Bagaimana Cara Mengerjakan Psikotes Gambar Pohon?

by -69 views

Pernahkah Anda diminta menggambar pohon saat mengikuti proses rekrutmen? Menggambar pohon saat proses rekrutmen adalah bentuk tes kepribadian yang dilakukan oleh praktisi psikologi. Tes ini berguna untuk mengungkap kemampuan berpikir abstrak, kreativitas, dan kemampuan kognitif seseorang. Setiap garis dan bentuk yang digambar, bisa menunjukkan pikiran dan perasaan seseorang yang menggambarnya.
Kali ini kita akan membahas tentang psikotes gambar pohon dan cara mengerjakannya. Simak tulisan di bawah ini.

Apa Itu Psikotes Gambar Pohon?

Psikotes gambar pohon atau adalah salah satu jenis psikotes kategori tes kepribadian. Tes ini sering disebut dengan Tree Test, Baum Test, atau Koch Test. Baum dalam bahasa Jerman artinya pohon. Sedangkan Koch adalah nama pencetus psikotes gambar pohon, Karl Koch.

Tes ini termasuk umum dan sering digunakan dalam dunia psikologi. Selain karena mudah dilakukan, tes jenis ini juga cukup mudah dianalisis hasilnya. Seseorang hanya perlu menggambar pohon sesuai instruksi. Nantinya, pihak praktisi psikologi akan menganalisis hasil gambar tersebut secara klinis.

Dilansir dari laman National Institues of Health, psikotes gambar pohon memang bisa dibilang sederhana, tetapi bisa menunjukkan kondisi alam bawah sadar seseorang. Misalnya, garis yang tebal pada gambar kemungkinan bermakna seseorang tersebut percaya diri, dan sebaliknya. Kreativitas seseorang juga bisa dilihat dari hasil gambar psikotes tersebut.

Psikotes gambar pohon biasanya digunakan saat proses rekrutmen pekerjaan, komunitas, kesehatan mental, dan sebagainya.

Jenis Psikotes Gambar Pohon

Apakah Anda penasaran, seperti apa psikotes gambar pohon itu? Mari kita simak penjelasan mengenai jenis-jenis psikoter gambar pohon yang sering digunakan di bidang psikologi:

1. Tes Gambar Pohon Bebas

Inilah tes yang paling umum diberikan dari praktisi psikologi kepada seseorang. Petunjuk pengerjaannya mudah saja, hanya perlu menggambar pohon sesuai kreativitas masing-masing. Saat sudah selesai, penyelenggara akan menganalisis kepribadian dari hasil gambar tersebut.

2. Tes Pohon Impian

Serupa tes menggambar pohon bebas, tes pohon impian mendorong seseorang untuk menggambarkan impian, cita-citanya ke dalam bentuk pohon. Tes ini dapat menunjukkan harapan dan motivasi seseorang.

3. Tes Pohon Karir

Mirip tes pohon impian, hanya saja dalam tes ini seseorang akan diminta menggambarkan pohon sebagai simbol karier impiannya. Tes ini bisa menunjukkan minat, bakat, dan ambisi seseorang dalam mencapai tujuannya.

4. Tes Pohon Keluarga

Tes ini menunjukkan dinamika keluarga seseorang dan kedekatan dengan stiap anggota keluarga. Biasanya praktisi psikologi akan meminta informasi dasar terkait seperti usia dan pekerjaan anggota keluarga untuk melengkapi hasil analisis tes.

5. Tes Pohon Hujan

Tes ini menggunakan simbol tertentu, salah satunya hujan, untuk menganalisa karakter seseorang. Biasanya, penyelenggara tes akan meminta peserta menggambarkan elemen hujan dan elemen lainnya. Hasl tes ini bisa menunjukkan keseimbangan dan kondisi emosi seseorang.

Cara Mengerjakan Psikotes Gambar Pohon

Anda sudah mengetahui apa itu psikotes gambar pohon dan apa saja jenis-jenisnya. Tentu Anda bertanya-tanya bagaimana cara mengerjakan psikotes gambar pohon? Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat menegrjakan psikotes gambar pohon:

1. Cari Tahu Tentang Psikotes Gambar Pohon

Jika Anda dijadwalkan unruk mengerjakan psikotes, disarankan untuk mencari tahu terlebih dulu tentang psikotes gambar pohon. Anda bisa mencari informasi melalui internet pada sehari sebelum menegerjakan psikotes. Ini akan membuat Anda lebih paham seperti apa psikotes gambar pohon itu.

2. Cermati Instruksi Pengerjaan

Jika Anda baru pertama kali mengerjakan psikotes gambar pohon, tenang, tim penyelenggara psikotes pasti akan menjelaskan instruksi pengerjannya. Biasanya, Anda akan diminta menggambar pohon secara bebas dalam selembar kertas. Jika belum paham, Anda bisa bertanya kepada petugas psikotes.

3. Siapkan Alat Tulis

Meski sudah disediakan kertas oleh tim penyelenggara psikotes, ada baiknya Anda tetap menyiapkan alat tulis seperti bolpen atau spidol untuk mengerjakan psikotes.

4. Gambarlah Sekreatif Mungkin

Psikotes gambar pohon umumnya membebaskan Anda untuk menggambar pohon sesuai imajinasi Anda. Tapi kalau diminta mengerjakan psikotes gambar pohon tertentu, Anda cukup menyesuaikan dengan instruksi yang diberikan.

5. Perhatikan Detail Pengerjaan

Saat mengerjakan psikotes gambar pohon, perhatikan detail pohon tersebut. Misalnya, Anda menggambar pohon. Mengutip laman The Minds Journal, pastikan Anda menggambar daun, ranting, akar, dan sebagainya. Sebab, detail gambar tersebut bisa mempengaruhi analisis hasil gambar Anda.

6. Tetap Tenang

Psikotes jenis ini adalah tes sederhana untuk mengetahui karakteristik Anda. Tidak perlu bingung dan takut salah. Asalkan Anda mengikuti instruksi yang diberikan petugas, Anda akan dpaat menggambar sesuai petunjuk pengerjaan.

7. Pastikan Privasi Anda Terjaga

Selama mengerjakan psikotes, pastikan Anda dan tim penyelenggara psikotes sepakat untuk menjaga kerahasiaan hasil tes. Tujuannya agar hasil tes tidak disalahgunakan oleh pihak lain, atau untuk keperluan selain psikotes.

Itulah sekilas tentang psikotes gambar pohon. Psikotes jenis ini akan dinilai bersama dengan tes lainnya. Psikotes gambar pohon termasuk sederhana dan mudah mengerjakannya. Apa Anda sudah dapat gambaran bagaimana cara mengerjakannya? Semoga bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *