Tips Agar Kamu Cepat Naik Gaji Dengan Melakukan Proaktif

by -248 views
proaktif adalah

Setiap karyawan tentu ingin mendapatkan kenaikan gaji ketika bekerja di sebuah perusahaan. Utamanya kalau ia sudah merasa bekerja di perusahaan tersebut dalam jangka waktu lama. Lantas, bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkan keinginan tersebut?

Banyak informasi dan tips naik gaji yang disajikan menyebut bahwa ada satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kenaikan gaji ketika bekerja di sebuah perusahaan. Tips tersebut adalah bersikap proaktif. Lantas, apa sih yang dimaksud dengan sikap proaktif itu sendiri?

Proaktif Adalah

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), proaktif adalah sikap atau tindakan yang ‘lebih’ aktif. Atau bisa diartikan juga bahwa sikap proaktif merupakan sikap seseorang yang memiliki inisiatif ‘lebih’ dan mampu bertanggung jawab dengan inisiatifnya tersebut.

Mengapa seseorang yang ingin cepat naik jabatan atau naik gaji harus bersikap proaktif?

Hal tersebut lantaran setiap perusahaan harus bergerak maju dan salah satu cara agar perusahaan bisa bergerak maju serta berkembang lebih cepat adalah dengan memiliki karyawan yang bersifat proaktif.

Jadi mereka mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik, tidak menunda – nunda pekerjaan dan memiliki kreativitas sehingga tujuan perusahaan untuk bergerak maju dan berkembang dengan lebih cepat bisa terpenuhi.

Adakah ciri – ciri seseorang yang bersikap proaktif?

Ciri – Ciri Sikap Proaktif

Ada beberapa ciri yang bisa dikenali dari seseorang yang bersikap proaktif. Beberapa ciri tersebut di antaranya :

  • Bertanggung jawab dengan keputusan yang sudah diambil
  • Mampu mempertimbangkan resiko atas keputusan yang akan diambil (tidak gegabah)
  • Memiliki visi dan tujuan yang jelas untuk dicapai
  • Bertindak menggunakan akal dan logika, bukan emosi sesaat
  • Memiliki kemampuan untuk berpikir kritis, positif dan tenang dalam menghadapi rintangan atau kesulitan
  • Jika menghadapi kesulitan berusaha untuk menuntaskannya tidak berdiam diri saja
  • Fokus dalam menentukan langkah selanjutnya dan tidak suka menyalahkan keadaan
  • Menerima kritik sebagai bentuk evaluasi diri
  • Tidak mudah terpancing emosi
  • Fokus pada hal – hal yang bisa dilakukan dan tidak mudah overthinking

Tips Agar Cepat Naik Gaji dengan Melakukan Proaktif

Agar cepat naik jabatan atau naik gaji di kantor, ada beberapa sikap proaktif yang bisa dilakukan di antaranya :

1. Berhenti menunda – nunda

Banyak orang ingin sukses tapi tidak banyak dari mereka yang bertanya, ‘bagaimana caranya agar saya bisa sukses?’

Salah satu kunci kesuksesan yang bisa diraih oleh seseorang adalah tidak suka menunda – nunda. Ingatlah tentang prinsip kaizen yang berasal dari Jepang. Prinsip ini mengatakan bahwa Kaizen adalah suatu praktek memperbaiki diri dengan melakukan tindakan – tindakan kecil secara bertahap dan kemudian akan menjadikannya kebiasaan untuk meraih kesuksesan.

Kalau di Indonesia, kita mengenal prinsip dua menit. Jadi ketika ada rasa ingin menunda – nunda suatu pekerjaan cobalah untuk mulai melakukannya dua menit. Jadi cobalah menguatkan diri sendiri dengan mengatakan, “Aku akan melakukan pekerjaan ini dua menit”.

Tentu sangat minim suatu pekerjaan yang bisa terselesaikan dalam dua menit, bukan?

Karena itu, biasanya setelah terlewati fase dua menit maka kita akan memiliki ambisi untuk mengerjakan pekerjaan sampai tuntas. Jika hal itu sudah terjadi, selamat! Anda hanya tinggal menerapkannya setiap hari setiap kali ada rasa ingin menunda – nunda.

Utamanya kalau Anda bekerja dari rumah atau work from home maka prinsip ini harus Anda pegang mengingat di rumah tentu semakin banyak distraksi yang harus dilalui dibandingkan ketika Anda bekerja di kantor.

Untuk Anda yang sedang work from home, baca : Cara Mengatur Waktu Kerja Work From Home

2. Menyelesaikan tugas kantor tepat waktu

Setiap kali ada pekerjaan dari kantor yang harus segera diselesaikan, pastikan agar Anda menyelesaikannya tepat waktu. Hal ini penting agar perusahaan menilai kinerja Anda baik sehingga Anda pun dianggap sebagai karyawan yang bertanggung jawab.

Biasanya perusahaan akan lebih memerhatikan karyawan yang rajin dan bertanggung jawab. Anda pun akan lebih memiliki potensi besar untuk mendapatkan jabatan yang lebih baik dan potensi naik gaji pun tidak mustahil Anda dapatkan.

3. Memiliki inisiatif

Pastikan Anda memiliki karyawan yang memiliki inisiatif. Jadi misalkan hari ini tugas selesai lebih cepat sementara ada tugas untuk esok hari yang sudah diinformasikan, Anda bisa menyicil tugas esok harinya hari ini.

Dengan begitu tugas atau pekerjaan esok hari pun jadi lebih ringan. Jika sewaktu – waktu kantor membutuhkan segera hasil dari pekerjaan Anda, Anda pun tidak sampai kelabakan.

4. Tidak enggan bertanya jika ada kesulitan

Seekspert apapun seseorang, terkadang ada suatu masa dimana ia akan mengalami kesulitan. Jika kesulitan tersebut terjadi pada diri Anda pastikan agar Anda tidak enggan untuk bertanya.

Itulah beberapa tips proaktif yang Anda bisa lakukan jika ingin cepat naik gaji atau jabatan. Selamat mencoba dan rasakan manfaatnya dalam kehidupan Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *