Seperti Ini Contoh Program Pelatihan Dan Pengembangan SDM

by -26,868 views
contoh program pelatihan dan pengembangan sdm

Untuk membangun perusahaan yang hebat baik secara internal ataupun eksternal memerlukan sumber daya manusia (SDM)  yang berkompeten dalam bidangnya, langkah yang tepat untuk membangun sumber daya manusia yang berkualitas adalah dengan menerapkannya sistem pelatihan dan pengembangan SDM demi perusahaan itu sendiri.

Adapun pertanyaan tentang pelatihan dan pengembangan SDM yang sering dikemukakan banyak orang disebabkan karena ketidak tahuan mereka tentang program ini, karena pada umumnya perusahaan yang menerapkan sistem seperti ini adalah perusahaan yang besar.

Contoh Program Pelatihan Dan Pengembangan SDM

Agar semakin memahami apa itu pelatihan dan pengembangan SDM berikut saya tuliskan Contoh Program Pelatihan dan Pengembangan SDM yang bisa teman-teman terapkan.

1. Mengasah keahlian karyawan

Lakukan skill training terlebih dahulu, kemudian asah skill tersebut dengan mengikutsertakan karyawan itu ke dalam program pelatihan dan pengembangan SDM. Dengan begini, dia akan semakin terlatih dan percaya diri dalam mengerjakan apa yang menjadi tanggung jawabnya.

2. Pelatihan dalam bidang yang berbeda

Pelatihan ini memfokuskan para karyawan untuk bisa mengambil alih pekerjaan selain yang menjadi tanggung jawabnya, dengan pelatihan ini memungkinkan karyawan untuk dapat bekerja secara fungsional dengan posisi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

3. Pelatihan tentang teknologi yang sesuai dengan passion perusahaan

Semakin canggihnya teknologi tidak bisa dipungkiri bahwa hal ini memberi pengaruh pada sebuah perusahaan,  maka memberi pelatihan kepada SDM tentang teknologi yang  sesuai dengan perusahaan akan memberi dampak positif, misalnya melatih karyawan untuk mampu menguasai ilmu digital marketing agar dapat menjangkau banyak customer ataupun klien.

4. Melatih kemampuan bahasa

Contoh Program Pelatihan Dan Pengembangan SDM  yang keempat adalah pelatihan bahasa yang bisa diterapkan kepada karyawan agar memudahkan berkomunikasi dengan customer atau klien yang berasal dari luar negeri.

5. Melatih kreativitas skill

Memberikan pelatihan tentang kreativitas akan memberikan dampak baik bagi perusahaan. Dengan menerapkan pelatihan ini diharapkan SDM mampu menciptakan ide-ide baru yang kemudian bisa dikembangkan untuk kemajuan perusahaan. Semakin banyaknya gagasan yang dikemukakan oleh SDM, akan semakin memperbesar kemungkinan bagi perusahaan untuk dapat menciptakan produk atau layanan yang berbeda.

Manfaat yang diperoleh perusahaan dari program pelatihan dan pengembangan SDM

  • Perusahaan akan lebih mudah dalam menemukan potensi karyawannya nya, dengan begitu akan lebih mudah juga dalam menentukan pilihan posisi yang tepat bagi SDM tersebut
  • SDM akan lebih mampu beradaptasi dengan tren terbaru, apabila seorang karyawan bisa mengikuti update terbaru tentang teknologi atau pemasaran, maka ini akan memudahkan perusahaan dalam menjangkau pasar yang lebih luas
  • Dengan meningkatnya skill karyawan maka akan mempermudah dia dalam bekerja, ini akan bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas perusahaan dan lebih menghemat waktu karena saat seseorang ahli dibidangnya akan lebih cepat dalam mengerjakannya.

Nah, itulah   Contoh Program Pelatihan Dan Pengembangan SDM yang bisa teman-teman tiru untuk diterapkan di perusahaan milik kamu, program ini tidak hanya bermanfaat bagi SDM saja namun juga memiliki keuntungan banyak bagi perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *