Salah satu kemampuan yang cukup sering dicari yah itulah leadership. Sederhananya leadership adalah kemampuan yang menunjukkan tingkat kepemimpinan dari seseorang. Keterampilan Leadership sangat dibutuhkan dalam perusahaan.
Akan tetapi skill ini tidak dapat dimiliki oleh semua orang. Leadership adalah fungsi manajemen yang bertujuan untuk mengarahkan, mempengaruhi, dan memotivasi orang lain untuk melaksanakan tanggung jawabnya sesuai dengan yang direncanakan demi tercapainya sasaran dan tujuan organisasi.
Dalam buku Menuju Keberhasilan, Manajemen dan Kepemimpinan oleh Hamzah Zakub, leadership dihubungkan dengan mengkoordinasi orang-orang yang terlibat dalam usaha bersama.
Sementara menurut Nasharuddin Baidan dan Erwati Aziz pada buku Etika Islam dalam Berbisnis, leadership diartikan sebagai bagian dari fungsi manajemen yang menduduki posisi strategis dalam sistem dan tanggung jawab pada sebuah organisasi.
Dikutip dari Ir Agustinus Hermino dalam buku Kepemimpinan Pendidikan di Era Globalisasi, leadership memainkan peranan kritis dalam membantu kelompok organisasi, atau masyarakat untuk mencapai tujuan.
Dalam dunia kerja leadership skill adalah kemampuan kepemimpinan yang sangat penting, terutama dalam mengelola anggota tim. Secara umum kemampuan ini juga terdiri dari beberapa skill seperti: Komunikasi, Integritas, Relationship building, Problem-solving, Pengambilan keputusan, Manajemen konflik dll.
Dua Aspek Fungsi Kepemimpinan
- Fungsi administrasi, yaitu mengadakan perumusan berkaitan dengan kebijakan administrasi serta turut menyediakan fasilitasnya.
- Fungsi sebagai top manajemen, yaitu mengadakan Planning, Organizing, Actuating, Controlling, dsb.
Nah, supaya tidak salah dalam menerapkan skill leadership di organisasi kita, perlu dipelajari tentang jenis-jenis leadership. Hal ini untuk memastikan bahwa keputusan dan setiap strategi berjalan sesuai dengan visi misi Perusahaan atau organisasi.
Inilah 9 Jenis Leadership yang Harus Kalian Cermati dan Pahami
1. Essential Leadership
Jenis leadership yang satu ini memperlihatkan sikap seorang pemimpin yang memiliki mental dan pola pikir kepemimpinan yang tepat. Selain itu, juga mampu menunjukkan sikap dan perilaku yang mampu memotivasi anggota tim lainnya untuk memberikan kinerja terbaik yang mereka punya.
2. Exponential Leadership
Exponential leadership adalah suatu sikap yang dimiliki oleh seorang pemimpin yang mampu memberdayakan anggota timnya untuk membantu perkembangan bisnis yang lebih sukses di masa depan.
3. Business Leadership
Sikap yang satu ini memperlihatkan kemampuan seorang pemimpin dalam berpikir secara strategis, dan juga mampu melakukan kontrol atas jalannya proses eksekusi dalam bisnis. Tujuannya adalah agar bisa meningkatkan keuntungan usaha baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
4. Organizational Leadership
Jenis leadership yang ini menunjukkan sikap seorang pemimpin yang mampu mengelola dan merancang kembali timnya apabila diperlukan untuk meningkatkan akselerasi dalam pencapaian tujuan bisnis.
5. Team Leadership
Team leadership termasuk dalam jenis-jenis leadership yang ditunjukkan oleh seorang pemimpin dalam mengatasi berbagai tantangan dan halangan yang mungkin datang dalam proses meraih target bisnis.
Tantangan ini bukan hanya yang datang dari luar, melainkan juga yang datang dari sisi intern anggota tim, seperti permasalahan pribadi, emosi, strategi pribadi, dan sejenisnya.
Selain itu, ada juga berbagai gaya leadership yang sering ditemui dalam operasional suatu bisnis atau perusahaan, yaitu:
1. Demokratis
Dalam gaya leadership ini, umumnya pemimpin akan memutuskan segala sesuatu dengan tetap mempertimbangkan seluruh pendapat dari semua anggota tim.
2. Autokratis
Gaya leadership autokratis dilakukan dengan memutuskan segala sesuatu tanpa meminta atau mempertimbangkan pendapat dari anggota tim lainnya.
3. Transformational
Dalam gaya leadership transformational, seorang pemimpin biasanya ingin untuk melakukan perubahan dengan cara membalikkan keadaan untuk meraih keuntungan yang lebih banyak.
4. Transaksional
Gaya leadership seperti ini maksudnya adalah pemimpin akan lebih mengutamakan kinerja tim dengan melakukan tugas sesuai dengan job desk masing-masing dan tidak ingin melakukan perubahan atas kondisi yang sudah stabil.
Nah, kalau kalian jenis Leadership yang mana?