Prospek Kerja Akuntansi Perbankan Syariah dan Gajinya

by -354 views
prospek kerja Akuntansi perbankan syariah

Sebagai negara dengan penduduk mayoritas muslim, mencari prospek kerja Akuntansi perbankan syariah cenderung mudah. Banyak bank – bank dengan sistem syariah yang membuka peluang kerja bagi lulusan akuntansi perbankan syariah di Indonesia.

Peluang kerja apa sajakah yang bisa dipilih dan diambil lulusan Akuntansi perbankan syariah dengan semua ilmu dan pemahaman yang dimilikinya? Berikut kami akan berikan daftar selengkapnya untuk Anda!

Prospek Kerja Akuntansi Perbankan Syariah dan Gajinya

1. Pegawai perbankan syariah

Keberadaan bank berbasis syariah semakin lama semakin meningkat pesat. Semakin banyaknya umat Islam di Indonesia yang sadar tentang manfaat sistem perbankan syariah membuat mereka beralih menggunakan jasa bank syariah sampai berdampak positif bagi perkembangan bank syariah di Indonesia.

Dengan semakin banyaknya bank berbasis syariah, tentu saja pegawai perbankan syariah juga semakin banyak dibutuhkan. Karena itu lulusan akuntansi perbankan syariah bisa memanfaatkan peluang yang terbuka lebar tersebut.

Untuk kisaran gaji sebagai pegawai bank syariah sekitar 3 juta sampai 5 jutaan rupiah untuk fresh graduate.

2. Staf keuangan syariah

Kalau sudah daftar di bank syariah namun belum diterima, Anda juga bisa menjadi staf keuangan syariah.

Ada banyak lembaga keuangan berbasis syariah yang menyediakan peluang karir untuk lulusan ilmu perbankan syariah. Dari profesi ini, Anda bisa mendapatkan gaji sekitar 2,5 juta sampai dengan 3,5 jutaan rupiah per bulan.

3. Manajer investasi

Sebagai manajer investasi, tugas Anda adalah mengatur atau mengelola uang yang diinvestasikan oleh nasabah seperti saham, obligasi sampai dengan pasar uang. Untuk gaji manajer investasi di Indonesia sangat beragam mulai dari 3 juta sampai 3,5 jutaan rupiah per bulan.

4. Staf akuntansi

Menjadi staf akuntansi tidak hanya bisa menjadi pilihan kerja bagi lulusan Akuntansi umum saja, Akuntansi perbankan syariah juga bisa menjadi staf akuntansi setelah lulus kuliah. Gaji staf akuntansi kurang lebih sekitar 3 – 4 juta rupiah per bulan.

Apakah hanya lulusan akuntansi perbankan syariah saja yang bisa menjadi staf akuntansi setelah lulus kuliah? Lulusan akuntansi murni pun bisa menjadi staf akuntansi. Bagi lulusan akuntansi umum atau akuntansi murni, selain menjadi staf akuntansi Anda juga bisa memilih bidang pekerjaan lain. Baca : Prospek Kerja Lulusan Akuntansi, Lulus Kerja di Mana Ya?

5. Internal auditor

Setiap perusahaan pasti butuh orang yang bekerja di posisi internal auditor. Tugasnya adalah mengawasi pengelolaan dan penggunaan keuangan di perusahaan. Dari pilihan profesi ini, Anda bisa mendapatkan gaji 4 juta sampai 6 juta rupiah.

6. Perencana keuangan

Bagi suatu perusahaan, perencana keuangan memegang peran dan tanggung jawab yang sangat besar. Salah satu tanggung jawab perencana keuangan adalah mengatur aliran uang di perusahaan dan mengelola budget perusahaan untuk periode akuntansi selanjutnya. Gaji perencana keuangan per bulan sekitar 4 juta sampai dengan 5 juta rupiah.

7. Analis keuangan

Tugas analis keuangan adalah melakukan analisis terhadap keuangan perusahaan berdasarkan laporan keuangan periode berjalan.

Posisi ini juga sangat penting bagi suatu perusahaan untuk menentukan apakah keuangan perusahaan sehat atau tidak dan apa yang harus diubah atau diperbaiki di periode keuangan selanjutnya agar posisi keuangan perusahaan stabil dan dalam kondisi baik.

Untuk Anda yang menjadi seorang analis keuangan, gaji per bulan yang berpotensi Anda dapatkan adalah sekitar 5 juta – 7 jutaan rupiah per bulan.

8. Bekerja di lembaga islam

Ada banyak lembaga Islam di Indonesia. Kemampuan dan keterampilan perbankan yang Anda miliki dan kemampuan agama yang Anda punya akan sangat dibutuhkan. Gaji bekerja di lembaga Islam sangat bervariasi tergantung lembaga tempat kerja Anda sekaligus posisi yang Anda dapatkan selama bekerja di sana.

9. Konsultan syariah

Posisi konsultan syariah sangat dibutuhkan di Indonesia. Biasanya lembaga, pemerintahan, perusahaan atau perseorangan banyak yang membutuhkan jasa ahli ekonomi syariah untuk berkonsultasi.

Anda bisa bekerja dibawah naungan perusahaan yang menyediakan jasa konsultasi syariah atau menyediakan layanan konsultan syariah sendiri. Jika bekerja di perusahaan, gaji yang Anda bisa terima per bulan sekitar 4 juta – 6 juta rupiah. Sementara kalau menjalankan usaha konsultan syariah sendiri, gaji yang Anda terima tergantung seberapa banyak jumlah client yang Anda tangani.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat bagikan terkait prospek kerja Akuntansi Perbankan Syariah dan gajinya. Semoga menjadi informasi yang inspiratif dan membawa manfaat khususnya bagi lulusan Akuntansi perbankan syariah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *