Poin yang Harus Ada di Curriculum Vitae Untuk Melamar Kerja, Apa Saja?

by -151 views
poin yang harus ada di Curriculum Vitae

Dalam membuat suatu Curriculum Vitae sebenarnya tak ada aturan baku terkait poin yang harus ada di Curriculum Vitae. Namun biasanya suatu Curriculum Vitae memuat beberapa unsur informasi penting yang terkait dengan diri pelamar.

Lantas, unsur informasi penting apa saja yang harus menjadi poin untuk dicantumkan di Curriculum Vitae dalam melamar kerja? Pada kesempatan kali ini kami akan mengulasnya!

Poin yang Harus Ada di Curriculum Vitae Untuk Melamar Kerja

Sebelum kita membahas poin yang harus ada di Curriculum Vitae, terlebih dahulu Anda harus tahu alasan mengapa sih suatu perusahaan meminta Curriculum Vitae kepada pelamar. Kenapa sih sebenarnya? Baca : Alasan Mengapa Curriculum Vitae Penting Untuk Melamar Pekerjaan

Kalau sudah tahu alasannya, maka Anda tidak akan meremehkan pembuatan Curriculum Vitae atau CV yang sangat penting ini untuk melamar kerja. Berikut beberapa poin yang harus ada di Curriculum Vitae untuk melamar kerja, di antaranya :

1. Informasi data diri

Informasi data diri menjadi instrumen wajib yang harus ada di sebuah CV. Informasi tersebut terdiri atas nama lengkap, email dan nomor telepon yang dapat dihubungi. Hal ini akan memudahkan perekrut untuk menghubungi Anda di tahap proses seleksi selanjutnya jika memenuhi syarat.

Dalam menggunakan email untuk melamar kerja, pastikan menggunakan email dengan nama lengkap Anda atau nama asli Anda agar lebih terkesan profesional. Biasanya perusahaan lebih mempertimbangkan kandidat pelamar dengan kesan yang profesional termasuk email yang digunakan.

Mengenai informasi lain seperti status pernikahan tidak perlu dicantumkan karena perusahaan juga seringkali tidak mempersyaratkan hal tersebut kecuali pada beberapa instansi atau perusahaan yang memang mempersyaratkan pekerja lajang atau belum menikah.

2. Buat deskripsi diri singkat dan jelas

Penggambaran deskripsi diri harus singkat, padat dan jelas. Anda bisa tuliskan tentang diri Anda sekitar satu sampai dengan dua paragraf dengan menonjolkan kemampuan yang Anda kuasai.

Gunakan kalimat yang bersikap persuasif supaya CV lebih terkesan menarik perhatian perusahaan untuk merekrut Anda. Jangan lupa juga untuk menuliskan skill yang sesuai dengan posisi yang Anda ingin lamar.

3. Jangan lupa cantumkan latar belakang pendidikan

Untuk latar belakang pendidikan yang dicantumkan adalah latar belakang pendidikan terakhir Anda. Jadi Anda tidak perlu menyusun latar belakang pendidikan mulai dari TK sampai dengan SMA. Meski hal tersebut tidak dilarang dan masih banyak orang yang melakukannya.

Pastikan untuk informasi latar belakang pendidikan terakhir Anda sudah cantumkan nama institusi, jurusan, tahun kelulusan dan IPK yang Anda dapatkan jika memang ijazah terakhir adalah kuliah atau seorang sarjana.

Sementara kalau lulusan SMA tinggal informasikan saja dulu bersekolah di SMA mana. Jika SMK informasikan jurusan di SMK dan bersekolah di SMK mana. Namun ingat bahwa tidak semua perusahaan menerima lulusan SMA, jadi cari tahu juga hal ini sebelum melamar.

4. Informasikan pengalaman kerja

Bagi fresh graduate yang masih belum memiliki pengalaman kerja, Anda bisa menuliskan pengalaman magang atau bekerja part time. Jika semua itu juga belum ada, Anda bisa mencantumkan informasi organisasi yang pernah Anda ikuti atau sedang Anda ikuti.

Sementara jika Anda sudah pernah bekerja, tuliskan nama perusahaan tempat Anda terakhir bekerja, posisi terakhir Anda di tempat kerja dan periode kerja.

5. Tulis kemampuan yang Anda kuasai

Sebagai pelamar kerja, Anda harus mencantumkan kemampuan yang Anda kuasai dan pastikan informasi tersebut relevan. Karena jika dites oleh HRD agar tidak mempermalukan diri Anda sendiri kalau Anda menuliskan suatu kemampuan yang tidak bisa Anda buktikan kebenarannya.

Biasanya HRD juga akan mempertanyakan beberapa aspek contohnya adalah alasan mengapa perusahaan harus menerima Anda. Bagaimana cara menjawab pertanyaan tersebut? Baca : Strategi Tepat Menjawab Pertanyaan HRD ‘Mengapa Perusahaan Harus Menerima Anda?’

Kalau ingin tahu contoh dari Curriculum Vitae seperti apa, baca : Contoh Curriculum Vitae (CV) Untuk Melamar Kerja

Demikian informasi terkait poin yang harus ada di Curriculum Vitae untuk melamar kerja. Semoga apa yang kami sampaikan di atas menjadi informasi yang menginspirasi dan membawa manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *