Jenis-jenis Pelatihan dan Pengembangan SDM yang Cocok Diterapkan Oleh Perusahaan Agar Kualitas Karyawan Semakin Baik

by -581 views
jenis - jenis pelatihan dan pengembangan sdm

Perusahaan yang hebat pasti didukung oleh karyawan yang berkualitas. Sehingga dapat menghasilkan prestasi yang baik. Namun, hal tersebut perlu didukung dengan adanya SDM atau sumber daya manusia yang memadai dan juga berkualitas.

Tapi jangan lupa, kalau perusahaan lain pun berusaha untuk meningkatkan SDM-nya setiap hari. Makanya, kamu pun jangan sampai ketinggalan. Yuk, ajak manajemen untuk meningkatkan kualitas SDM yang ada dengan jenis-jenis pelatihan dan pengembangan sdm berikut ini.

Meningkatkan Keahlian Setiap Karyawan

Dalam bekerja, skill atau keahlian memang sangat penting untuk dimiliki oleh setiap karyawan. Namun, sering kali kesibukan bekerja membuat karyawan kesulitan memperbaharui keahliannya. Dengan metode pelatihan dan pengembangan sdm seperti ini dapat menambah dan memperbaharui keahlian yang dimiliki karyawan.

Mengadakan Training Lintas Tim

Memang ada banyak jenis jenis pelatihan dan pengembangan sdm tapi akan lebih menarik minat karyawan untuk lebih semangat belajar yaitu dengan mengadakan pelatihan ;lintas tim. Kamu dapat mengajak karyawan untuk mempelajari keahlian di luar pekerjaan hariannya.

Misalnya tim manajemen mempelajari cara kerja tim marketing dan sistemnya. Tentunya hal seperti ini bisa membuatmu menemukan keahlian tersembunyi dari setiap karyawan.

Mengadakan Pelatihan Kreativitas

Pasti kamu memiliki pertanyaan tentang pelatihan dan pengembangan sdm yang dirasa tidak ada hubungannya dengan kreativitas, tapi nyatanya perkembangan dunia menuntut setiap perusahaan yang ingin berkembang agar terus berinovasi. Inovasi ini tidak terlepas dari kreativitas dari SDM yang ada.

Ide-ide unik, gila, dan menarik sering kali dibutuhkan agar perusahaan tetap dapat bertahan di tengah persaingan. Untuk itu, kamu perlu mengadakan pelatihan kreativitas ini agar karyawan terbiasa berpikir kreatif.

Melatih Kemampuan Berbahasa

Bahasa menjadi salah satu factor kesuksesan dalam berkomunikasi. Makanya, metode pelatihan dan pengembangan sdm yang satu ini harus dikembangkan. Nyatanya walaupun kita telah menguasai bahasa Inggris namun masih banyak karyawan yang belum percaya diri berkomunikasi dengan bahasa internasional ini.

Untuk itu, kamu pun perlu melatihnya dengan menambahkan pengetahuan terkait bahasa. Atau kamu pun dapat mengadakan program English Day di mana pada hari tersebut semua karyawan perlu berbahasa Inggris. Dengan begitu rasa percaya diri pun dapat semakin bertambah.

Selain bahasa Inggris, kamu pun dapat meningkatkan skill karyawan dengan memberikan kursus bahasa asing lainnya seperti Mandarin atau bahasa lainnya sesuai partner perusahaan atau pun klien.

Itulah beberapa jenis jenis pelatihan dan pengembangan sdm yang bisa kamu terapkan pada perusahaan. Hal ini memang sangat penting dilakukan agar setiap karyawan dapat meningkatkan potensi dirinya dan mampu bekerja dengan lebih maksimal.

Karyawan yang ilmunya terus berkembang, perusahaan juga yang akan merasakan manfaatnya. Di mana hasil kerja maksimal mampu meningkatkan kualitas perusahaan dan dapat terus bersaing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *