Cara Menjaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kerja

by -106 views

Bagaimana kesehatan mental di lingkungan kerja? Sebuah perusahaan dapat beroperasi dengan baik jika didukung dengan lingkungan kerja yang sehat. Salah satu faktor lingkungan kerja yang sehat adalah adanya jaminan kesehatan mental selama bekerja. Hal ini penting sebab karyawan juga membutuhkan dukungan sosial dari rekan kerja dan perusahaan.

Menurut Sandy Ardiansyah dkk (2022) dalam Kesehatan Mental, kesehatan mental di lingkungan kerja sangat mungkin terjadi. Sebab, selain sebagi tempat mencari nafkah, lingkungan kerja juga memicu stres diantara pekerja.
Bagaimana kesehatan mental di lingkungan kerja yang baik, dan bagaimana cara menjaga kesehatan mental? Simak artikel berikut ini.

Apa itu Kesehatan Mental?

Kesehatan mental adalah kondisi emosional, psikologis, cara berpikir, perasaan, dan pola interaksi seseorang.
Menurut Kartono (1989), seseorang dikatakan sehat secara mental jika mampu bertindak dengan efisien, memiliki konsep diri yang sehat, dan memiliki regulasi diri yang baik. Sehingga, orang tersebut mampu mengabil keputusan, bersikap, dan menangani permasalahan dengan tenang.

Sedangkan menurut Marie Johanda, seseorang termasuk sehat mental jika memiliki persepsi yang baik, tidak menyimpang, memiliki empati sosial, dan memiliki kepekaan sosial.

Cara Menjaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kerja

Setelah Anda mengetahui definisi kesehatan mental secara teoritis, mari simak cara menjaga kesehatan mental di lingkungan kerja. Cara-cara di bawah ini bisa disesuaikan dengan situasi dan kebutuhan Anda di dunia kerja. Berikut cara-caranya:

1. Temukan Dukungan Sosial

Dukungan dalam bentuk apapun, sangat penting bagi kesehatan mental Anda. Misalnya, di lingkungan kerja, Anda bisa meminta bantuan rekan kerja. Anda juga bisa bercerita dengan keluarga dan orang yang Anda percaya mengenai keseharian Anda.

2. Jaga Pola Makan Sehat

Kesehatan mental dan kesehatan fisik sama pentingnya, Konsumsi buah, sayur, dan makanan kaya protein, lemak nabati, dan karbohidrat untuk menunjang kesehatan Anda.

3. Aktif Berolahraga

Anda bisa memulai kebiasaan berolahraga untuk menguatkan fisik dan meningkatkan semangat Anda. Karena penyebab mager akibat enggan bergerak untuk mengawali hari.

4. Seimbangkan Waktu Bekerja dan Waktu Beristirahat

Segala sesuatu yang berlebihan tidak baik. Work life balance adalah kunci kesehatan mental di lingkungan kerja.

5. Tidur Cukup

Idealnya, waktu tidur orang dewasa adalah 7-9 jam sehari. Jika Anda ingin meningkatkan kesehatan mental Anda, mulailah dari kebiasaan tidur cukup.

6. Lakukan Hobi

Selain bekerja, pastikan Anda memiliki hobi atau kesibukan yang positif bagi kesehatan mental.

7. Luangkan Waktu Untuk Bersosialisasi

Manusia adalah makhluk sosial. Luangkan waktu untuk bercengkrama dengan keluarga dan teman terdekat. Hal ini baik bagi kesehatan mental Anda.

8. Bersyukur

Bersyukur memang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Namun, dengan bersyukur, Anda akan menemukan ketenangan batin, lebih dekat kepada Tuhan, dan meningkatkan kesehatan mental.

Kesimpulan

Kesehatan mental adalah kondisi psikologis dan kondisi pikiran seseorang. Orang yang sehat mental berarti mampu mengelola diri dengan baik, memiliki persepsi yang tidak menyimpang, mampu berinteraksi dengan baik, dan mampu menangani permasalahan dengan tenang.

Kesehatan mental di lingkungan kerja sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Lingkungan kerja dianggap sebagai sumber stres dan lelah bagi pekerja. Jika kesehatan mental terganggu, akan sulit untuk menyelesaikan pekerjaan.

Untuk itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental di lingkungan kerja. Yakni mencari dukungan emosional, hidup sehat, dan bersyukur. Itulah penjelasan mengenai cara menjaga kesehatan mental di lingkungan kerja. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *