Cara Mencapai Kebebasan Hidup Menggunakan Lifelong Learner

by -204 views
cara lifelong learner

Pendekatan pembelajaran dengan cara lifelong learner atau long life learner belakangan ini sedang dibicarakan. Namun sebenarnya apa sih long life learning atau lifelong learner itu sendiri?

Jadi lifelong learner atau yang juga dikenal sebagai long life learner merupakan sebuah metode pembelajaran yang dapat dijalankan secara sukarela. Pendekatan pembelajaran ini sangat efektif untuk mendapatkan pemahaman lebih luas baik untuk tujuan personal atau untuk tujuan profesional.

Lantas, cara mencapai kebebasan hidup menggunakan lifelong learner seperti apa? Di sini kami akan bagikan informasinya untuk Anda!

Cara Mencapai Kebebasan Hidup Menggunakan Lifelong Learner

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan seseorang untuk mencapai kebebasan hidup menggunakan lifelong learner method atau metode long life learner, di antaranya :

1. Mencari komunitas yang membangun

Seorang long life learner tidak akan terfokus dengan berapa banyak jumlah teman. Namun mereka terfokus terhadap bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk membuat agar teman yang mengelilingi mereka adalah teman – teman yang berkualitas.

Mereka tidak akan bertahan di lingkungan yang toxic dan tidak bisa support satu sama lain. Oleh karena itu mencari komunitas yang membangun menjadi cara sehat seorang lifelong learner untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan dari teman yang ada di hidupnya.

2. Coba berbagai hal baru secara teratur

Mencoba berbagai hal baru tidak hanya akan membuat otak tetap tajam melainkan juga dapat membuat mindset terus berkembang.

Pelajari apapun yang Anda ingin pelajari, utamanya hal – hal yang berkaitan dengan pekerjaan Anda untuk semakin meningkatkan sisi keprofesionalismean. Selain itu, dengan belajar hal baru juga akan semakin memperluas perspektif Anda tentang suatu hal.

Kalau Anda kebetulan merupakan orang yang sedang atau akan mencari kerja, pastikan pelajari juga hal – hal baru termasuk skill yang dibutuhkan di dunia kerja. Apalagi kalau ingin bekerja di perusahaan startup.

Gajinya memang besar, resikonya besar, tugasnya juga banyak dan pastinya persaingannya ketat. Banyak skill yang harus dimiliki. Apa saja skill penting yang perlu dipelajari sebelum masuk ke dunia kerja khususnya di perusahaan startup? Baca : Skill yang Harus Dimiliki Untuk Bekerja di Perusahaan Startup

3. Buat daftar untuk dipelajari dan tetapkan tujuan

Buat daftar apa saja yang Anda ingin pelajari dan mulailah menetapkan tujuan. Identifikasi dan visualisasikan tujuan yang Anda buat untuk menjadi lifelong learner yang bertanggung jawab. Pastikan Anda berusaha mewujudkan dan menggapai apa yang menjadi tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

4. Tingkatkan memori

Jika Anda tidak dapat mengingat apa yang telah dipelajari, maka proses belajar tersebut bisa membuat Anda jadi frustasi. Karena itu cobalah cara yang dapat meningkatkan memori Anda.

Misalkan ketika Anda belajar dan Anda termasuk orang yang suka lupa dengan suatu materi, catat poin – poin penting dari materi yang sedang Anda pelajari. Kemudian baca berulang kali sampai Anda hafal dan mengerti apa yang dimaksud dari materi yang sedang Anda pelajari tersebut.

Selain cara itu, banyak kok teknik yang tersedia untuk membantu meningkatkan kapasitas memori Anda lainnya.

5. Menyelesaikan tugas dan tanggung jawab tepat waktu

Kalau Anda merupakan seorang pembelajar atau siswa dan ingin menjadi long life learner, maka Anda perlu mulai menyelesaikan PR tepat waktu. Namun kalau Anda merupakan seorang karyawan maka pastikan selesaikan tugas yang diberikan atasan sebelum deadline.

Pastikan bahwa detik – detik mendekati deadline semua tugas yang diberikan sudah selesai dan tinggal diserahkan saja.

Anda juga harus meningkatkan kedisiplinan dalam bekerja. Bagaimana cara untuk meningkatkan kedisiplinan dalam bekerja? Baca : Cara Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan di Perusahaan

Intinya seorang long life learner sejati tidak akan menyerah dan akan selalu berusaha meningkatkan kemampuan yang ada di dalam dirinya. Jadi jangan pernah berhenti dalam belajar dan melakukan segala hal yang bermanfaat untuk meningkatkan taraf dan kualitas hidup Anda.

Demikian informasi yang kami dapat bagikan terkait tips dan cara meningkatkan kedisiplinan karyawan di perusahaan. Semoga menjadi informasi yang membawa manfaat dan menginspirasi Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *