Simak Pengertian Pengembangan Tenaga Kerja dan Tujuannya!

by -1,827 views
proses pengembangan tenaga kerja

Jika kamu memiliki sebuah perusahaan, pasti pernah terbersit di pikiran untuk melakukan pelatihan dan pengembangan karyawan. Namun, tapi apa kamu tahu mengenai pengertian proses pengembangan tenaga kerja serta tujuannya bagi kemajuan perusahaan? Jika belum, mari kita simak pembahasannya secara mendetail di bawah ini!

Apa itu Pengembangan Tenaga Kerja?

Pengembangan tenaga kerja atau biasa disebut dengan karyawan merupakan kegiatan yang memberikan atau menambah pengetahuan guna meningkatkan kapabilitas, kinerja, serta mengurangi kesalahan dalam melakukan pekerjaan oleh karyawan. Pengembangan karyawan sendiri berfokus kepada penyiapan diri karyawan untuk menguasai suatu keahlian baru karena akan diberikan jenis pekerjaan yang berbeda dan biasanya memiliki tanggung jawab yang lebih berat.

Tujuan Pengembangan Tenaga Kerja

Nah, setelah kamu memahami mengenai pengertian proses pengembangan tenaga kerja, kini kita beralih ke tujuan dilaksanakannya kegiatan ini. Penjelasannya akan dibahas di bawah ini!

  1. Memperbaiki kualitas tenaga kerja

Kegiatan pengembangan ini akan membantu para tenaga kerja untuk menghasilkan output yang lebih baik. Kualitas yang baik akan berdampak positif mengenai kenaikan dan nilai kepuasan konsumen atau pelanggan perusahaan kamu.

  1. Meningkatkan produktivitas tenaga kerja

Jika tenaga kerja diberikan sebuah materi pengembangan dan berkaitan dengan pekerjaan yang akan dilakukan, maka apabila mereka menguasainya, saat melakukan proses kerja pasti akan lebih cepat dan produktif juga. Hal ini menjadikan proses kerja di perusahaan akan lebih efisien dan efektif.

  1. Mengurangi waktu belajar bagi tenaga kerja

Apabila kamu sebagai pemilik atau pemimpin perusahaan melakukan kegiatan pengembangan secara rutin dan berkala, maka para karyawan akan bertambah kemampuannya sedikit demi sedikit dan akan terasah dengan sempurna. Semakin cepat para karyawan mempelajari hal-hal yang meningkatkan kinerja, maka semakin besar peluang perusahaan kamu untuk menjadi yang nomor satu di dalam persaingan bisnis yang ketat.

  1. Meningkatkan retensi tenaga kerja

Merekrut karyawan baru dan melatihnya akan membutuhkan waktu yang lama agar mereka bisa melakukan pekerjaan sesuai dengan SOP perusahaan. Nah, untuk meminimalkan pergantian karyawan, pemimpin atau pemilik perusahaan bisa mengoptimalkan kegiatan pengembangan tenaga kerja untuk memberikan ilmu baru kepada karyawan lama. Dengan begini juga karyawan lama akan merasa bahwa perusahaan memberikan akses dan dukungan untuk mengembangkan kemampuan bekerja mereka.

Memberikan proses pengembangan tenaga kerja merupakan suatu hal yang baik terlebih jika dilakukan secara rutin dan bertahap. Meskipun memang harus mengeluarkan biaya lebih, namun jika kinerja para karyawan sangatlah baik, maka akan berbanding positif juga dengan pemasukan ke perusahaan. Jika pemasukan perusahaan lancar, tidak ada salahnya rutin menyelenggarakan kegiatan ini agar karyawan kamu semakin berpengalaman dan loyal terhadap perusahaan dimana tempat mereka bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *