Cara Meningkatkan Skill Komunikasi yang Tepat

by -263 views
cara meningkatkan skill komunikasi

Komunikasi menjadi kegiatan krusial yang pasti akan terjadi dalam kehidupan sehari – hari entah bersama keluarga, tetangga atau bersama rekan kerja di lingkungan kerja. Bagaimana cara meningkatkan skill komunikasi yang tepat?

Meski setiap hari kita perlu berkomunikasi, namun tidak semua orang paham etika berkomunikasi dan memiliki skill berkomunikasi yang memadai. Ekstrovert bukan berarti ekspert untuk berkomunikasi, introvert pun bukan berarti tidak mampu berkomunikasi.

Hanya saja apapun kepribadian Anda, skill komunikasi memang sangat penting untuk diasah. Cara meningkatkan skill komunikasi yang tepat seperti apa? Cek informasi berikut ya!

Cara Meningkatkan Skill Komunikasi yang Tepat

1. Tunjukkan bahasa tubuh yang baik ketika berkomunikasi

Bagaimana bahasa tubuh yang baik ketika berkomunikasi? Bahasa tubuh yang baik contohnya adalah menatap mata lawan bicara ketika sedang berkomunikasi, tidak memalingkan badan ketika berkomunikasi dan sebagainya.

Jadi bahasa tubuh seperti itu perlu Anda tunjukkan untuk membuat lawan bicara merasa dihargai ketika terlibat komunikasi dengan diri Anda.

2. Pahami Anda berbicara dengan siapa

Salah satu hal penting yang juga perlu dipersiapkan dalam mengembangkan kemampuan komunikasi adalah memahami siapa yang menjadi lawan bicara Anda. Latar belakang yang berbeda tentu saja dapat membentuk karakter yang berbeda juga.

Anda yang berbicara dengan lawan bicara yang memahami bahasa Indonesia sekaligus bahasa Inggris misalnya, bisa menggunakan bahasa campuran.

Sementara jika Anda berbicara dengan lawan bicara yang tidak memahami bahasa Inggris, maka gunakan bahasa Indonesia yang baik karena hal tersebut juga akan mencerminkan etika Anda dan bagaimana cara Anda menghargai orang lain.

3. Pikirkan tentang apa yang akan Anda ucapkan

Mengucapkan hal yang bernada kasar sangat tidak dianjurkan karena dapat merusak hubungan baik dan pastinya menyakiti hati dan perasaan lawan bicara Anda.

Karena itu berhentilah sejenak jika ingin mengutarakan suatu pendapat. Perhatikan apa yang akan Anda ucapkan dan bagaimana cara Anda menyampaikannya karena hal tersebut sangat penting dalam perilaku komunikasi yang baik dengan orang lain.

4. Perluas jaringan Anda

Semakin luas jaringan Anda, Anda juga dapat semakin meningkatkan skill komunikasi dari orang – orang yang berhubungan dengan Anda tersebut. Oleh karena itu jangan lupa untuk memperluas koneksi atau jaringan Anda baik di rumah, di tempat kerja atau dimana pun Anda berada.

Selain dapat meningkatkan skill komunikasi Anda, dengan memperluas jaringan Anda juga bisa mendapatkan kesempatan meniti karir yang lebih baik ke depannya.

5. Meminta feedback dari orang lain

Jika Anda masih belum juga percaya diri untuk berbicara, cobalah minta feedback dari orang lain. Misalkan jika profesi Anda adalah seorang presenter. Setelah selesai tampil, coba minta saran dan kritikan dari teman Anda yang menonton siaran Anda apa yang sudah bagus dan apa yang mesti Anda tingkatkan.

Begitu juga ketika di kantor dan harus presentasi. Coba mulailah presentasi dengan tenang tentunya dengan banyak persiapan di hari sebelumnya, kemudian minta saran dari teman atau rekan kerja Anda. Bahkan saran dari atasan juga diperlukan agar Anda bisa semakin meningkatkan kemampuan komunikasi dan sekaligus rasa percaya diri dalam diri Anda.

6. Aktiflah untuk mendengar

Semakin baik mendengar dan semakin banyak mendengar maka keterampilan atau kemampuan komunikasi Anda juga akan semakin baik. Di kantor, coba dengarkan selalu pemaparan dari pimpinan atau rekan kerja.

Di luar kantor, Anda bisa dengarkan berita dan belajar mendengar juga dari cerita orang tua atau teman kemudian coba berikan respon atas apa yang Anda dengar tersebut. Tanpa disadari, hal – hal semacam ini dapat melatih skill atau kemampuan komunikasi Anda.

Selain meningkatkan skill komunikasi, masih banyak aspek lain dalam diri sendiri yang harus ditingkatkan misalkan kemampuan manajemen diri Anda sendiri. Cara meningkatkan kemampuan manajemen diri bagaimana? Baca : Cara Meningkatkan Kemampuan Manajemen Dalam Diri Sendiri

Demikian sedikit informasi yang kami dapat sampaikan terkait cara meningkatkan kemampuan manajemen dalam diri sendiri yang tepat dilakukan. Semoga menjadi informasi yang membawa manfaat.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *