekerjaan. Minta anggota keluarga di rumah untuk memahami kondisi Anda yang sedang bekerja sehingga harus fokus dengan demikian Anda bisa lebih merasa ‘intim’ dengan situasi kerja meski berada di rumah.

4. Bagi urusan rumah dengan anggota keluarga yang lain

Kalau Anda tidak tinggal sendiri di rumah, Anda bisa membagi urusan rumah dengan anggota keluarga lainnya misalkan dengan adik atau kakak. Anda bisa membagi tugas dengan mereka. Apakah Anda kebagian menyapu rumah, kemudian adik atau kakak memasak dan sebagainya.

Selesaikan pekerjaan rumah terlebih dahulu kemudian fokuslah untuk menyelesaikan pekerjaan kantor Anda. Atau jika Anda merasa tidak bisa fokus jika menyelesaikan pekerjaan rumah terlebih dahulu, Anda bisa mengerjakan pekerjaan kantor dulu baru menyelesaikan pekerjaan rumah.

Anda bisa menegosiasikan kondisi Anda dengan anggota keluarga yang lain agar mereka mau mengerti dan memahami kondisi Anda.

5. Komunikasikan dengan anggota keluarga tentang pekerjaan Anda

Terkadang tidak semua anggota keluarga mengerti dan memahami posisi Anda dalam pekerjaan. Jadi komunikasikan secara baik – baik tentang bagaimana kondisi pekerjaan Anda saat ini yang mengharuskan Anda harus bekerja dari rumah.

Minta mereka untuk bisa peduli dan membantu ketika Anda tidak bisa bergabung dengan anggota keluarga karena menyelesaikan tugas atau pekerjaan.

6. Mulai bekerja lebih pagi dan selesaikan sebelum malam hari

Semakin siang akan semakin banyak distraksi yang muncul dan mengganggu. Bahkan dari dalam diri Anda sendiri pun, konsentrasi akan semakin berkurang di siang atau malam harinya.

Oleh karena itu ada baiknya Anda memulai bekerja lebih pagi dari biasanya agar badan dan otak masih fresh sehingga pekerjaan dapat berjalan lancar. Selesaikan sebelum malam karena malam hari waktunya Anda harus beristirahat agar esok harinya bisa bekerja sedari pagi lagi.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat sampaikan terkait cara mengatur waktu kerja work from home yang bisa dipraktekkan. Semoga menjadi informasi yang menginspirasi Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *