Skill yang Harus Dimiliki Untuk Bekerja di Perusahaan Startup

by -191 views
skill yang harus dimiliki untuk bisa bekerja di perusahaan startup

Bekerja di perusahaan startup menjadi keinginan banyak orang di era digital seperti sekarang ini. Utamanya fresh graduate, banyak sekali yang berambisi untuk menjadi karyawan atau bagian dari perusahaan startup. Lantas, skill yang harus dimiliki untuk bisa bekerja di perusahaan startup apa saja sih?

Cukup banyak ternyata skill yang perlu dimiliki seseorang jika ingin bergabung menjadi bagian karyawan dari perusahaan startup. Terlebih umumnya seleksi untuk masuk sebagai karyawan di perusahaan startup sangat ketat dan tidak mudah.

Namun kalau sudah masuk dan bisa bergabung menjadi bagian dari perusahaan startup, gaji yang menggiurkan bisa didapatkan. Akan tetapi memang tugas dan tanggung jawab besar juga dimiliki sebagai konsekuensi. Berikut skill penting yang harus dimiliki untuk bekerja di perusahaan startup!

Skill yang Harus Dimiliki Untuk Bekerja di Perusahaan Startup

1. Open minded

Karena start up sangat identik dengan pergerakan yang berubah – ubah setiap waktu maka orang yang bekerja di perusahaan startup harus punya pemikiran yang open minded, tidak kaku dan bersikap terbuka terhadap perubahan yang ada.

Dikutip dari Forbes, menghadapi suatu perubahan dengan pikiran terbuka menjadi salah satu kunci sukses menjadi bagian dari perusahaan startup karena orang – orang yang seperti ini, membawa dampak dan pengaruh besar terhadap perusahaan startup yang notabennya sedang berkembang akan dipertahankan karena sangat dibutuhkan.

2. Memiliki jiwa leadership yang baik

Bahkan meski bukan pemimpin, seseorang harus memiliki kemampuan memimpin dirinya sendiri. Oleh karena itu jiwa leadership yang baik akan sangat Anda butuhkan. Terlebih jika nantinya Anda sudah diberikan jabatan yang lebih tinggi dan harus memimpin orang di divisi Anda, maka jiwa leadership ini akan dibutuhkan.

3. Memiliki decision making yang mumpuni

Apa yang dimaksud dengan decision making? Jadi decision making merupakan suatu teknik pengambilan keputusan secara tepat, cepat dan terarah.

Skill ini harus dimiliki tidak hanya oleh pendiri atau pemimpin startup melainkan juga oleh karyawan karena ada saatnya karyawan di suatu divisi perlu mengambil keputusan atau membantu perusahaan mendapatkan keputusan yang strategis untuk keperluan bisnisnya.

4. Memiliki kreativitas yang tinggi

Jika Anda memutuskan untuk berkecimpung dalam dunia startup, maka Anda harus memastikan memiliki daya kreativitas yang mumpuni.

Biasanya perusahaan startup akan mencari karyawan dari kalangan anak muda salah satu tujuannya adalah agar mereka memiliki kreativitas dalam menciptakan suatu produk baik barang atau jasa dan memiliki kreativitas lainnya yang sesuai bidang kerjanya. Tanpa skill ini, perusahaan bisa kalah dari kompetitornya.

5. Skill komunikasi yang mumpuni

Komunikasi merupakan suatu proses penyampaian pesan melalui tulisan atau lisan kepada atasan atau divisi lain yang terkait. Karena itu skill komunikasi yang baik sangat diperlukan Anda yang bekerja di perusahaan startup.

Bagaimana cara yang tepat dalam meningkatkan skill komunikasi Anda agar menunjang pekerjaan yang sedang atau akan dilakukan? Baca : Cara Meningkatkan Skill Komunikasi yang Tepat

6. Kemampuan manajemen

Kemampuan manajemen apa yang dibutuhkan? Semua kemampuan manajemen sangat dibutuhkan baik itu manajemen pekerjaan, manajemen waktu, manajemen resiko dan sebagainya.

Kalau Anda bekerja di divisi keuangan, maka kemampuan untuk maintance dan memanage keuangan juga sangat dibutuhkan.
Untuk memanajemen waktu agar bisa lebih produktif untuk melakukan semua pekerjaan di kantor, baca : 7 Tips Manajemen Waktu di Kantor Agar Produktif

Sementara untuk meningkatkan kemampuan manajemen dalam diri Anda, baca : Cara Meningkatkan Kemampuan Manajemen Dalam Diri Sendiri

7. Kemauan agar terus belajar

Bekerja di sebuah perusahaan startup membuat Anda dituntut untuk bisa melakukan banyak hal. Karenanya Anda harus memiliki kemampuan dan kemauan untuk terus belajar. Sisi positifnya adalah Anda bisa menambah skill yang sebelumnya tidak Anda miliki selama bekerja.

Itulah beberapa skill yang harus dimiliki untuk bekerja di perusahaan startup. Anda juga harus mampu disiplin, mengelola tugas dan waktu kerja karena biasanya perusahaan startup memberikan waktu kerja yang lebih panjang kepada karyawannya. Jadi selamat bekerja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *