Pentingnya Pelatihan dan Pengembangan Karyawan pada Perusahaan

by -199 views
latihan dan pengembangan karyawan

Pelatihan dan pengembangan karyawan adalah kegiatan pada karyawan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan, keterampilan dan pengetahuan karyawan. Pada dasarnya tujuan dari pelatihan dan pengembangan karyawan adalah agar para karyawan siap untuk bekerja dan memegang tanggung jawab dengan baik.

Perbedaan Pelatihan dan Pengembangan Karyawan

Meskipun keduanya menjadi suatu kesatuan pada satu kegiatan, namun tentu ada perbedaan dari pelatihan dan pengembangan itu sendiri.

Pelatihan adalah kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan yang sudah dimiliki oleh para karyawan. Contoh program pelatihan karyawan adalah seperti, public speaking, microsoft, dan pelatihan untuk trainers.

Pengembangan adalah kegiatan untuk mempelajari dan menyiapkan diri pada suatu hal yang baru untuk para karyawan, pengembangan ini akan berguna untuk antisipasi dalam memegang tanggung jawab baru yang lebih besar di masa yang akan datang.

Tujuan Pelatihan dan Pengembangan Karyawan

1. Meningkatkan SDM untuk Teknologi

Teknologi menjadi hal penting dalam pengembangan perusahaan dan dunia kerja lainnya, penggunaan teknologi yang semakin canggih dan terus mengalami pembaharuan, membuat para karyawan harus menguasai teknologi tersebut. Penguasaan teknologi oleh para karyawan tentu menjadi hal yang menguntungkan, baik untuk perusahaan atau karyawan itu sendiri.

2. Meningkatkan kualitas, pengetahuan dan keterampilan

Karyawan dengan kualitas, pengetahuan dan keterampilan yang baik tentu akan memberikan hasil atau produk yang juga bagus untuk perusahaan. Jika dalam penjualan, karyawan yang memiliki kualitas dan keterampilan yang bagus akan menjadi salah satu faktor yang membuat pelanggan tertarik untuk membeli, bahkan menetap untuk menjadi pelanggan tetap. Itulah mengapa pelatihan dan pengembangan karyawan harus dilakukan.

3. Membentuk Karyawan yang profesional

Dengan meningkatnya kualitas, pengetahuan dan keterampilan pada karyawan, hal ini juga berpengaruh pada pembentukan karakter profesional pada karyawan. Karyawan yang sudah menjalani latihan dan pengembangan karyawan dengan baik, ia akan bijak dalam melakukan pekerjaan dan bijak dan bersikap.

4. Mengefektifkan Waktu Belajar Karyawan

Program pelatihan yang dilakukan dengan bantuan perusahaan yang profesional, akan membuat para karyawan lebih cepat dalam mempelajari dan memahami tentang pengetahuan dan keterampilan yang diajarkan. Namun, di sini juga harus didukung dengan kualitas karyawan yang mudah memahami dan menangkap isi dari pelatihan dan pengembangan.

Manfaat Pelatihan dan Pengembangan Karyawan

Program pelatihan dan pengembangan yang dilakukan pada karyawan akan memberikan banyak manfaat, baik manfaat untuk karyawan atau juga untuk perusahaan. Manfaat tersebut antara lain adalah:

  1. Menciptakan karyawan yang loyal pada perusahaan
  2. Mengurangi tingkat kejenuhan karyawan dalam bekerja
  3. Menciptakan pemimpin untuk masa depan
  4. Menciptakan rasa kepercayaan perusahaan terhadap karyawan

Itulah sekilas mengenai latihan dan pengembangan karyawan yang sangat penting untuk dilakukan, hal ini agar supaya perusahaan dan karyawan menjadi kesatuan yang berkualitas dan mampu bersaing dengan perusahaan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *