Contoh Program Pelatihan dan Pengembangan Karyawan yang Bisa Diterapkan Pada Perusahaanmu

by -318 views
contoh program pelatihan dan pengembangan karyawan

Memang tidak dapat dipungkiri jika karyawan menjadi aset penting sebuah perusahaan agar dapat semakin maju. Untuk itu, perusahaan perlu mendukung agar terciptanya karyawan yang berintegritas dan dapat memenuhi standar dan kualitas perusahaan.

Lalu, bagaimana mencapainya? Di titik inilah tim manajemen perlu bertindak untuk memberikan pelatihan pada karyawan agar tercapainya visi misi dalam menciptakan karyawan yang berkualitas yang dapat dicontoh dalam artikel ini.

Contoh Program Pelatihan dan Pengembangan Karyawan

Berikut ini ada beberapa contoh program pelatihan yang bisa dicontoh oleh tim manajemen perusahaanmu.

Memberikan Pelatihan Internal atau Eksternal

Setiap karyawan pasti memiliki skill yang berbeda-beda tapi umumnya untuk mengembangkan ilmu yang mereka miliki agar lebih dapat menguasai keahliannya dalam bekerja, rencana pelatihan dan pengembangan karyawan melalui program internal atau eksternal pun bisa dilakukan.

Kamu dapat mengadakan training sendiri dengan menghadirkan manajer atau orang yang sudah senior dalam perusahaan untuk berbagi ilmunya kepada para junior. Hal ini tentunya memakan lebih sedikit biaya.

Tapi jika tidak ada yang mampu, maka kamu pun bisa mengirimkan beberapa orang karyawan untuk ikut serta dalam training di luar perusahaan. Setelahnya mereka pun dapat berbagai ilmu tersebut pada rekan lainnya.

Memberikan Pendidikan Pada Karyawan

Jika kamu memiliki seorang karyawan berprestasi, maka kamu dapat menawarkannya Pendidikan sekolah lanjutan yang dibiayai oleh perusahaan. Hal ini bisa menjadi contoh program pelatihan dan pengembangan karyawan yang lebih fleksibel karena dapat memancing minat belajar dari karyawan.

Misalnya, jika karyawanmu hanya lulusan S1 maka perusahaan dapat memberinya sekolah S2 seperti program beasiswa. Agar tidak merasa dirugikan, kamu pun tetap bisa mengadakan perjanjian di mana setelah lulus karyawan tersebut tidak boleh mengundurkan diri dalam kurun waktu tertentu.

Mengadakan Program Magang Internal dan Eksternal

Dalam proses meningkatkan kualitas karyawan, pasti akan ada banyak pertanyaan tentang pelatihan dan pengembangan sdm. Kamu sebenarnya tidak perlu terlalu pusing karena media untuk mengembangkan pengetahuan karyawan ada banyak.

Salah satunya dngan program magang ini, di mana kamu bisa memilih beberapa orang untuk mengenali pekerjaan divisi lain selama waktu tertentu. Sedangkan untuk magang eksternal, kamu bisa mengirimkan pertukaran karyawan dengan perusahaan induk agar dapat merasakan bekerja di sana.

Program seperti ini tentunya cukup efektif untuk dilakukan karena selain dapat menjalin hubungan yang lebih baik dengan perusahaan induk, kamu pun dapat menambah skill dan kemampuan dari karyawanmu.

Mengadakan Job Enrichment

Salah satu rencana pelatihan dan pengembangan karyawan yang cukup efektif yaitu dengan job enrichment di mana seorang karyawan akan ditunjuk untuk ditambahkan tanggung jawabnya. Misalnya perusahaan memberikan kesempatan bagi seorang karyawan untuk mencoba bertanggung jawab pada tugas atasannya.

Itulah beberapa contoh program pelatihan dan pengembangan karyawan yang tidak sulit untuk dilakukan. Yuk, coba praktikkan agar perusahaan dapat berkembang dengan lebih baik bersama karyawan yang berprestasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *