5 Cara Menjawab Kontribusi Apa yang Bisa Anda Berikan Untuk Perusahaan

by -3,513 views
kontribusi apa yang bisa Anda berikan untuk perusahaan

Dalam melamar pekerjaan, melalui HRD perusahaan akan memberikan cukup banyak pertanyaan. Salah satunya adalah pertanyaan tentang kontribusi apa yang bisa Anda berikan untuk perusahaan. Lantas, jawaban apa yang tepat untuk menjawab pertanyaan semacam itu?

Nah, di sini kita akan membahas terkait beberapa aspek yang bisa menjadi jawaban untuk menjawab pertanyaan tersebut. Langsung simak informasi berikut ini ya!

5 Cara Menjawab Kontribusi Apa yang Bisa Anda Berikan Untuk Perusahaan

1. Jawab dengan bukti skill yang Anda punya

Cara menjawab pertanyaan kontribusi apa yang bisa Anda berikan untuk perusahaan yang pertama bisa dilakukan adalah dengan mengutarakan apa yang menjadi skill Anda.

Jadi jabarkan apa yang menjadi skill yang Anda miliki, sebagai contoh :

Saya memegang sertifikat akuntansi dari lembaga sertifikasi ABC. Saya juga pernah ikut sebagai panitia pengadaan pelatihan akuntan bagi akuntan pemula sebanyak 3 kali di kantor saya sebelumnya yaitu PT DEF.

Jika diterima di perusahaan ini, saya yakin bahwa saya adalah pribadi yang kompeten untuk mengurus program – program akuntansi yang digunakan oleh perusahaan dan menyajikan pembukuan yang relevan untuk perusahaan.

2. Jawab dengan kemampuan Anda untuk mencapai apa yang menjadi goal perusahaan

Untuk menjawab dengan jawaban yang satu ini, hal pertama yang Anda harus lakukan adalah riset goal perusahaan atau goal dari divisi yang Anda lamar.

Kemudian kaitkan dengan skill apa yang Anda punya untuk bisa dijadikan sebagai alat bantu mencapai apa yang menjadi goal perusahaan tempat Anda melamar kerja tersebut.

Sebagai contoh misalnya, salah satu goal perusahaan adalah meningkatkan sales dan profit. Maka, jawaban tentang kontribusi apa yang bisa Anda berikan untuk perusahaan yang bisa Anda lontarkan adalah :

Dengan keahlian marketing yang saya punya dan tentu saja pengalaman yang sudah saya dapatkan sebelum melamar di sini, saya yakin dapat membantu perusahaan mengoptimalkan strategi dan marketing funnelnya sehingga dapat meningkatkan sales atau profit sesuai target yang diharapkan perusahaan.

3. Jawab dengan skill leadership yang Anda punya

Banyak orang memiliki kecenderungan untuk menghindari situasi sulit dan penuh tantangan. Nah, kelemahan banyak orang tersebut bisa Anda gunakan untuk menunjukkan bahwa Anda tidak seperti kebanyakan orang.

Jika Anda merasa memiliki skill leadership yang mumpuni, Anda bisa tunjukkan bahwa diri Anda memang dapat memberikan kontribusi positif yang dapat membantu kemajuan perusahaan dengan skill leadership yang Anda punya tersebut.

Contoh untuk menjawab kontribusi apa yang bisa Anda berikan untuk perusahaan dengan menunjukkan skill leadership yang Anda punya adalah sebagai berikut :

Di perusahaan sebelumnya saya adalah tim manajemen pemasaran. Saya terlatih untuk mengurus orang yang bekerja di bawah divisi saya. Sehingga jika diberi kesempatan untuk berkontribusi di perusahaan ini, saya yakin dapat menjadi leader yang dapat mendukung kemajuan perusahaan baik di kancah nasional atau internasional.

4. Jawab dengan kemampuan problem solving Anda untuk perusahaan

Masalah itu pasti akan ada baik yang berskala kecil atau pun berskala besar. Nah, Anda yang punya kemampuan problem solving yang baik tentu hal tersebut bisa menjadi nilai plus agar Anda diterima oleh perusahaan.

Adapun contoh jawaban yang bisa Anda berikan dengan menunjukkan kemampuan problem solving yang Anda punya sebagai berikut :

Setelah saya research tentang perusahaan ini, saya menemukan bahwa perusahaan ini adalah perusahaan yang hebat. Namun ada satu masalah mengakar yang tak bisa terselesaikan yaitu kemampuan tim development product dalam menciptakan inovasi produk yang baru dan mampu bersaing dengan produk perusahaan lain.

Dengan kemampuan yang saya miliki serta pengalaman saya dalam mendevelopment suatu produk di perusahaan sebelumnya, saya yakin bahwa saya dapat berkontribusi memberikan solusi bagaimana agar perusahaan dapat menemukan produk yang inovatif dan dapat bersaing dengan produk perusahaan lainnya.

5. Jawab dengan kemampuan Anda berinovasi

Siapa sih yang tidak ingin punya karyawan yang inovatif?

Inovasi diperlukan sebuah perusahaan agar perusahaan tersebut tidak stuck di tengah jalan dan tidak mengalami kemunduran. Karena itu biasanya perusahaan sangat butuh orang – orang yang punya daya kreatif dan inovasi tinggi.

Jika Anda merasa memilikinya, Anda bisa gunakan hal tersebut untuk menjawab pertanyaan kontribusi apa yang bisa Anda berikan untuk perusahaan.

Contoh menjawabnya adalah :

Dengan pengalaman Develop product yang saya sudah punya, saya yakin dapat menciptakan produk – produk baru yang tidak hanya unik tetapi juga berguna dan disukai konsumen sesuai dengan target market yang perusahaan punya. Dengan begitu perusahaan dapat mempertahankan eksistensi dengan produk – produk baru dan freshnya.

Selain pertanyaan seperti di atas, hal yang juga biasanya dipertanyakan perusahaan ketika mencari karyawan melalui HRDnya adalah tujuan calon karyawan tersebut dalam bekerja di sebuah perusahaan. Lantas bagaimana cara menjawab yang tepat?

Baca : 7 Cara Menjawab Pertanyaan Tujuan Bekerja di Perusahaan Ini [Valid]

Baca juga : 7 Cara Menjawab Pertanyaan Kenapa Saya Harus Memilih Anda [Teruji]

Itulah sedikit informasi yang kami dapat bagikan. Semoga apa yang kami sampaikan di atas menjadi ulasan yang inspiratif dan membawa manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *