Tips Kerja di Rumah Agar Produktif

by -184 views
tips kerja di rumah agar produktif

Tak dapat dipungkiri bahwa hakikatnya rumah merupakan tempat istirahat sehingga mereka yang work from home atau mereka yang membangun bisnis sendiri harus tetap produktif meski di rumah. Bagaimana tips kerja di rumah agar produktif?

Agar bisa selalu produktif bahkan meski kerja di rumah, pada kesempatan kali ini kami akan bagikan informasi lengkap dan menariknya untuk Anda. So, let’s check these out!

Tips Kerja di Rumah Agar Produktif

1. Mulai buat persiapan bekerja

Jangan berpikir bahwa bekerja di rumah menjadikan suasananya bisa santai. Jangan pernah berpikir seperti itu. Ubah mindset Anda. Pastikan agar pola pikir Anda berubah dengan mengupayakan diri Anda sendiri siap untuk produktif meski hanya bekerja dari rumah saja.

Jadi lakukan persiapan diri sebaik mungkin. Mandi sepagi mungkin, lanjutkan sarapan dan pada pukul 07.00 mulailah beraktivitas seperti ketika sedang bekerja di kantor. Atur rencana kerja di pagi hari sampai sore hari agar Anda tetap bisa produktif meski bekerja dari rumah.

2. Budayakan bangun pagi

Meski bekerja dari rumah bukan berarti Anda bisa bermalas – malasan. Pastikan untuk Anda berusaha agar bisa bangun seperti ketika Anda harus sekolah atau harus bekerja di kantor. Biasanya seseorang kerja dari jam 07.00 atau 08.00 pagi.

Jadi sebelum jam 07.00 atau 08.00 pagi Anda harus sudah bersiap – siap. Kemudian jangan lupa mandi dan sarapan untuk kemudian bisa bekerja dengan baik.

3. Pisahkan waktu aktivitas dan pribadi Anda

Miliki jadwal aktivitas secara konsisten. Jangan ubah – ubah jadwal tersebut agar otak pun peka terkait waktu kerja dan waktu istirahat Anda. Sebagai contoh, tetapkan waktu kapan Anda akan mulai bekerja.

Gunakan waktu produktif Anda ketika badan masih sangat bersemangat untuk dijadikan waktu aktivitas atau waktu bekerja. Misalkan di jam 07.00 – 11.00 siang. Jadi jangan pernah tidur di jam tersebut melainkan paksa badan dan otak agar memaksimalkan pekerjaan di jam tersebut.

Kemudian baru di pukul 11.00 – 12.00 siang bisa istirahat. Setelah istirahat, atur waktu produktif Anda kembali sampai jam kerja yang sudah Anda tentukan habis. Dengan begini Anda bisa lebih produktif di rumah.

4. Cari space yang nyaman untuk bekerja

Bagi Anda yang lebih nyaman bekerja di dalam kamar, Anda bisa gunakan kamar sebagai tempat atau ruang bekerja Anda. Sementara kalau misalkan Anda merasa kalau di kamar bawaannya ingin rebahan terus maka Anda harus keluar kamar dan cari ruang yang sekiranya sepi, tenang dan membuat Anda merasa lebih jauh dari distraksi ketika bekerja.

Misalkan di ruang keluarga, atau menyulap space kosong di rumah sebagai ruang kerja. Tinggal sediakan meja kerja dan kursi. Letakkan perangkat kerja di sana dan dekorasi dengan beberapa hiasan maka ruang kerja yang nyaman sudah bisa Anda dapatkan.

5. Buat batasan dengan orang rumah ketika sedang beraktivitas

Bagi Anda yang tidak tinggal sendiri melainkan tinggal bersama keluarga atau bahkan suami, berikan mereka pengertian atau pemahaman terkait jam kerja Anda. Batasi diri dengan mereka meski Anda sedang berada di rumah.

Kecuali kalau pekerjaan sudah selesai atau jam kerja yang Anda tetapkan sudah habis maka baru Anda bisa fokus menyelesaikan pekerjaan. Dengan menerapkan cara ini Anda bisa lebih produktif dan fokus dengan pekerjaan yang harus diselesaikan.

Lantas bagaimana dengan tips agar lebih produktif kerja di kantor? Untuk Anda yang kerja kantoran sebenarnya produktif lebih mudah terlebih karena biasanya ada iklim persaingan antara diri Anda dengan rekan kerja yang bisa menimbulkan adrenalin lebih membuncah dalam penyelesaian pekerjaan.

Agar lebih produktif untuk kerja di kantor, baca : 7 Tips Manajemen Waktu di Kantor Agar Produktif

Demikian informasi yang kami dapat bagikan terkait tips kerja di rumah agar produktif. Semoga apa yang kami sampaikan di atas menjadi informasi yang membawa manfaat dan menginspirasi.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *