Supaya Tidak Bingung, Ada 4 Jenis Program Pelatihan dan Pengembangan Karyawan

by -264 views
Program pelatihan dan pengembangan karyawan

Program pelatihan dan pengembangan karyawan dimaksudkan perusahaan untuk meningkatkan kinerja SDM (Sumber Daya Manusia) yang bekerja dibawah naungan perusahaan tersebut. Dengan adanya program pelatihan dan upaya pengembangan tersebut, tentu diharapkan karyawan dapat memiliki tanggung jawab, rasa cinta atau loyalitas dan kedisiplinan tinggi terhadap perusahaan.

Kemampuan, sikap, pengetahuan, keahlian dan juga perilaku spesifik terkait pekerjaan akan dimaksimalkan dalam program tersebut. Apa saja jenis program yang hadir sebagai model pelatihan dan pengembangan karyawan? Di sini kita akan membahasnya!

Program Pelatihan dan Pengembangan Karyawan

Berikut beberapa jenis program pelatihan dan pengembangan untuk karyawan yang diberikan oleh perusahaan di antaranya :

1. Magang

Magang merupakan suatu bentuk atau suatu metode pengembangan dan pelatihan sumber daya manusia yang memungkinkan bagi para pesertanya untuk mengikuti serangkaian aktivitas yang dijalankan oleh karyawan pada posisi tertentu.

Namun mereka yang magang bukan berarti akan menjadi karyawan perusahaan tersebut. Melainkan orang yang magang dilatih untuk menduduki suatu posisi perusahaan dan biasanya tidak terikat kerja dengan perusahaan tersebut.

Namun jika kemudian hari perusahaan membutuhkan tambahan karyawan maka biasanya mereka yang pernah magang di perusahaan tersebut yang akan diutamakan.

2. On the job training

Program ini hadir dengan tujuan untuk memberikan motivasi lebih tinggi lagi bagi setiap peserta yang ikut training. Peserta biasanya akan diposisikan pada sebuah situasi atau tempat kerja yang sebenarnya.

Jadi jika seorang peserta training melakukan kesalahan, maka kesalahan tersebut akan berpengaruh terhadap kinerja perusahaan karena orang yang berada di fase on the job training menghandle posisi yang sebenarnya diperusahaan.

3. Simulasi

Metode pengembangan sumber daya manusia yang satu ini memanfaatkan mesin – mesin atau peralatan pada kondisi lingkungan tertentu yang dibuat sama atau sesuai dengan situasi kerja yang sebenarnya.

Mesin, kondisi dan alat yang dibuat merupakan suatu bentuk tiruan dari keadaan yang sebenarnya. Sebagai contoh simulasi adalah seorang calon penerbang yang dibuatkan simulasi pesawat terbang sesuai dengan kondisi sebenarnya.

Biasanya untuk pekerjaan – pekerjaan yang beresiko, proses training atau pelatihannya dengan simulasi. Dengan begitu peserta bisa merasakan seolah sedang berada pada kondisi yang sebenarnya dan lebih menguasai kondisi kerja yang sebenarnya dalam simulator yang dibuat.

4. Job rotation

Peserta pengembangan dan pelatihan SDM nantinya dimutasikan secara berkala ke unit kerja atau jabatan lain. Sehingga peserta pelatihan dapat memperoleh pengetahuan dan juga kemampuan tentang sebuah perusahaan secara menyeluruh.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan memberikan program pelatihan dan pengembangan terhadap karyawan. Apa saja? Baca : Tingkatkan Kualitas Karyawan, 5 Manfaat Pelatihan dan Pengembangan SDM Internasional

Dengan semua manfaat yang diberikan, program pelatihan dan pengembangan karyawan ada dengan maksud dan tujuan tertentu. Apa saja?

Tujuan Program Pelatihan dan Pengembangan Karyawan

1. Knowledge atau ilmu pengetahuan

Karyawan yang dilatih atau dibina oleh sebuah perusahaan dengan metode training yang dihadirkan diharapkan bisa mendapatkan suatu ilmu pengetahuan yang cukup untuk mengerjakan berbagai tugas yang diberikan.

2. Kemampuan atau skill

Karyawan yang baru dilatih diharapkan dapat dan memiliki kemampuan untuk melakukan suatu tugas ketika nantinya sudah benar – benar ditempatkan pada posisi pekerjaan. Dengan begitu kesalahan dalam mengerjakan tugas bisa diminimalisir.

3. Penentuan sikap atau attitude

Setelah pelatihan kerja dilakukan, karyawan baru atau calon karyawan baru yang berada dalam masa training diharapkan untuk memiliki minat dan kesadaran atas pekerjaan yang nantinya akan dilakukan sehingga sikap dan attitudenya sesuai dengan yang diharapkan perusahaan.

Program pelatihan dan pengembangan karyawan dalam sebuah perusahaan dibagi atau dijalankan dalam beberapa tahapan. Mengenai tahapannya apa saja, baca : Tahap Pelatihan dan Pengembangan SDM di Perkantoran

Jadi bagi Anda pemilik sebuah perusahaan, pastikan investasikan dana untuk memberikan program pelatihan dan pengembangan juga untuk karyawan di perusahaan yang Anda punya.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat bagikan terkait program untuk karyawan yang perlu dihadirkan oleh sebuah perusahaan demi kemajuan perusahaan. Semoga menjadi informasi yang membawa manfaat dan menginspirasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *