7 Prospek Kerja Menjanjikan Untuk SMA Jurusan IPA [Valid]

by -839 views
Lulusan SMA jurusan IPA bisa kerja apa

Lulusan SMA jurusan IPA bisa kerja apa?

Pertanyaan – pertanyaan semacam ini seringkali muncul pada fresh graduate yang baru lulus SMA dan dari jurusan IPA namun masih belum ada kesempatan untuk melanjutkan kuliah di perguruan tinggi.

Pertanyaan semacam itu juga muncul pada mereka yang baru melanjutkan kuliah di perguruan tinggi semester awal dan ingin segera mendapatkan part time job untuk sedikit meringankan beban orang tua. Karena baru semester satu, mereka akan melamar kerja dengan ijazah SMA yang mereka punya.

Lantas, untuk lulusan SMA jurusan IPA bisa kerja apa? Di sini kami akan uraikan beberapa prospek kerja yang menjanjikan untuk lulusan SMA jurusan IPA!

7 Prospek Kerja Untuk Lulusan SMA Jurusan IPA

1. Staf apotek

Kalau bagian meracik dan menentukan obat di apotek diisi oleh seorang lulusan apoteker, Anda yang baru lulus SMA dan berasal dari jurusan IPA bisa menjadi staf apotek yang bertugas melayani pembeli.

Namun tenang saja, jika nantinya Anda melanjutkan kuliah dan mengambil jurusan apotek maka Anda bisa menjadi seorang apoteker yang tugasnya jauh di atas pekerjaan yang Anda ambil saat ini. Untuk gajinya, mulai dari 900 ribu sampai dengan 1 jutaan rupiah per bulan.

2. Customer service

Ada banyak kantor atau perusahaan kelas kecil dan menengah yang memberikan kesempatan untuk lulusan SMA termasuk lulusan SMA Jurusan IPA menjadi customer service.

Ada beberapa kualifikasi persyaratan untuk menjadi seorang customer service yang harus dipenuhi di antaranya yaitu berpenampilan menarik, mampu berkomunikasi, sabar dan tekun, fokus serta memiliki pengetahuan yang luas.

Namun selain lulusan SMA jurusan IPA, lulusan manajemen pemasaran dan akuntansi juga bisa jadi customer service. Selain itu, lulusan manajemen pemasaran dan akuntansi juga bisa bekerja di berbagai prospek kerja lainnya. Apa saja? Baca : 9 Peluang Kerja Jurusan Manajemen Pemasaran dan Gajinya, Berapa Ya?

Baca juga : Prospek Kerja Lulusan Akuntansi, Lulus Kerja di Mana Ya?

3. Penginput data

Setelah lulus SMA, Anda juga bisa menjadi seorang penginput data. Pekerjaan ini cukup mudah dilakukan asalkan memiliki pengetahuan dalam mengoperasikan komputer dan memiliki kejelian untuk memproses data – data.

Tugas ini tidak akan cocok untuk mereka yang tidak sabaran dan tidak teliti karena sedikit saja kesalahan akan berdampak besar terhadap informasi yang dibutuhkan perusahaan tempat Anda direkrut atau bekerja.

4. Anak buah kapal (ABK)

Sebagai anak buah kapal, Anda bisa berlayar keluar kota bahkan keluar negeri. Profesi ini juga menawarkan gaji yang cukup besar. Hanya saja karena Anda akan lebih sering bertugas di lautan, maka Anda harus mempersiapkan diri untuk jauh dari keluarga dan jarang pulang ke rumah.

5. Operator produksi

Lowongan kerja sebagai operator produksi biasanya lebih banyak dibuka jika dibandingkan dengan beberapa pekerjaan lain yang sudah kami sebutkan sebelumnya.

Sebagai operator produksi, Anda harus mengoperasikan mesin atau alat yang digunakan ketika proses produksi sedang berlangsung. Operator produksi juga biasanya membuat laporan, menjaga lingkungan kerja agar tetap kondusif dan bekerja mencapai target yang sudah ditentukan perusahaan.

Meski tampak mudah, pekerjaan ini butuh ketekunan dan kekuatan fisik. Profesi ini menuntut Anda untuk mampu berdiri atau duduk selama jam kerja.

6. Pengajar bimbingan belajar

Kalau Anda suka berbagi ilmu, Anda juga bisa menjadi pengajar bimbingan belajar. Anda bisa bekerja di tempat kursus yang membuka lowongan kerja mengajar untuk lulusan SMA IPA. Anda juga bisa menawarkan jasa bimbingan belajar Anda sendiri.

Namun karena Anda lulusan SMA dan tergolong masih muda, Anda lebih baik menargetkan untuk memberikan bimbingan belajar untuk tingkat PAUD, TK, SD sampai maksimal tingkat SMP saja.

7. Bisnis online

Siapapun bisa berbisnis online. Bahkan meski Anda masih belum lulus SMA pun bisa berbisnis online asalkan Anda bisa membagi waktu dengan baik.

Berbagai macam produk bisa Anda sediakan mulai dari pakaian, produk kecantikan, sepatu, aksesoris, makanan, minuman dan sebagainya. Anda akan mendapatkan omset yang tidak terbatas dari menjalankan sebuah bisnis online.

Bahkan banyak anak muda yang sukses berbisnis online sambil kuliah lho! Mau coba?

Itulah sedikit referensi prospek kerja menjanjikan untuk lulusan SMA Jurusan IPA. Jadi kalau Anda bertanya – tanya, lulusan SMA jurusan IPA bisa kerja apa? Anda bisa bekerja di salah satu bidang kerja di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *