7 Kalimat Penutup Presentasi yang Cocok Digunakan Berbagai Situasi

by -502 views
kalimat penutup presentasi

Ketika presentasi dilakukan, sebelum presentasi ditutup biasanya akan ada kalimat penutup presentasi yang diucapkan. Lantas, apa saja sih kalimat penutup presentasi yang tepat diucapkan dan dapat menjadi penutup sebuah presentasi yang baik?

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan bagikan informasinya untuk Anda terkait kalimat penutup presentasi yang bisa diucapkan di berbagai kondisi dan situasi. Simak informasi lengkapnya berikut ya!

7 Kalimat Penutup Presentasi yang Cocok Digunakan

1. Memberi tanda bahwa presentasi akan berakhir

Sebagai pembicara yang baik, ada baiknya Anda memberikan tanda ketika presentasi akan ditutup. Contoh kalimat penutup presentasi yang bisa menjadi suatu tanda bahwa presentasi akan berakhir sebagai berikut :

“Tak terasa waktu sudah berjalan cukup lama, tiba di penghujung presentasi.”

“Sebelum mengakhiri presentasi kali ini, perkenankan kami menyampaikan pesan bahwa…”

2. Menyampaikan ringkasan presentasi

Setelah Anda menyampaikan isi presentasi panjang lebar, beberapa orang terkadang ada yang masih kurang memahami isi dari presentasi yang Anda paparkan. Oleh karena itu sebagai pembawa acara atau pembicara yang baik maka Anda bisa menyampaikan ringkasan presentasi sebelum mengakhiri presentasi tersebut.

Anda bisa menyampaikan apa saja poin penting yang Anda sampaikan dalam presentasi sehingga pendengar akan lebih memahami maksud Anda selama presentasi berlangsung.

3. Menutup presentasi dengan kutipan

Agar presentasi Anda berkesan, Anda juga bisa melakukan apa yang disebut power closing. Power closing ini adalah suatu cara menutup presentasi dengan memberikan kalimat indah, kata – kata Mutiara atau kutipan – kutipan.

Hal tersebut dimaksudkan untuk memberikan kesan mendalam bagi para pendengar yang hadir dalam presentasi Anda.

Contoh kutipan yang bisa Anda ungkapkan :

“Seth Godin seorang penulis dan ahli pemasaran dari Amerika Serikat pernah berkata jangan mencari pelanggan untuk produk Anda, melainkan temukan produk untuk pelanggan Anda.”

Jadi semisal Anda mempresentasikan tentang pemasaran atau inisiasi produk, maka kutipan tersebut bisa jadi ide penutup presentasi yang baik untuk Anda sampaikan.

4. Mengajak audiens bertindak

Anda juga bisa menutup presentasi dengan mengajak audiens agar melakukan apa yang sudah Anda sampaikan dalam presentasi.

Misalkan jika Anda mempresentasikan tentang gaya hidup sehat. Anda bisa menutup presentasi dengan contoh kalimat penutup presentasi berikut :

“Jadi sebelum presentasi ini diakhiri, ijinkan saya mengingatkan kepada saudara untuk tetap menerapkan gaya hidup sehat. Mari mulai membenahi pola makan agar terhindar dari berbagai penyakit termasuk diabetes dan kolesterol….”

5. Menyampaikan pernyataan inspiratif

Menutup presentasi juga bisa dilakukan dengan menyampaikan pesan – pesan inspiratif. Contohnya sebagai berikut :

“Banyak orang ingin sukses, namun tak banyak orang menyukai proses. Padahal banyak miliarder dan orang – orang sukses di dunia adalah orang yang tidak pernah menyerah dengan proses. Oleh karena itu sesulit apapun prosesnya, jika ingin sukses seperti tokoh – tokoh dunia, jangan pernah berpikir untuk berhenti berproses.”

6. Menyampaikan maaf jika ada salah kata

Terkadang dalam presentasi yang dilakukan tak disadari ada perkataan kita yang menyinggung salah satu audiens yang menjadi peserta presentasi tersebut. Oleh karena itu, menutup presentasi dengan kalimat permohonan maaf bisa dilakukan.

Contoh kalimat penutup presentasi permohonan maaf yang bisa diucapkan sebagai berikut :

“Tak terasa kita sampai di penghujung acara hari ini. Jika ada salah kata yang saya sampaikan di sepanjang presentasi, saya ucapkan mohon maaf.”

7. Menyampaikan terima kasih

Selain menyampaikan permohonan maaf, Anda juga bisa menyampaikan kalimat terima kasih terhadap peserta presentasi karena sudah menyimak presentasi Anda. Contoh kalimat penutup presentasi dengan ucapan terima kasih sebagai berikut :

“Akhirnya kita sudah sampai di penghujung acara kali ini. Terima kasih atas perhatian saudara. Semoga kita dapat berjumpa kembali di kesempatan lain”

Kalau sudah belajar tentang cara menutup presentasi, dan Anda ingin belajar juga tentang bagaimana membuka presentasi, baca : 5 Cara Membuka Presentasi yang Baik Agar Diperhatikan Oleh Peserta

Jadi itulah sedikit informasi khususnya terkait kalimat penutup presentasi yang perlu Anda pahami. Anda yang mungkin akan melakukan presentasi dan ini adalah presentasi pertama Anda, selamat mencoba dan semoga lancar ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *