Lingkungan kerja seperti apa yang Anda sukai? Produktivitas kerja didukung oleh banyak faktor, salah satunya dengan bekerja di lingkungan yang baik. Lingkungan baik yang seperti apa? Menurut laman Work Life Office, lingkungan kerja yang baik tentu mendorong pekerja untuk membangun komunikasi positif, ada keseimbangan waktu bekerja dan waktu pribadi, serta suasana yang kondusif untuk bekerja.
Sudahkan lingkungan kerja Anda termasuk lingkungan kerja yang baik? Simak penjelasan di bawah ini untuk menemukan jawabannya.
Lingkungan Kerja Seperti Apa yang Anda Sukai?
Produktivitas kerja didukung oleh banyak faktor, salah satunya dengan bekerja di lingkungan yang baik. Lingkungan baik yang seperti apa? Menurut laman Work Life Office, lingkungan kerja yang baik tentu mendorong pekerja untuk membangun komunikasi positif, ada keseimbangan waktu bekerja dan waktu pribadi, serta suasana yang kondusif untuk bekerja.
Sudahkan lingkungan kerja Anda termasuk lingkungan kerja yang baik? Simak penjelasan di bawah ini untuk menemukan jawabannya.
Ciri Lingkungan Kerja yang Baik
Lingkungan kerja yang baik memiliki beberapa ciri yang bisa Anda lihat langsung. Misalnya, apakah lingkungan kerja tersebut mendukung suasana kerja yang kondusif? Selanjutnya, Anda bisa melihat bagaimana para pekerja dalam lingkungan tersebut, apakah mereka sejahtera dan memiliki motivasi bekerja.
Berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai ciri lingkungan kerja yang baik:
1. Ada Keseimbangan Waktu Bekerja dan Waktu pribadi
Istilah populernya adalah work life balance. Lingkungan kerja yang baik umumnya menerapkan jam kerja sesuai Undang-Undang atau peraturan perusahaan yang berlaku. Sehingga, pekerja dapat menyelesaikan tugas-tugas kerja saat jam kerja. Lalu saat jam pulang kerja, pekerja bisa meluangkan waktu untuk kehidupan pribadi, misalnya bersama teman dan keluarga.
2. Adanya Komunikasi yang Efektif
Mengutip dari laman Business News Daily, lingkungan kerja yang baik dibangun dengan adanya komunikasi yang efektif. Misalnya, antara atasan dan bawahan dalam tempat kerja bisa berinteraksi dengan lancar. Caranya dengan menciptakan ruang komunikasi di mana sesame pekerja bisa saling mendukung, dan bisa memberi respon yang membangun.
3. Ada Jenjang Karier
Jenjang karier berguna bagi pekerja agar dapat mengembangkan keterampilan bekerja. Dengan adanya jenjang karier, pekerja akan termotivasi untuk bekerja dengan baik. Selain itu, jenjang karier juga mewadahi para pekerja yang ingin merencanakan kemajuan kariernya, selaras dengan perkembangan perusahaan tempatnya bekerja.
4. Ada Asuransi Kesehatan dan Jaminan Keselamatan Kerja
Lingkungan kerja yang baik umumnya memiliki jaminan kesehatan dan keselamatan bagi pekerjanya. Terutama jika pekerja tersebut bekerja di bidang dengan risiko tinggi, seperti pertambangan, penerbangan, dan konstruksi. Hal ini penting bagi perusahaan untuk menjaga akreditasinya, dan agar pekerja dapat aman dan nyaman bekerja.
5. Adanya Apresiasi Kerja
Bekerja dengan baik memang penting, namun pekerja juga membutuhkan apresiasi kerja. apresiasi ini bisa dalam bentuk penghargaan, bonus penghasilan, maupun fasilitas-fasilitas tambahan yang menunjang kinerja dan kesejahteraan pekerja tersebut.
Manfaat Lingkungan Kerja Yang Baik
Lingkungan kerja yang baik memungkinkan pekerja untuk bekerja secara efektif dan efisien. Karena pekerja termotivasi dan didukung untuk mengerjakan tugas-tugas perusahaan dengan optimal. Adanya interaksi yang positif antarpekerja juga meningkatkan kedekatan antarpekerja. Masih banyak lagi manfaat dari lingkungan kerja yang baik, beberapa diantaranya adalah:
1. Efektivitas dan Efisiensi Bekerja
Pekerja dengan lingkungan kerja yang baik akan terkondisikan untuk bekerja secara optimal. Artinya, pekerja dapat menyelesaikan tugas perusahaan dengan efektif dan efisien. Karena didukung dengan fasilitas dan dukungan kerja yang baik.
2. Produktivitas Kerja Meningkat
Pekerja di lingkungan kerja yang baik bisa menjadi produktif karena merasa nyaman, mendapatkan apresiasi kerja. dan mendapatkan dukungan kerja yang menguatkan tekad bekerja seseorang. Aspek-aspek ini penting karena dalam jangka panjang akan membantu mencapai tujuan perusahaan.
3. Kreativitas dan Inovasi Meningkat
Pekerja di lingkungan kerja yang baik akan memiliki ruang yang kondusif dalam proses berpikir, mencari ide, berdiskusi, dan sebagainya. Itulah yang mendukung adanya kreativitas dan inovasi dalam lingkungan kerja.
4. Kolaborasi Kerja Meningkat
Melanjutkan adanya ruang untuk berdiskusi ide, maka pekerja selanjutnya akan berkolaborasi antarpekerja untuk mencapai tujuan perusahaan. Misalnya, sesama pekerja berkolaborasi untuk menjalankan proyek kerja inovatif dari hasil diskusi mereka. Adnaya kolaborasi memungkinkan pekerja untuk melakukan tugas-tugas yang lebih besar dan kompleks.
5. Adanya Kesejahteraan Fisik dan Mental
Lingkungan kerja yang baik tentu mendukung kesejahteraan para pekerjanya. Kesejahteraan ini secara umum meliputi kesejahteraan fisik dan mental. Hal ini dapat tercapai jika perusahaan menerapkan keseimbangan waktu bekerja dan wkatu pribadi, serta menciptakan lingkungan kerja yang suportif.
6. Loyalitas Pekerja
Dengan adanya semua aspek di atas, tentu pekerja akan betah bekerja. Inilah mengapa ada pekerja yang bisa bekerja sampai berpuluh-puluh tahun. Kerja keras dan dedikasinya sepadan dengan lingkungan kerja yang baik dari perusahaan atau instansi tempatnya bekerja.
7. Citra Perusahaan yang Positif
Lingkungan kerja yang baik membentuk citra positif sebuah perusahaa. Para pekerja memberikan umpan balik positif, produktivitas meningkat, serta adanya inovasi dalam pekerjaan. Hal-hal tersebut secara strategis mampu meningkatkan peluang pertumbuhan perusahaan.
Lingkungan kerja yang baik adalah lingkungan yang mampu mensejahterakan pekerja sekaligus mengembangkan perusahaan atau instansi. Terdapat banyak manfaat yang dapat dirasakan dan dikaji ketika memiliki lingkungan kerja yang baik. Bagaimana dengan lingkungan kerja Anda? Itulah penjelasan singkat mengenai lingkungan kerja yang baik. Semoga bermanfaat.