Inilah Inspirasi Desain Interior Kantor Impian Anda

by -96 views

Desain interior kantor seperti apa yang cocok untuk kantor Anda? Desain interior kantor yang tepat bisa meningkatkan citra perusahaan. Jika Anda mengunjungi sebuah kantor, kesan pertama akan terlihat dari desain interiornya. Selain itu, desain interior yang menarik bisa meningkatkan semangat kerja, lho. Perusahaan juga bisa menampilkan budaya kerja di perusahaan melalui interior tertentu.

Lebih lengkapnya, akan dibahas mengenai desain interior kantor dalam tulisan berikut ini.

Faktor Penting Desain Interior Kantor

Sebelum memilih desain interior kantor untuk perusahaan, Anda perlu memerhatikan tujuan pengaturan desain interior sesuai anggaran dan kebutuhan perusahan.

Menurut Rayfield (1997), inspirasi desain kantor harus menjawab tiga pertanyaan mendasar:

  • Apa yang dimiliki perusahaan?
  • Apa yang dibutuhkan perusahaan?
  • Pendekatan apa yang sesuai bagi perusahaan dalam jangka panjang?

Setelah itu, perusahaan dapat menentukan desain interior kantor seperti apa yang sesuai kebutuhan.

Berikut ini adalah faktor penting dalam menentukan desain interior kantor:

1. Citra Perusahaan

Pastikan Anda memahami citra seperti apa yang ingin ditampilkan oleh perusahaan. Warna, logo, material, dan perabot yang dipilih sebaiknya sesuai dengan identitas, visi, dan misi perusahaan. Misalnya, kantor pabrik akan cocok menerapkan desain interior minimalis.

2. Pencahayaan

Pencahayaan yang baik sangat penting untuk menunjang produktivitas karyawan. Lebih baik lagi jika menggunakan pencahayaan alami dari pantulan sinar matahari melalui dinding kaca. Baru kemudian ditambah dengan lampu LED hemat energi.

3. Warna dan Material Bangunan

Pemilihan warna dan material bangunan sangat memengaruhi suasana kantor. Pastikan warna dan material bangunan yang digunakan sudah sesuai citra dan anggaran perusahaan. Contoh paling umum adalah kantor pabrik yang umumnya menggunakan warna putih dan material kedap air.

4. Tata Letak Ruang & Perabot

Setiap ruang di dalam kantor usahakan agar tepat guna. Misalnya, ada ruang terbuka untuk berkolaborasi antardivisi kantor. Ruang tersebut bisa dilengkapi dengan perabot pendukung seperti meja, kursi, perangkat elektronik, dan dekorasi seperti hiasan dinding atau tanaman hias.

Inspirasi Desain Interior Kantor

Ada banyak inspirasi desain kantor yang bisa Anda terapkan. Mulai dari desain interior minimalis, bernuansa alam, sampai desain interior klasik. Berikut contohnya:

1. Minimalis

Desain interior minimalis didominasi warna monokrom, warna cerah. Tata ruangnya pun terbuka, ada aksen garis dan simbol, serta memiliki pencahayaan alami.

2. Nuansa Alam

Desain interior alam didominasi material batu, tanaman hias, dan kayu. Biasanya dilengkapi dengan ruang rekreasi seperti taman hijau terbuka.

3. Klasik

Desain interior klasik menggunakan perabot tua dari besi, beton, logam, dan kayu. Bisa juga ditambahkan unsur seni dan budaya tertentu.

4. Warna-warni

Desain interior warna-warni menggunakan warna mencolok, lukisan, dan mural. Bisa juga dilengkapi dengan akases permainan interaktif.

Kesimpulan

Desain interior kantor menentukan citra perusahaan dan kesan pertama bagi setiap pengunjung. Dalam menentukan desain interior, diperlukan analisis mengenai karakter, kebutuhan, dan keinginan perusahaan.
Jika sudah mantap menentukan tujuan, maka terdapat inspirasi desain interior kantor yang bisa dipilih.

Beberapa diantaranya adalah desain interior kantor minimalis, klasik, bernuansa alam, dan desain interior warna-warni.

Dalam proses menentukan desain interior kantor, Anda dapat berkonsultasi pada ahlinya. Misalnya praktisi desain interior, yang bisa membantu mewujudkan interior kantor impian Anda.

Itulah penjelasan singkat mengenai inspirasi desain interior kantor dan contohnya. Semoga bermanfaat, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *