Apa Itu Service Excellence? Fungsi, Kelebihan dan Cara Melakukannya

by -1,639 views
service excellence

Pernah mendengar istilah service excellence? Apa sih yang dimaksud dengan service excellence?

Jadi service excellence merupakan suatu istilah yang berasal dari bahasa Inggris. Service excellence terdiri atas dua kata yaitu service dan excellence. Service artinya layanan, tugas, atau pun jasa. Sementara excellence atau excellent artinya baik, unggul dan memuaskan.

Jadi bisa diartikan bahwa service excellence merupakan layanan yang memuaskan atau layanan yang sangat baik. Biasanya suatu layanan yang sangat baik tersebut diberikan oleh korporasi atau perusahaan untuk memuaskan client atau customernya.

Tentu saja penerapan service excellence bagi suatu perusahaan ada maksud dan tujuannya. Di sini kita akan membahas selengkapnya untuk Anda!

Fungsi Service Excellence

Apa fungsi service excellence bagi suatu perusahaan? Pemberian layanan terbaik bagi suatu perusahaan atau korporasi memiliki beberapa fungsi, di antaranya :

  • Sebagai alat untuk mendapatkan informasi secara lengkap terkait kebutuhan pelanggan
  • Sebagai sarana untuk meningkatkan pelayanan terhadap client atau pelanggan
  • Menciptakan rasa percaya pada pelanggan terhadap produk atau jasa yang dihadirkan atau dipasarkan
  • Memberikan informasi kepada pelanggan atau client secara detail terkait barang atau jasa yang ditawarkan
  • Meminimalisir keluhan, pengaduan atau tuntutan dari pelanggan atas kurang puasnya dengan penggunaan jasa perusahaan atau atas produk yang ditawarkan perusahaan
  • Menimbulkan loyalitas dalam diri pelanggan agar selalu menggunakan suatu barang atau jasa secara berulang.

Kelebihan Service Excellence

Penerapan service excellence bagi suatu usaha, jasa atau perusahaan tentu memiliki banyak kelebihan di antaranya :

  • Memastikan bahwa pelanggan tetap percaya dengan jasa atau produk yang ditawarkan dan tidak berpindah ke lain hati
  • Memastikan pelanggan loyal tetap terjaga kepercayaannya dengan jasa atau produk yang dihadirkan
  • Meningkatkan citra perusahaan karena citra perusahaan sangat penting untuk kelangsungan usaha dalam jangka panjang.

Untuk menerapkan service excellence, apa yang harus dilakukan oleh perusahaan?

Cara Melakukan Service Excellence

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan suatu perusahaan untuk menerapkan service excellence bagi usahanya yaitu :

Memperhatikan penampilan

Semua karyawan yang terlibat di dalam usaha harus berusaha ditata penampilannya agar seragam dan rapi.

Sebagai contoh pada usaha restoran. Mulai dari pramusaji, koki atau juru masak, resepsionis, sampai petugas kasir semuanya harus diupayakan diperhatikan penampilannya dengan pemakaian seragam yang rapi dan bersih.

Mengedepankan kesopanan dan keramahan

Dalam perekrutan karyawan, karyawan yang melayani pelanggan harus diupayakan memiliki rasa sopan santan, sabar dan tidak egois ketika bertugas. Mereka juga harus mampu melayani pelanggan, tamu atau client dengan seprofesionalitas mungkin sesuai SOP yang sudah ditentukan.

Memiliki pengetahuan dan keahlian yang mumpuni

Agar pelanggan puas dengan hasil yang diberikan, maka semua petugas yang terlibat juga harus diseleksi. Pastikan Anda melibatkan orang – orang dengan pengetahuan dan skill yang mumpuni serta mampu menguasai bidang kerjanya.

Atasan atau HRD juga harus melatih karyawan atau petugas yang terlibat agar cekatan dalam memberikan pelayanan.

Jujur

Dalam pemberian layanan harus diupayakan memberikan layanan secara jujur baik dalam segi aturan, atau pun pembiayaan. Sementara untuk usaha di bidang jasa, pastikan Anda mengerjakan pesanan customer dan menyelesaikannya tepat waktu.

Keterbukaan

Jika memang pelanggan atau customer menanyakan suatu hal terkait pesanannya, pastikan Anda menjawab semua pertanyaan yang diajukan dengan jawaban yang bijak. Berikan informasi yang cukup untuk pelanggan agar mereka merasa mendapatkan kepastian.

Biaya yang wajar

Dalam penerapan service excellence, sebagus mungkin pelayanan dan kualitas yang diberikan pastikan tetap membanderol harga dengan biaya wajar. Jangan sampai Anda melebih – lebihkan biayanya hingga terlalu mahal yang menyebabkan Anda kesulitan mendapat pelanggan di kemudian hari.

Sesuaikan juga apa yang Anda berikan sebagai service excellence dengan usaha yang Anda jalankan apakah usaha Anda di bidang jasa atau di bidang dagang. Pelayanan yang diberikan harus optimal.

Selain istilah service excellence, kita juga mengenal istilah employee self service. Apa yang dimaksud dengan employee self service? Baca : Apa Itu Employee Self Service? Tren Kerja Amerika Tahun 2022

Itulah sedikit informasi yang kami dapat bagikan terkait employee self service. Semoga apa yang kami sampaikan di atas menjadi ulasan yang inspiratif dan membawa manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *