Tahap Pelatihan dan Pengembangan SDM di Perkantoran

by -419 views
kebutuhan pelatihan dan pengembangan sdm

Kamu adalah pemilik perusahaan baru? Jika iya, terdapat beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk mengembangkan sumber daya di perusahaan kamu. Apa saja? Di bawah ini akan dijelaskan mengenai tahap pelatihan dan pengembangan SDM yang perlu kamu ketahui.

Dalam dunia perkantoran, adanya pelatihan dan pengembangan SDM merupakan komponen penting yang perlu dilaksanakan oleh sebuah perusahaan. Komponen-komponen tersebut perlu memiliki standar yang tinggi untuk mencapai tujuan. Komponen yang perlu dikembangkan sebuah perusahaan yang dilatih dengan adanya pelatihan adalah sumber daya manusia.

Sumber daya manusia penting untuk disiapkan oleh perusahaan agar mampu berkompetensi dengan perusahaan atau organisasi lain. Untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang baik diperlukan adanya pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia.

Untuk melatih sumber daya manusia tidak hanya serta merta mengenai materi, praktik, uji coba, dan lainnya. Akan tetapi bagaimana perusahaan perlu mengetahui tujuan diselenggarakannya program, manfaat, tahap, dan lain sebagainya.

Tujuan Pelatihan dan Pengembangan SDM

Umumnya, ketika sebuah perusahaan atau organisasi yang menyelenggarakan pelatihan dan pengembangan SDM tentunya memiliki tujuan tertentu yang ingin dicapai.

Beberapa tujuan tersebut diantaranya untuk menambah kemampuan individu, membantu individu untuk memecahkan masalah pribadinya, menanamkan sikap profesionalitas, mampu bekerja secara kelompok, dan lain sebagainya.

Manfaat Pelatihan dan Pengembangan SDM

Suatu program yang sedang kamu selenggarakan tentunya memiliki manfaat tersendiri bagi perusahaan bahkan bagi sumber daya yang mengikuti program tersebut. Beberapa manfaat tersebut diantaranya untuk meminimalkan kecelakaan kerja, menekan tindak kinerja yang buruk, menambah wawasan, meningkatkan loyalitas, dan lain sebagainya.

Tahapan Pelatihan dan Pengembangan SDM

Terdapat tiga tahap pelatihan dan pengembangan SDM yang perlu kamu lakukan diantara sebagai berikut.

1. Perencanaan

Dalam tahap perencanaan ini, kamu sebagai pemilik perusahaan perlu menentukan kebutuhan program, mengumpulkan data dari sumber daya yang ada, dan lain sebagainya.

2. Pelaksanaan

Tahap pelatihan kedua setelah perencanaan adalah pelaksanaan. Di dalam pelaksanaan ini diharapkan kamu mampu merancang program sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

3. Evaluasi

Tahap pelatihan terakhir yaitu evaluasi. Evaluasi merupakan tahap dimana menyampaikan mengenai kelebihan dan kekurangan atas program yang sudah terlaksana. Adanya tahap evaluasi ini nantinya dapat dijadikan sebagai pembelajaran agar tidak terulang dimasa mendatang. Sehingga nantinya permasalahan dalam pelatihan dan pengembangan SDM dapat diminimalkan.

Membuat pelatihan SDM dapat membuat karyawan kamu lebih terampil dan loyal terhadap perusahaan. Di sisi lain, karyawan juga dapat meningkatkan skill dan kemampuan mereka. Nah, itulah pembahasan mengenai tahap pelatihan dan pengembangan SDM yang dapat kamu jadikan referensi untuk perusahaan kamu. Sekian, semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *