Peluang Karir Data Scientist, Apa Saja?

by -157 views
peluang karir data scientist

Meski peluang karir data scientist di Indonesia mulai banyak digaungkan, namun sebenarnya belum ada program studi atau jurusan khusus yang berkaitan dengan data science di Indonesia. Namun untuk skill tentang data science sendiri sebenarnya bisa dipelajari di beberapa jurusan.

Jurusan tersebut yaitu ilmu statistika, sistem informasi atau manajemen informatika, sistem informasi bisnis, teknik informatika, statistika terapan dan juga komputasi. Jurusan – jurusan tersebut mempelajari tentang sebagian skill dan kemampuan dasar seorang data scientist.

Selebihnya ilmu tersebut bisa dikembangkan atau dipelajari sendiri. Lantas peluang karir data scientist apa saja? Di sini kita akan bagikan informasinya!

Peluang Karir Data Scientist

1. Data science associate

Kalau Anda merupakan fresh graduate yang baru saja lulus kuliah dan merasa memiliki kemampuan yang berkaitan dengan data science, maka Anda bisa menduduki peluang karir data scientist yang satu ini.

Anda perlu memahami cara pengidentifikasian sumber data dan kombinasi data, melakukan pemrosesan data dan pra pemrosesan data, serta pastinya menguasai ilmu statistika. Gajinya sekitar 5 – 7 juta rupiah per bulan.

2. Data science manager

Posisi data science manager merupakan sebuah peluang karir data scientist yang tugasnya bertanggung jawab untuk fungsi tertentu dalam tim atau projeknya sendiri. Untuk menduduki posisi jabatan di sebuah perusahaan dengan menjadi data science manager, Anda perlu memiliki pengalaman kerja sebelumnya sekitar 1 – 3 tahun.

Untuk skill yang dibutuhkan dalam menduduki posisi ini cukup banyak di antaranya kemampuan komunikasi dan kolaborasi, membuat model automation initiative, mampu mendorong inovasi teknis, menguasai model machine learning dan membuat suatu keputusan. Seorang data science manager berhak mendapatkan gaji bulanan sekitar 7 juta rupiah per bulan.

3. Data science senior manager

Posisi data science senior manager merupakan peluang karir data scientist yang tugasnya mirip dengan data science manager. Mereka berada di satu divisi namun seorang data science senior manager menempati kedudukan di posisi senior.

Profesi ini mensyaratkan SDM-nya untuk memiliki pengalaman kerja minimal 4 atau 5 tahun. Untuk gajinya sekitar 9 – 10 jutaan rupiah per bulan.

4. Staff principal data science engineer

Seorang staff principal data science engineer merupakan posisi di perusahaan yang jelas bukan untuk pemula. Anda yang ingin menjadi seorang staff principal data science engineer di perusahaan perlu memiliki pengalaman kerja minimal selama 5 sampai dengan 6 tahun.

Tugasnya memang cukup banyak dan gajinya pun sepadan dengan tugasnya. Anda bisa mendapatkan gaji di atas 10 juta rupiah menjadi seorang staff principal data science engineer.

5. Data science director atau data science group manager

Tugas harian Anda menduduki posisi ini adalah mengelola orang yang bertugas di dalam sebuah tim. Pengetahuan dan pengalaman di bidang data science akan sangat Anda butuhkan.

Anda juga harus familiar dengan tool big data seperti hive, spark dan sebagainya. Kemampuan identifikasi cerita dibalik pola data dan kemampuan menyaring insight analitis ke dalam poin – poin sangat penting dimiliki.

Adapun mengenai gaji yang perlu didapatkan oleh seorang data science director atau data science group manager sekitar 10 – 15 juta rupiah per bulan. Namun semua itu juga tergantung atas skala usahanya.

6. Senior director of data science

Profesi ini merupakan profesi dengan kedudukan atau jabatan tertinggi dalam bidang data science. Anda perlu memiliki pengalaman minimal 10 tahun atau lebih di bidang data science untuk bisa menduduki posisi ini di perusahaan.

Beberapa skill penting yang Anda perlukan untuk menjadi seorang senior director of data science di antaranya skill data science tentu saja, pengalaman mengelola tim, pengalaman mengelola dan mengidentifikasi serta membaca data, pengalaman membangun data pipeline yang terukur, kemampuan bekerja di lingkungan kolaboratif dan lintas fungsi, serta kemampuan pengambilan keputusan secara tepat dan terorganisir. Gajinya di atas 15 juta rupiah per bulan.

Ingin menduduki salah satu profesi di atas namun masih ragu apakah HRD akan menerima Anda sebagai karyawannya? Baca dulu : Cara Meyakinkan HRD Saat Interview Kerja, Pasti Ampuh!

Itulah sedikit informasi yang kami dapat bagikan terkait peluang karir data scientist. Semoga menjadi informasi yang inspiratif dan pastinya membuka cakrawala dan menambah informasi Anda terkait peluang karir untuk data science.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *