Apa itu Manager HRD? Definisi dan Fungsi Bagi Perusahaan

by -179 views
Manager HRD adalah

Setiap perusahaan pasti butuh banyak staff untuk melakukan suatu pekerjaan. Manager HRD adalah salah satu staff penting yang harus ada pada suatu perusahaan karena tugasnya mencakup banyak hal.

Selengkapnya tentang manager HRD beserta fungsinya bagi sebuah perusahaan bisa Anda simak dalam informasi berikut ini!

Definisi Manager HRD Adalah

Manager HRD adalah orang yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menjadi kepala divisi HRD di suatu perusahaan. Seorang manager HRD juga akan menjadi penanggung jawab bagi staf HRD yang bekerja dibawah bimbingan dan pengawasannya.

Selain itu, manager HRD pada prinsipnya harus mengawasi jalannya program ketenagakerjaan yang diselenggarakan oleh perusahaan dan melakukan evaluasi terkait program – program tersebut.

Mereka yang dapat menduduki posisi ini adalah mereka yang sudah memiliki pengalaman cukup sebagai praktisi HRD. Ada kualifikasi dan syarat juga yang biasanya sudah ditentukan oleh sebuah perusahaan untuk mendapatkan tenaga HRD yang mumpuni dan mendukung berbagai kebijakan perusahaan.

Fungsi Manager HRD

Fungsi manager HRD secara umum terdiri atas fungsi manajerial dan fungsi umum. Apa yang dimaksud dengan fungsi manajerial dan fungsi umum itu sendiri?

Fungsi manajerial merupakan fungsi yang menyangkut perencanaan, pengorganisasian, pengontrolan, kepegawaian dan pengarahan. Sementara fungsi umum menyangkut pengembangan kinerja, perekrutan karyawan, kompensasi karyawan, motivasi, integrasi sampai dengan pemeliharaan tenaga kerja.

Berikut beberapa hal penting dalam fungsi manajerial :

1. Perencanaan

Fungsi utama dari seorang manager HRD adalah membuat suatu perencanaan terkait sistem yang dapat mendukung tercapainya tujuan atau pun sasaran bagi sebuah perusahaan.

2. Pengorganisasian

Mengatur segala hal yang berkaitan dengan sumber daya manusia dan organisasi bukanlah hal yang mudah. Karena itu fungsi pengorganisasian ini sangat penting dan menjadi sebuah fungsi krusial yang harus dijalankan untuk mewujudkan apa yang menjadi tujuan perusahaan.

3. Kepegawaian

Seorang manager HRD harus mampu mengatur pegawai dan memberikan penempatan kerja di posisi yang tepat. Manager HRD adalah juga orang yang bertugas memberikan pelatihan, training dan membuat suatu program pengembangan karyawan yang baik dan mumpuni.

Seorang manager HRD juga harus mampu menentukan bersama tim akuntansi menentukan kompensasi yang tepat bagi seorang karyawan.

4. Pengarah

Seorang manager HRD harus memiliki kemampuan untuk mengarahkan yang benar agar mereka dapat memberikan kejelasan bagi karyawan tentang apa yang harus dilakukan dan apa yang menjadi harapan manajemen perusahaan.

5. Controlling

Sumber daya apapun di perusahaan termasuk sumber daya manusia harus dikontrol dengan baik. Standar kinerja harus ditetapkan untuk mengukur dan mengevaluasi atau memberikan penilaian terhadap kinerja karyawan.

Beberapa hal penting terkait fungsi umum dari manager HRD di antaranya :

1. Perekrutan

Perekrutan karyawan merupakan suatu hal penting yang harus dikelola oleh seorang manager HRD. Jadi salah satu fungsi umum dari manager HRD adalah bersama – sama dengan staf HRD lain untuk merekrut karyawan sesuai keperluan perusahaan.

2. Pengembangan

Manager HRD harus mendorong karyawan dengan memberikan mereka kesempatan untuk bisa tumbuh. Caranya adalah dengan mempromosikan mereka ke jenjang pekerjaan yang lebih tinggi sesuai dengan kapasitas dan kapabilitas kerjanya.

3. Kompensasi

Manager HRD dapat mengadopsi berbagai metode untuk menilai kinerja karyawan sehingga keputusan terkait kompensasi yang ditetapkan menjadi sangat baik dan bermanfaat namun juga tidak terlalu membebani atau merugikan perusahaan.

4. Motivasi

Motivasi juga sangat diperlukan untuk diberikan kepada karyawan. Karyawan harus diberikan motivasi untuk meningkatkan kinerjanya dan harus diperlakukan juga sesuai Undang – Undang Ketenagakerjaan yang berlaku.

5. Integritas

Fungsi manager HRD salah satunya adalah menekan potensi terjadinya konflik baik antara atasan dengan bawahan, karyawan dengan karyawan, karyawan di divisi yang berbeda, karyawan di satu divisi yang sama dan sebagainya.

Ingin menjadi HRD atau bahkan manager HRD? Skill apa yang dibutuhkan? Baca : Skill Profesional yang Wajib Dimiliki HRD, Sudahkah Anda Memilikinya?

Itulah sedikit informasi terkait jenis pekerjaan HRD (Human Research Development) bagi sebuah perusahaan. Semoga informasi yang kami bagikan di atas tentang manager HRD adalah dan fungsinya menjadi informasi yang membawa manfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *