Skill Profesional yang Wajib Dimiliki HRD, Sudahkah Anda Memilikinya?

by -241 views
skill profesional yang wajib dimiliki HRD

Khususnya bagi Anda yang berniat untuk melamar kerja sebagai HRD, Anda memerlukan beberapa skill profesional yang wajib dimiliki seorang calon HRD. Apa sajakah skill profesional yang wajib dimiliki HRD tersebut?

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi lengkapnya untuk Anda terkait beberapa skill profesional yang penting dikuasai HRD atau calon HRD. Jadi pastikan diri Anda memiliki skill ini ya!

Skill Profesional yang Wajib Dimiliki HRD

1. Kemampuan multitasking dan bisa fokus dengan banyak hal

Skill profesional yang wajib dimiliki HRD pertama adalah kemampuan untuk bekerja secara multitasking. Seorang HRD harus mampu mengerjakan banyak tugas atau job desk dalam satu waktu.

Hal tersebut penting karena seorang HRD memiliki urutan jobdesk yang cukup banyak dan mengharuskan mereka juga untuk bisa berhubungan dengan banyak divisi perusahaan sekaligus. Karena itu kemampuan multitasking ini sangat diperlukan.

2. Kemampuan berorganisasi dan berorientasi pada strategi

Seorang HRD harus mampu berorganisasi dengan baik karena mereka harus bisa mengatur manajemen waktu perusahaan, menyimpan data karyawan dan berbagai data penting lainnya. Dengan tugasnya tersebut, seorang HRD juga harus mampu menyusun strategi manajemen yang baik agar setiap pekerjaan bisa didelegasikan dengan sempurna dan tak ada jobdesk yang amburadul.

3. Mampu fokus terhadap kebutuhan karyawan dan manajemen perusahaan

Seorang HRD dituntut untuk menjembatani 2 kepentingan sekaligus yaitu kebutuhan karyawan dan manajemen perusahaan. Jadi seorang HRD harus bersikap bijak. Ia harus mampu mengambil keputusan untuk melindungi karyawan namun di sisi yang lain juga harus mampu memberikan yang terbaik kepada perusahaan.

Karena itulah kemampuan fokus ganda wajib dimiliki seorang HRD. Mereka juga harus memiliki sikap bijak untuk membuat suatu keputusan yang strategis demi keberlangsungan perusahaan dan kenyamanan rekan kerja atau karyawan sekaligus.

4. Peka dan mampu memahami psikologi manusia

Dalam menjalankan jobdesknya, seorang HRD akan seringkali berhubungan dengan karyawan. Karenanya mereka harus mampu memahami psikologi manusia.

Seorang HRD ketika harus berhadapan dengan recruitment karyawan baru harus mampu mengenalkan perusahaan ke karyawan baru tersebut, memahami bagaimana sifat, sikap dan loyalitas karyawan baru tersebut.

HRD juga harus peka untuk menerima karyawan karena tentu perusahaan tidak ingin mendapatkan karyawan yang tidak berdedikasi tinggi untuk perusahaan.

5. Memiliki skill komunikasi publik dan interpersonal yang baik

Karena sebagian besar aktivitas HRD adalah berkaitan dengan karyawan baik karyawan baru atau karyawan lama maka skill komunikasi harus dimiliki. Seorang HRD harus memiliki kemampuan komunikasi publik dan interpersonal yang mumpuni.

Skill komunikasi publik dibutuhkan ketika HRD diminta memimpin jalannya pelatihan karyawan baru, mengadakan program gathering dan lain – lain. Sementara kemampuan komunikasi interpersonal harus dilakukan HRD ketika berhadapan dengan karyawan atau pihak manajemen secara langsung.

6. Memiliki kemampuan negosiasi dan manajemen konflik

Meski sudah berusaha mendapatkan karyawan berdedikasi tinggi, namun peluang perusahaan mendapatkan karyawan bermasalah masih saja ada. Oleh karena itu seorang HRD wajib memiliki kemampuan bernegosiasi dan memanage suatu konflik yang berkemungkinan terjadi di dalam perusahaan agar tidak sampai ada kemungkinan buruk yang diterima perusahaan.

7. Memiliki sikap bijaksana dan harus mampu menjaga rahasia

Banyak divisi HRD yang menjadi tempat curhat karyawannya. Hal tersebut terjadi karena posisi HRD memang menjadi jembatan antar karyawan di berbagai jabatan.

Karena menjadi tempat curhat karyawan, oleh sebab itu seringkali HRD harus mampu bersikap adil, mampu menjaga rahasia perusahaan dan karyawan lainnya.

8. Memahami jobdesk dan cara merekrut karyawan

HRD akan berkutat dalam proses perekrutan karyawan oleh karena itu seorang HRD harus mampu menguasai setiap jobdesk karyawan yang sedang di hire. Seorang HRD juga harus memahami kualifikasi yang dicari perusahaan dan menyesuaikannya dengan orang yang diwawancarai.

HRD juga harus mengetahui parameter dalam mengukur kemampuan calon karyawan. Sementara karyawan harus mampu meyakinkan HRD bahwa dia layak diterima ketika sedang berada di fase wawancara kerja.

HRD biasanya akan bertanya tentang banyak hal, termasuk alasan mengapa perusahaan menerima Anda. Lantas, cara menjawabnya bagaimana? Baca : Strategi Tepat Menjawab Pertanyaan HRD ‘Mengapa Perusahaan Harus Menerima Anda?’

Baca juga : Cara Meyakinkan HRD Saat Interview Kerja, Pasti Ampuh!

9. Memiliki kemampuan administrasi yang mumpuni

HRD akan berkecimpung dengan karyawan, keterlambatan dan ketidakhadiran. Karena itu kemampuan administrasi baik secara manual atau secara sistematis dengan teknologi komputer harus dimiliki.

10. Mampu beradaptasi dengan teknologi

Setiap perusahaan memiliki kebijakan penggunaan teknologi yang berbeda. Ada perusahaan yang selalu mengupdate teknologinya sehingga setiap karyawan harus mampu belajar dan beradaptasi dengan teknologi baru yang digunakan.

Karena itu seorang HRD harus memiliki kemampuan beradaptasi dengan banyak hal baru termasuk dengan teknologi baru.

Itulah skill profesional yang wajib dimiliki HRD. Anda yang ingin menjadi seorang HRD harus mengerti, memahami dan memiliki skill profesional di atas.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *