7 Cara Menjawab Pertanyaan Kenapa Saya Harus Memilih Anda [Teruji]

by -2,242 views
Kenapa saya harus memilih Anda

Kenapa saya harus memilih Anda – Ketika melamar kerja dan memasuki fase interview kerja, Anda akan diberi cukup banyak pertanyaan salah satunya adalah pertanyaan tentang kenapa saya harus memilih Anda.

Hal yang kemudian perlu dipersiapkan adalah jawaban atas pertanyaan tersebut agar dinilai meyakinkan dan HRD mempertimbangkan untuk menjadikan Anda kandidat terkuat sebagai karyawan di perusahaan yang Anda lamar.

Berikut beberapa strategi menjawab pertanyaan kenapa saya harus memilih Anda. Let’s check these out!

7 Cara Menjawab Pertanyaan Kenapa Saya Harus Memilih Anda

Dalam proses wawancara kerja, seringkali HRD akan menanyakan pertanyaan ‘kenapa saya harus memilih Anda’. Lantas bagaimana strategi yang tepat untuk menjawab pertanyaan tersebut?

1. Menjabarkan keahlian dan keterampilan

Setiap perusahaan pasti butuh karyawan yang memiliki keterampilan dan keahlian mumpuni. Jadi jika mendapat pertanyaan ‘kenapa saya harus memilih Anda’ dari HRD, maka Anda bisa menjawab dengan menjabarkan keahlian atau keterampilan yang Anda punya.

Contoh jawabannya sebagai berikut :

“Saya memiliki keterampilan mengetik dengan cepat. Saya mampu mengetik 30 kata per menit dan saya yakin keterampilan saya ini mampu mendukung posisi kerja yang saya lamar”.

Jadi ungkapkan keterampilan dan keahlian Anda yang masih relevan dengan bidang kerja yang dilamar.

2. Jelaskan pengalaman kerja Anda

Pengalaman kerja pada beberapa perusahaan menjadi tolak ukur utama untuk menerima seorang karyawan. Jadi jelaskan terkait pengalaman kerja Anda tersebut jika ditanya ‘kenapa saya harus memilih Anda’.

Berikut contoh jawabannya :

“Sebagaimana yang saya sudah lampirkan pada portofolio bahwa saya berpengalaman di bidang kerja yang saya lamar selama 5 tahun. Karena itu saya sangat percaya mampu bergabung dan berkontribusi dengan perusahaan ini”.

3. Jelaskan background pendidikan Anda

Pastikan background pendidikan Anda sesuai dan jika ditanya pertanyaan ‘kenapa saya harus memilih Anda’ maka Anda bisa menjawab dengan menjelaskan tentang background pendidikan Anda tersebut.

Contoh jawabannya sebagai berikut :

“Saya lulus dari jurusan S1 Akuntansi Manajemen di tahun 2020 lalu. Dengan background pendidikan saya, saya yakin mampu menjalankan tugas sebagai akuntan di perusahaan ini dan bekerjasama dengan akuntan lainnya atau menggantikan tugas akuntan sebelumnya yang resign”.

4. Jelaskan keunikan Anda

Biasanya tak hanya satu orang saja yang mengajukan lamaran kerja, tapi banyak. Dengan demikian, saingan untuk mendapatkan suatu posisi yang sama juga sangat banyak. Karena itu salah satu cara efektif meyakinkan HRD adalah menjelaskan keunikan Anda.

Contohnya :

“Mengapa saya termasuk kandidat yang sangat sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan? Tentunya karena salah satunya saya sudah mengantongi sertifikasi keahlian akuntansi SAK dan saya juga menjadi salah satu akuntan terbaik se-Jawa Timur yang dibuktikan dengan sertifikasi tersebut”.

Agar bisa menjawab pertanyaan HRD dengan tepat, baca juga : Tips Lolos Interview Kerja Paling Ampuh

5. Hindari jawaban – jawaban klise

Ketika mendapat pertanyaan ‘kenapa saya harus memilih Anda’, ada beberapa jawaban juga yang harus dihindari salah satunya adalah jawaban – jawaban yang terkesan klise karena jawaban semacam itu mengambang.

Contoh jawaban yang tidak mengesankan jawaban klise seperti :

“Saya pribadi merupakan seseorang dengan rasa penasaran tinggi dan suka belajar hal baru. Tentu hal ini akan sangat berguna dan membantu pekerjaan saya nantinya terlebih karena saya melamar sebagai Data Scientist yang notabennya membutuhkan jiwa penasaran tinggi karena harus belajar dan beradaptasi dengan hal – hal baru seiring berjalannya waktu”.

6. Sampaikan apa yang belum dicantumkan di CV

CV atau Curriculum Vitae berisikan informasi pelamar. Nah, ada baiknya ketika ditanya ‘Kenapa saya harus memilih Anda’ atau ‘Kenapa saya harus menerima Anda’, Anda berikan jawaban yang belum Anda sampaikan di CV.

Namun pastikan juga bahwa CV Anda sudah melampirkan semua data yang dibutuhkan secara jelas dan detail. Poin – poin apa saja yang harus ada di CV? Baca : Poin yang Harus Ada di Curriculum Vitae Untuk Melamar Kerja, Apa Saja?

7. Tunjukkan portofolio atau hasil karya Anda

Cara lain yang bisa jadi jawaban jika ditanya dengan pertanyaan mengapa HRD harus memilih Anda adalah dengan menunjukkan portofolio Anda. Pastikan sertakan portofolio yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar agar menjadi nilai plus untuk dipertimbangkan.

Contohnya :

“Sebagaimana yang sudah saya lampirkan bahwa saya memiliki keahlian berbahasa Inggris yang mumpuni dan dibuktikan dengan sertifikat TOEFL dan sertifikat lainnya dalam surat lamaran kerja. Saya yakin saya mampu membuktikan bahwa portofolio saya dibutuhkan berkaitan dengan bidang pekerjaan yang saya lamar”.

Baca juga : Strategi Tepat Menjawab Pertanyaan HRD ‘Mengapa Perusahaan Harus Menerima Anda?’

Itulah sedikit informasi yang kami dapat sampaikan terkait bagaimana cara menjawab pertanyaan kenapa saya harus memilih Anda. Semoga menjadi jawaban yang membawa manfaat dan inspiratif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *