Jenis-jenis Training Karyawan yang Ada Pada Perusahaan

by -191 views
Jenis-jenis Training Karyawan

Pelatihan karyawan, menjadi suatu kegiatan yang penting untuk dilakukan agar perusahaan mampu menciptakan karyawan yang terampil, berkualitas dan profesional. Ada banyak jenis-jenis training karyawan yang dilakukan oleh perusahaan, baik secara internal ataupun secara eksternal, tentu program pelatihan karyawan ini menjadi salah satu kegiatan yang selalu diadakan setiap tahunnya.

Tujuan Training Karyawan

Pada dasarnya, pelatihan karyawan memiliki tujuan untuk menciptakan karyawan berdaya saing unggul dan memberi kontribusi baik pada perusahaan. Adapun tujuan training karyawan secara lebih jelasnya adalah untuk melatih ilmu pengetahuan, kemampuan, dan sikap.

  1. Ilmu Pengetahuan (Knowledge)

Pelatihan ilmu pengetahuan ini sangat penting agar karyawan bisa tahu apa yang harus dikerjakan untuk menyelesaikan pekerjaannya.

  1. Kemampuan Diri (Skill)

Pelatihan kemampuan diri penting agar para karyawan bisa melakukan pekerjaan dengan mudah dan terampil, serta memenuhi deadline yang diberikan.

  1. Karakter dan Sikap (Attitude)

Pelatihan karakter dan sikap diharapkan perusahaan mampu memiliki karyawan dengan karakter yang kuat, profesional dan sikap yang ramah dan bersahaja.

Jenis-jenis Training Karyawan

Setiap program pelatihan karyawan, tentu akan sama-sama memberikan manfaat yang luar biasa untuk kamu sebagai seorang karyawan pada suatu perusahaan. Apa saja jenis-jenis pelatihan karyawan yang diterapkan oleh perusahaan?

  1. Onboarding Training

Jenis pelatihan yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan baru yang akan bekerja pada perusahaan tersebut, contoh program pelatihan karyawan pada jenis onboarding ini adalah, pengenalan perusahaan, struktur organisasi perusahaan, aturan dan norma yang berlalu di perusahaan, tujuan, visi dan misi perusahaan serta pengenalan karyawan di perusahaan.

  1. Soft Skill Training

Pelatihan soft skill pada karyawan, menjadi hal penting guna menjadikan karyawan lebih siap dalam menghadapi pekerjaan dan hal tidak terduga yang datang secara tiba-tiba. Program pelatihan pada pelatihan soft skill ini meliputi, karakter kepemimpinan, kemampuan komunikasi dan public speaking, teknik problem solving, sikap dan etika dalam bekerja, bekerja secara individu dan kelompok, dan kecerdasan emosional.

  1. Hard Skill Training / Skill Teknis

Pelatihan ini dilakukan untuk menciptakan karyawan yang memiliki kemampuan pada hal-hal teknis yang berhubungan dengan mesin atau teknologi pada pekerjaannya, contohnya adalah kemampuan pada bidang IT, programming, editing, content creator dan penulis artikel.

  1. Career Training

Pelatihan karir yang dijalankan oleh karyawan adalah salah satu bentuk persiapan diri untuk melangkah pada jenjang karir yang lebih tinggi dan lebih luas. Pelatihan karir ini dibentuk agar karyawan bisa langsung menyesuaikan diri dengan pekerjaan terbarunya.

  1. Pelatihan Bahasa

Pelatihan bahasa biasanya dilakukan agar karyawan bisa melakukan pekerjaan dengan baik tanpa keterbatasan bahasa yang digunakan, setidaknya karyawan mampu menguasai bahasa internasional secara aktif baik secara lisan ataupun tulisan.

Itulah sekilas mengenai jenis-jenis training karyawan yang dilakukan pada suatu perusahaan, jika kamu menjadi salah satu karyawan yang akan menjalankan program pelatihan, maka pelajarilah dengan sungguh-sungguh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *