Apa itu Knowledge Management System? Definisi dan Tujuan

by -642 views
Knowledge Management System adalah

Apa yang dimaksud dengan Knowledge Management System? Knowledge Management System adalah suatu sistem di dalam perusahaan yang hadir dengan tujuan tertentu bagi kelangsungan hidup perusahaan jangka panjang.

Selengkapnya tentang apa itu Knowledge Management System bisa Anda simak dalam informasi lengkap berikut ini!

Knowledge Management System Adalah

Knowledge management system adalah serangkaian alat, metode atau pun strategi yang digunakan untuk menganalisis, mempertahankan, membagikan, meningkatkan, dan juga mengorganisir informasi yang dimiliki sebuah perusahaan.

Knowledge management system ini bagi sebuah perusahaan merupakan hal yang sangat penting. Tujuannya apa saja?

Tujuan Knowledge Management System

Diberlakukannya Knowledge Management System bagi sebuah perusahaan tentu bukan tanpa maksud dan tujuan. Lantas, tujuannya apa sih sebenarnya?

Ada beberapa tujuan Knowledge Management System adalah di antaranya :

1. Meningkatkan kinerja karyawan

Memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan tidak hanya menjadi tanggung jawab customer service dan juga staf pemasaran di perusahaan saja.

Memberikan pelayanan terbaik menjadi tanggung jawab bersama dari semua pihak di setiap divisi sehingga kerjasama yang baik dan berusaha memberikan daya guna dari dalam dirinya semaksimal mungkin menjadi suatu keharusan setiap karyawan di setiap divisi yang ada.

Selain penerapan knowledge management system, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kinerja karyawan. Salah satunya adalah dengan pembuatan timesheet yang sesuai.

Cara pembuatan timesheet seperti apa? Baca : 3 Contoh Timesheet Perusahaan Untuk Memanage Karyawan

Baca juga : Cara Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan di Perusahaan

2. Meningkatkan proses pengambilan keputusan

Demi terwujudnya sistem bisnis yang kompetitif, knowledge management system perlu untuk membantu sebuah perusahaan mengambil beberapa keputusan penting sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai secara maksimal.

3. Menciptakan inovasi dan perubahan

Inovasi dan perubahan perlu diciptakan untuk melahirkan ide – ide dan teknologi baru dengan cara menciptakan kondisi baru yang dapat mendorong peningkatan kreativitas dalam pengembangan ide – ide baru tersebut.

Knowledge management system sendiri hadir untuk memberikan impact terhadap peningkatan kinerja bisnis melalui upaya perbaikan pada kemampuan, sikap dan juga tingkah laku karyawan.

4. Menghemat waktu dan biaya

Berdasarkan sumber pengetahuan yang terstruktur dan teratur, perusahaan dapat jauh lebih mudah dalam pengembangan pengetahuan untuk berbagai konteks sehingga tentu saja perusahaan nantinya dapat lebih menghemat waktu dan biaya yang harus dikeluarkan.

Keuntungan Penerapan Knowledge Management

Knowledge management yang diterapkan pada sebuah perusahaan memberikan cukup banyak keuntungan bagi perusahaan yang menerapkannya tersebut. Apa saja keuntungan yang dimaksud?

Berikut beberapa keuntungan dari penerapan knowledge management di antaranya :

  • Tempat bekerja dapat menjadi jauh lebih efisien
  • Upaya dalam pembuatan suatu keputusan menjadi jauh lebih cepat dan efektif
  • Peningkatan kolaborasi antar setiap staf yang berada di ruang lingkup perusahaan
  • Adanya optimasi di dalam proses latihan
  • Meningkatkan retensi dan kebahagiaan karyawan karena ilmu pengetahuan, pelatihan dan inovasi semakin meningkat

Kekurangan Penerapan Knowledge Management System

Meski punya banyak keuntungan bagi sebuah perusahaan, namun bukan berarti sistem manajemen pengetahuan ini tidak punya kelemahan atau kekurangan.

Ada beberapa aspek yang menjadi kekurangan dalam penerapan knowledge management system bagi sebuah perusahaan, di antaranya :

  • Menemukan cara efisien untuk mencatat wawasan terkait bisnis cukup sulit
  • Semua informasi dan sumber yang didapatkan beresiko ditemukan orang lain
  • Mendorong individu (antar karyawan) untuk saling menggunakan, berbagi dan menerapkan pengetahuan menjadi lebih sulit
  • Sulit mengintegrasikan pengelolaan pengetahuan yang ada
  • Penentuan dan penerapan teknologi pengelolaan menjadi lebih menantang
  • Membutuhkan waktu yang cukup banyak untuk mengintegrasikan pengelolaan pengetahuan pada proses atau sistem informasi yang sudah ada sebelumnya

Baca juga : Apa Itu Talent Management System? Fungsi dan Kelebihannya

Demikian sedikit informasi yang kami dapat bagikan terkait knowledge management system adalah beserta tujuan, kelebihan dan kekurangannya. Semoga menjadi informasi yang membawa manfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *