Manfaat Training Karyawan

by -171 views
kelebihan pelatihan bagi karyawan

Sebelum memasuki dunia kerja, ada beberapa perusahaan yang menerapkan masa training sebelum mereka ditetapkan untuk menjadi pekerja tetap dalam perusahaan tersebut. Training atau pengembangan diri bagi karyawan tentunya memiliki banyak sekali manfaat baik bagi perusahaan tersebut ataupun untuk diri sendiri. dengan adanya training yang diterapkan pada sebuah perusahaan untuk karyawannya akan menambah pengetahuan bagi karyawan, potensi untuk meningkatkan skillnya yang berimplikasi positif bagi perusahaan tersebut. Tak heran jika perusahaan pasti membutuhkan karyawan yang kompeten di bidangnya untuk meningkatkan laju laba perusahaan. Sehingga kelebihan pelatihan bagi karyawan memiliki banyak sekali manfaat yang dapat di eksplor dari hasil training tersebut.

Manfaat Training Bagi Karyawan

  1. Meningkatkan keterampilan. Seperti yang kita tahu bahwa teknologi hingga saat ini sudah semakin berkembang. Dengan ini karyawan sangat membutuhkan pelatihan untuk meningkatkan ketrampilan karyawannya agar selalu up to date dan tidak ketinggalan jaman. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini dapat mengembangkan diri serta dapat memunculkan potensi-potensi yang selama ini belum terasah.
  2. Meningkatkan produktivitas. Kelebihan pelatihan bagi karyawan selanjutnya adalah mengharapkan ada peningkatan produktivitas kerja agar perusahaan tersebut mempunyai kemajuan dalam segala aspek.
  3. Lebih memahami job desk. Dengan memahami job desk yang mereka dapatkan, hal ini diharapkan agar karyawan dapat lebih memperhatikan detail pekerjaan yang sedang mereka lakukan. Sehingga para karyawan tersebut dapat memahami target yang dipenuhi oleh perusahaan. Dan dapat menghindari kecelakaan karena kelalaian dalam pekerjaan yang sedang mereka lakukan.

Jenis Trainining Karyawan

ada beberapa contoh program pelatihan karyawan yang perlu diketahui sebelum masuk ke perusahaan tersebut, biasanya jenis training akan diberikan sesuai dengan program training untuk karyawan.

On the job training (sistem pelatihan di luar kelas) biasanya, sistem ini diterapkan untuk karyawan yang sedang bekerja sambil belajar. Untuk training jenis ini, karyawan akan ditempatkan pada sebuah arena dan diawasi oleh beberapa atasan perusahaan. Seperti manajer, kepala departemen dan supervisor.

Off the job training (sistem pelatihan di dalam kelas) sama halnya dengan on the job training, off the job training juga berlangsung di dalam ruangan. Tetapi, cara yang dilakukan akan lebih beragam. Seperti konferensi, seminar, kuliah studi kusus, belajar kelompok dan lainnya.

Apprenticeship (magang) magang memang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Karena biasanya magang adalah sebuah gabungan dari pelatihan kerja dan pengalaman kerja. Untuk program kerja ini biasanya memiliki jangka yang lumayan panjang. Bisa satu tahun atau bahkan lebih, tergantung dengan kontrak perusahaan tersebut dan karyawan tersebut. Ada banyak sekali kelebihan pelatihan bagi karyawan sebelum masuk ke dalam dunia kerja yang sesungguhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *