Cara Meyakinkan HRD Saat Interview Kerja, Pasti Ampuh!

by -2,427 views
cara meyakinkan HRD saat interview kerja

Bagi Anda yang sedang berada dalam fase melamar pekerjaan, sebelum Anda resmi diterima pasti akan dilakukan interview terlebih dahulu oleh HRD. Lantas cara meyakinkan HRD saat interview kerja seperti apa?

Pada kesempatan kali ini kami akan bagikan untuk Anda informasi lengkapnya terkait cara yang tepat dilakukan dalam meyakinkan HRD agar tidak bimbang dan menerima Anda sebagai karyawannya. Jadi simak informasi berikut ya!

Cara Meyakinkan HRD Saat Interview Kerja

1. Latihlah kemampuan wawancara Anda

Sebelum proses wawancara berlangsung, ada banyak hal yang perlu dilatih dan dipersiapkan. Salah satunya adalah kemampuan menjawab pertanyaan yang diajukan.

Ya, recruiter akan mengajukan beberapa pertanyaan. Anda yang diwawancarai harus menjawab pertanyaan yang diajukan tersebut dengan lancar. Karena itu sempatkan waktu untuk berlatih menjawab pertanyaan yang diajukan sebelum wawancara berlangsung.

Biasanya pertanyaan yang diajukan tak jauh – jauh dari alasan Anda memilih melamar di perusahaan tersebut, pengalaman kerja, skill yang dimiliki, dan pastinya apa yang Anda tahu tentang perusahaan tersebut. Jadi jangan lupa pelajari perusahaan yang akan Anda lamar dari berbagai sumber.

Anda bisa cari tahu di Google, melalui LinkedIn, situs perusahaan atau sosial media perusahaan itu sendiri. Lalu bagaimana kalau ditolak?

Jangan berkecil hati. Penolakan tidak harus membuat Anda benar – benar terpuruk. Jika merasa mendapatkan penolakan, baca : Tips Sikapi Lamaran Kerja Ditolak, Jangan Emosi Dulu!

Atau mau tahu alasan perusahaan menolak pelamar? Baca : 9 Alasan Lamaran Kerja Ditolak, Cek Dulu!

2. Buat impresi pertama yang baik

Impresi pertama merupakan hal yang penting ketika Anda baru bertemu orang baru. Impresi pertama ini tidak hanya akan berpengaruh terhadap bagaimana HRD atau recruiter menanggapi Anda, melainkan juga sekaligus memberikan gambaran tentang bagaimana HRD atau recruiter menilai personality Anda pertama kali.

Jadi pastikan beri impresi pertama yang baik. Gunakan pakaian yang sopan, rapi, bersih dan enak dipandang. Jangan lupa untuk bersikap yang baik juga.

3. Tunjukkan gesture atau bahasa tubuh yang mendukung

Dalam proses wawancara, bukan hanya bahasa verbal yang penting ditunjukkan melainkan bahasa tubuh juga tak kalah penting ditunjukkan.

Jangan lupa jabat tangan recruiter ketika bertemu, gunakan gerakan tangan yang nyaman ketika berbicara, dan pertahankan kontak mata dengan lawan bicara untuk menunjukkan bahwa Anda adalah tipe orang yang percaya diri.

Utamanya kalau Anda ingin melamar di bagian marketing atau bagian lain yang seringkali mengharuskan Anda berbicara atau berkomunikasi dengan client, bagian ini akan sangat dipertimbangkan oleh HRD.

Atau Anda merupakan lulusan Manajemen Pemasaran dan ingin mencari informasi pekerjaan yang sesuai dengan background pendidikan Anda? Baca : 9 Peluang Kerja Jurusan Manajemen Pemasaran dan Gajinya, Berapa Ya?

4. Tunjukkan pencapaian secara spesifik dan tawarkan solusi

Ketika diwawancara, tak jarang recruiter akan memberikan pertanyaan tentang suatu masalah atau kondisi. Anda yang diwawancara harus mampu memberikan solusi terbaik tentang suatu masalah atau kondisi yang dipertanyakan tersebut agar lebih meyakinkan HRD.

Anda bisa sampaikan gambaran konkrit berdasarkan pengalaman sehingga recruiter tahu bagaimana cara Anda menangani masalah jika terjadi di kemudian hari dan Anda menjadi karyawannya. Tunjukkan bahwa Anda adalah orang yang kritis, smart, bertanggung jawab, dan loyal lewat jawaban yang Anda berikan.

Itulah sedikit tips yang bisa Anda lakukan untuk meyakinkan kepada pihak HRD ketika sedang interview. Cara meyakinkan HRD saat interview kerja di atas bisa Anda praktekkan dan it works!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *