7 Pemakai Informasi Akuntansi dalam Dunia Kerja

by -147 views
pemakai informasi akuntansi

Akuntansi merupakan sebuah proses pencatatan transaksi keuangan untuk disajikan dalam bentuk laporan keuangan dan menjadi suatu dasar pengambilan keputusan krusial perusahaan. Ada cukup banyak pemakai informasi akuntansi dalam sebuah perusahaan.

Siapa sajakah pemakai informasi akuntansi atau orang yang membutuhkan informasi akuntansi yang disajikan dalam bentuk laporan keuangan tersebut? Di sini kami akan berikan informasi lengkapnya untuk Anda!

7 Pemakai Informasi Akuntansi dalam Dunia Kerja

1. Pemilik perusahaan

Pemilik perusahaan merupakan orang pertama yang memiliki hak untuk mengetahui informasi akuntansi dari perusahaannya.

Hal tersebut penting bukan hanya untuk mengetahui posisi dan kondisi perusahaan saja melainkan juga untuk menentukan strategi yang tepat dilakukan untuk mengembangkan atau memajukan perusahaan agar bisa lebih baik lagi.

2. Manajemen

Siapa itu manajemen? Manajemen perusahaan merupakan pihak yang memiliki tanggung jawab penuh terhadap pengelolaan perusahaan sehari – hari.

Manajemen pada dasarnya memiliki tugas manajerial yang sangat penting mulai dari tugas merencanakan strategi pemasaran, perumusan strategi, pengendalian operasional, pengendalian organisasi, sampai dengan fungsi administrasi dan sumber daya.

Tanpa dikelola oleh manajemen yang baik, suatu perusahaan tidak akan dapat berkembang dengan maksimal. Karena itu setiap orang yang bertugas sebagai manajerial dalam perusahaan wajib tahu bagaimana informasi akuntansi perusahaan agar bisa memberikan performa yang lebih baik lagi untuk tempatnya bekerja.

3. Karyawan

Mengapa karyawan dirasa perlu tahu kondisi keuangan perusahaan?

Salah satu alasannya adalah karena karyawan juga termasuk orang yang berkontribusi terhadap berkembangnya suatu usaha di dalam perusahaan.

Oleh karena itu, karyawan juga perlu mengetahui bagaimana kondisi keuangan perusahaan tempatnya bekerja sehingga mereka bisa tahu apa yang harus dilakukan untuk memajukan perusahaan dan juga sekaligus tahu apa saja haknya terhadap penghasilan atau pendapatan perusahaan yang telah didapatkan.

Bekerja di sebuah perusahaan dan ingin cepat naik gaji? Baca : Tips Agar Kamu Cepat Naik Gaji Dengan Melakukan Proaktif

4. Kreditur

Siapa itu kreditur?

Kreditur atau pemberi pinjaman merupakan orang yang menyediakan sumber dana untuk sebuah perusahaan agar perusahaan dapat menjalankan fungsinya dengan baik dan bahkan dapat mengembangkan lini usahanya.

Sebagai pemberi modal atau pemberi pinjaman, kreditur menajdi salah satu pihak yang harus mendapatkan informasi akuntansi perusahaan yang meminjam dana kepada mereka.

Pihak pemakai informasi akuntansi yang satu ini akan menggunakan informasi akuntansi secara aktual terkait kinerja keuangan dan juga posisi keuangan perusahaan dalam pembayaran pinjaman beserta bunga sesuai yang ditetapkan.

Kreditur juga akan menggunakan informasi akuntansi tersebut sebagai pedoman untuk mempertimbangkan akan memberikan pinjaman kembali atau tidak di kemudian hari.

5. Investor

Informasi akuntansi sebuah perusahaan penting bagi investor karena memang investor wajib tahu bagaimana dana yang sudah disetorkan untuk membiayai operasional dan pengembangan perusahaan digunakan.

Dengan informasi akuntansi tersebut, seorang investor bisa menaksir bagaimana pembagian keuntungan nantinya dan bahkan bisa menimang apakah layak perusahaan tersebut disuntikkan dana kembali di kemudian hari atau tidak.

Tidak hanya investor, bahkan calon investor pun perlu tahu laporan keuangan perusahaan yang sedang berjalan sebagai dasar pengambilan keputusan layak tidaknya sebuah perusahaan diberi suntikan dana.

6. Mitra bisnis

Banyak perusahaan yang menjalankan usahanya dengan cara bermitra. Nah, perusahaan yang menjalankan usahanya dengan cara bermitra tersebut memiliki kewajiban penuh untuk memberikan laporan akuntansi atau informasi akuntansi terhadap mitranya tersebut.

Hal tersebut penting karena setiap mitra yang bekerjasama harus bisa saling percaya kinerja perusahaan yang sedang dijalankan bersama tersebut.

7. Lembaga perpajakan

Atas setiap pendapatan perusahaan, ada hak negara yang harus dibayarkan melalui pajak. Karena itu lembaga perpajakan termasuk salah satu pihak yang wajib tahu kondisi keuangan perusahaan lewat informasi akuntansi yang telah disajikan.

Itulah sedikit informasi yang kami dapat bagikan terkait siapa saja pemakai informasi akuntansi dalam dunia kerja. Semoga apa yang kami sampaikan di atas mudah dipahami dan memberikan manfaat untuk pembaca.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *