Apa Itu Employee Self Service? Tren Kerja Amerika Tahun 2022

by -153 views
Employee Self Service

Seiring dengan perkembangan peradaban dan teknologi, semakin berkembang juga tren – tren yang diciptakan untuk membantu dan meringankan beban kerja manusia. Salah satunya adalah tren Employee Self Service yang bahkan sudah menjadi salah satu tren kerja Amerika di tahun 2022 ini.

Lantas, apa sih yang disebut sebagai Employee Self Service?

Pada kesempatan kali ini kami akan bagikan informasi lengkap dan menariknya untuk Anda terkait apa yang dimaksud dengan Employee Self Service. Let’s check these out!

Employee Self Service Adalah

Apa yang dimaksud dengan Employee Self Service?

Jadi Employee Self Service atau ESS adalah suatu sistem atau mekanisme pendataan yang diberikan kepada karyawan oleh sebuah perusahaan, instansi atau tempat kerja lain untuk memudahkan urusan karyawan dalam berbagai kepentingan mulai dari absensi, pengajuan cuti, slip gaji dan sebagainya.

Dengan adanya mekanisme Employee Self Service, setiap karyawan bisa lebih mandiri dalam mengurus kepentingan dirinya sendiri yang menyangkut pekerjaan sehingga kinerja HR juga terbantu.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan pemberlakukan Employee Self Service, apa saja?

Manfaat Employee Self Service

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari diterapkannya mekanisme employee self service di antaranya yaitu :

1. Mendisiplinkan karyawan

Karena bertugas untuk mendata dirinya sendiri, oleh karenanya karyawan bisa lebih disiplin dengan metode employee self service yang diterapkan ini.

Contohnya metode employee self service yang diterapkan pada mekanisme pendataan kehadiran karyawan atau absensi. Karena biasanya menggunakan sistem pendataan secara sistematis, maka karyawan akan berusaha absensi tepat waktu dimanapun ia berada.

Bahkan ketika berhalangan hadir namun menyelesaikan tugasnya, mereka juga jadi bisa mengerjakan tugasnya dimanapun mereka berada termasuk jika memang harus work from home absensi tetap dapat dilakukan.

Adakah di antara Anda yang masih menerapkan sistem kerja work from home sampai sekarang? Bagi Anda yang masih bekerja work from home dan ingin menyesuaikan diri dengan mekanisme kerja work from home, baca : Cara Mengatur Waktu Kerja Work From Home

2. Lebih bertanggung jawab terhadap gaji

Melalui ESS, setiap karyawan bisa tahu gaji mereka mengalami kenaikan atau stuck. Jika karyawan merasa gaji yang sudah didapatkan kurang pantas, maka mereka bisa menjadikan informasi gaji tersebut sebagai bahan konsultasi dengan atasan atau HR.

Dengan adanya slip gaji, karyawan juga bisa menjadi lebih mandiri dalam mengatur setiap pendapatannya. Karyawan pun dapat memprediksikan sendiri kapan gajinya harus mengalami kenaikan dan atau menargetkan apakah perlu lembur atau tidak untuk mendapatkan kenaikan gaji dalam tempo cepat sebelum adanya keputusan kenaikan gaji dari atasan.

3. Pengajuan cuti yang mudah

Mekanisme self service bagi karyawan ini membuat pengajuan cuti pun jadi lebih mudah. Terlebih jika berada dalam kondisi mendesak. Karyawan tidak perlu repot mengurusi perizinan atau mendatangi kantor langsung untuk memasukkan berkas cuti karena mereka bisa membuka sistem yang tersedia dan mengajukan cuti online dari sana.

Jika alasannya jelas izin cutinya untuk apa, maka perusahaan juga dapat memproses izin cuti tersebut dengan lebih cepat. Penanganan atas perizinan cuti yang masuk ke data perusahaan juga lebih tersistematis, dan terarah.

4. Mendapatkan informasi tentang perusahaan dengan lebih mudah

Selain absesi yang harus dilakukan di mana saja, semua karyawan juga harus mendapatkan informasi tentang perusahaan sehingga jika ada yang diingintahukan tentang perusahaan, karyawan bisa mengakses informasinya tanpa merasa kesulitan.

Nah, informasi tersebut bisa didapatkan karyawan secara real time dengan program ESS yang dihadirkan. Tentu hal ini menjadi sangat membantu karyawan kapan pun dan dimanapun mereka membutuhkan informasi.

5. Membantu tugas HR dalam membuat jadwal shift kerja

Manfaat lainnya dari program Employee Self Service adalah bahwa tugas HR bisa lebih ringan dalam mengatur jadwal shift kerja. Utamanya perusahaan dengan jumlah karyawan yang sampai ribuan tentu membuat jadwal shift kerja cukup PR dan dengan program ESS semuanya jadi lebih mudah.

Meski tugas HR memang tidak mudah dan cukup berat, banyak orang yang nyatanya ingin menempati posisi sebagai HR. Mungkin Anda pun salah satunya?

Jika ada di antara Anda yang ingin menjadi HR, apa sajakah skill yang harus dimiliki HR? Baca : Skill Profesional yang Wajib Dimiliki HRD, Sudahkah Anda

Demikian sedikit informasi yang kami dapat bagikan terkait apa yang dimaksud dengan employee self service. Semoga apa yang kami bagikan kali ini menjadi informasi yang inspiratif dan menambah informasi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *