Mengenal Contoh Program Pelatihan Karyawan Yang Paling Diperlukan

by -2,926 views
contoh program pelatihan karyawan

Saat kita ingin meningkatkan kualitas beserta kemampuan dari seorang karyawan, perusahaan akan lebih baik jika memberikan contoh program pelatihan karyawan yang memang seharusnya diperlukan oleh para karyawan. Latihan dan pengembangan karyawan ini umumnya akan dilakukan secara berkala dan menjadi bagian dari program kerja yang ada dalam sebuah perusahaan.

Training pengembangan diri karyawan ini dapat dilakukan perusahaan sendiri maupun menggunakan jasa para ahli yang menyesuaikan bidangnya masing-masing. Di sink kita akan memberikan beberapa contoh pelatihan dan pengembangan karyawan yang dapat kamu lakukan di perusahaan supaya lebih meningkatkan kualitas karyawan.

Jenis Materi Pelatihan dan Pengembangan SDM yang Dibutuhkan Karyawan

Berikut ini adalah jenis pelatihan yang sangat dibutuhkan oleh para karyawan dalam sebuah perusahaan untuk lebih meningkatkan skill yang mereka miliki :

  • Orientasi

Orientasi ini adalah merupakan pelatihan terhadap karyawan yang paling dasar dan akan dilakukan oleh semua perusahaan kepada para karyawan baru yang mereka miliki. Pelatihan yang satu ini lebih mengharuskan sebuah perusahaan untuk memberikan sambutan kepada para karyawan baru, mengenalkan budaya dan lingkungan dalam perusahaan tersebut, sampai memberikan penjelasan seluruh pekerjaan yang harus dilakukan nantinya.

Pelatihan yang seperti ini pada dasarnya akan dikerjakan oleh pihak HRD ( Human Resource Development ) yang akan memberikan informasi yang berkaitan :

– Visi, misi beserta nilai perusahaan.

– Budaya yang ada di perusahaan.

– Struktur organisasi yang dimiliki oleh perusahaan.

– Prosedur untuk administrasi seperti izi, pembuatan email, absen, dll.

– Kebijkan yang dimiliki oleh perusahaan.

– Tujuan dari perusahaan dan lain sebagainya.

  • Melakukan pelatihan onboarding

Contoh program pelatihan karyawan selanjutnya adalah onboarding yang merupakan pelatihan lanjutan dari orientasi, yang mana para karyawan baru nantinya akan melakukan pelatihan lebih khusus lagi pada divisinya masing-masing. Pelatihan karyawan yang satu ini memang dirancang supaya setiap karyawan yang baru dapat lebih memahami dengan jelas peran yang memiliki dalam tim tersebut dan juga perusahaan.

Pelatihan yang satu ini akan dilakukan pada saat pertama kali masuk kerja dan terus berlanjut sampai karyawan yang sedang mengikuti proses pelatihan dan pengembangan SDM tersebut dirasa sudah memahami semua hal yang sudah dijelaskan. Pelatihan ini akan dipersiapkan oleh pemimpin divisi tersebut dan akan dihubungkan dengan tujuan yang dimiliki oleh perusahaan.

Nantinya, pemimpin divisi ini akan menyediakan berbagai macam topik pembahasan dengan informasi yang cukup sehingga kelak tidak menimbulkan kesalahpahaman. Adanya pelatihan ini juga lebih membuat karyawan tahu apa saja yang mereka perlukan dan harus dikerjakan dengan efisien.

  • Pengembangan soft skill

Soft skill adalah sebuah kemampuan yang harus dimiliki oleh karyawan dan memungkinkan karyawan untuk bisa berinteraksi lebih efektif dan harmonis dengan karyawan yang lainnya di tempat kerja, tidak terkecuali para pelanggan, dan manajemen.

Ada sebuah penelitian yang menyebutkan jika kesenjangan dalam soft skill yang dimiliki karyawan akan berpengaruh terhadap kesuksesan sebuah perusahaan dan lebih meningkatkan turnover. Oleh sebab itu pentingnya pelatihan dan pengembangan karyawan dalam soft skill agar lebih membangun budaya ketika bekerja menjadi lebih efisien.

Pelatihan yang bisa untuk dilakukan dalam pengembangan soft skill adalah :

-Kemampuan dalam melakukan presentasi.

– Kemampuan ketika melakukan adaptasi.

– Kemampuan saat melakukan komunikasi.

Skill untuk kepemimpinan.

– Ketrampilan dalam memecahkan sebuah permasalahan.

– Etika.

– Manajemen waktu.

– Kerja sama tim

– Manajemen waktu.

  • Pengembangan kemampuan teknis

Walaupun dari segi kemampuan teknis karyawan sudah hebat tetapi mereka tetap saja harus selalu meningkatkannya. Kemampuan teknis yang dimaksudkan mencakup analisis data, programming, manajemen media sosial, penulisan konten, desain, coding dan sebagainya.

Contoh program pelatihan karyawan dalam mengembangkan teknis kemampuan dari karyawan menjadi salah satu komponen yang paling penting dalam perusahaan karena menjadi jalan yang utama karyawan lebih memahami cara pengerjaan tugas dengan cara yang benar. Bagi karyawan yang sudah lama juga harus memiliki program pembelajaran yang berkelanjutan secara reguler supaya lebih tahu akan perkembangan yang paling terbaru nantinya. Program pelatihan ini bisa digabungkan dengan program onboarding maupun dilakukan secara terpisah dan berkala.

  • Training pembelajaran produk dan jasa

Pelatihan ini sebenarnya bisa dilakukan secara bersamaan dengan onboarding maupun dilakukan secara terpisah bagi karyawan yang sudah lama dan membutuhkan penyegaran informasi. Jenis pelatihan karyawan yang satu ini juga bisa dilakukan untuk memberikan sebuah edukasi baik untuk produk maupun jasa yang baru.

Kelebihan Pelatihan Bagi Karyawan

Jenis – jenis training karyawan untuk mengembangkan karyawan yang berada di sebuah perusahaan pastinya mempunyai banyak sekali kelebihan baik itu untuk karyawan itu sendiri maupun perusahaan. Walaupun terkadang hambatan dalam pelatihan karyawan ini banyak, namun kelebihan yang di dapatkan juga banyak sekali. Berikut kelebihan secara umum dari berbagai pihak yang memang terlibat di dalamnya :

  1. Kelebihan untuk perusahaan

  • Mempunyai tenaga ahli yang begitu terampil di bidangnya.
  • Akan lebih bisa meningkatkan produktivitas dalam bekerja.
  • Meningkatkan efisiensi beserta efektivitas kerja.
  • Lebih tingkatkan mutu dari hasil kerjanya.
  • Mengurangi biaya yang disebabkan oleh waktu yang banyak terbuang dikarenakan berbagai kesalahan yang terjadi.
  1. Kelebihan pelatihan kerja untuk manajer

  • Bisa lebih menunjang dalam karier untuk mendapatkan jabatan yang lebih tinggi.
  • Mempunyai anak buah yang terampil dan ahli.
  • Dapat lepas dari berbagai hal kecil yang tidak masuk ke dalam porsi pekerjaan yang harus ditangani.
  • Lebih bisa mendelegasikan banyak tugas beserta tanggung jawab kepada karyawan.
  • Tugas beserta pekerjaan akan bisa berjalan dengan lancar walaupun kamu tidak sedang berada di tempat.
  1. Kelebihan bagi karyawan

  • Lebih meningkatkan pengetahuan beserta ketrampilan yang dimiliki oleh karyawan.
  • Meningkatkan kepuasan dalam melakukan sebuah pekerjaan.
  • Mengurangi waktu yang biasanya akan dipakai untuk proses pembelajaran.
  • Lebih meningkatkan rasa kepercayaan diri karyawan.

Kesalahan yang Sering Terjadi dalam Pelatihan Karyawan

Contoh pengembangan karir di perusahaan tidak lepas dari banyaknya terjadi kesalahan pada saat melakukan pelatihan yang sebenarnya bisa untuk dihindari oleh perusahaan. Berikut ini adalah berbagai macam kesalahan yang terjadi :

  1. Memilih pelatih yang kurang tepat dan menggunakan pelatih yang sama dari waktu ke waktu sehingga tidak memiliki keunggulan dalam berkompetisi.
  2. Hanya berfokus terhadap kelemahan yang dimiliki oleh para karyawan dan tidak ada fokus untuk lebih meningkatkan ketrampilan yang dimiliki oleh karyawan perusahaan tersebut. Maka dari itu banyak karyawan dalam perusahaan yang masih memiliki kemampuan rata-rata.
  3. Melakukan pelatihan dengan menggunakan bahasa yang sulit untuk di pahami para karyawan, sehingga dengan bahasa yang sulit dimengerti tersebut akan membuat karyawan kurang optimal terhadap pelatihan yang di ikuti.
  4. Pelatihan yang kurang tepat dan tidak sesuai dengan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab karyawan. Oleh sebab inilah contoh program pelatihan karyawan yang sering mengalami kegagalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *